Simbol dan Citarasa Pencitraan


Dulu ketika nenek moyang kita belum mengenal simbol alphabetis, mereka cenderung menggunakan simbol piktograph yang dapat diindera oleh mata mereka untuk menjadi alat bantu selain bahasa tubuh dan mulut. Fungsi simbol tersebut adalah sebagai bagian dari metodologi pembelajaran terhadap generasi sesudah mereka mengenai peradaban dan keilmuan orang tuanya. Dari simbol2 sederhana sampe berbentuk komik strip dalam lukisan dinding gua maupun relief candi.

Perkembangan budaya berikutnya dengan mulai ditemukannya simbol2 alphabetis mulai sedikit menggeser fungsi simbol piktograph menjadi seperti sekarang ini, simbol berasal dari kata symballo yang berasal dari bahasa Yunani. Symballo artinya ”melempar bersama-sama”, melempar atau meletakkan bersama-sama dalam satu ide atau konsep objek yang kelihatan, sehingga objek tersebut mewakili gagasan.

Demikianlah simbol sebagai media komunikasi peradaban purba beralih fungsi menjadi sebuah lambang gagasan/ide. Dengan mempergunakan simbol maka sebuah ide dapat terwakili dan diterima secara luas sebagai bentuk kesamaan nasib dan cara pandang. Manusia mulai tertarik membuat simbol2 dan bendera masing2 sebagai wujud eksistensi komunitasnya, bahkan tidak jarang menjadikan simbol tersebut memiliki nilai yang lebih berharga dibanding nyawanya. Bendera dan lambang negara, adalah simbol yang akan dipertahankan mati2an oleh prajurit yang sumpah setia terhadapnya, tapi akan menjadi simbol kesialan ketika dibawa mengakusisi Polandia dengan gaya Hitler.

Kembali ke masalah simbol, tidak ada yang salah ketika manusia membuat simbol, baik piktograph maupun alphabetis namun terkadang mindset pencitraan terhadap simbol tersebut yang terkadang masih harus diluruskan, karena seringkali mindset tersebut terdogmatisasi di alam bawah sadar kita. Entah kenapa sampai sekarang Nokia yang buatan Finlandia saja tidak berani merilis ponsel yang mengandung nomor 4? sedangkan yang menganggap angka tersebut sial dari jaman baheula malah bangsa China, apakah ini karena politik dagang China di masa lalu? atau justru konspirasi Yahudi? mbuh

Bicara tentang Yahudi tidak lengkap rasanya klo tidak membicarakan simbol mereka, terutama Freemasonry hehe piye meneh? mereka paling enak dijadiin kambing hitam atas kekacauan dunia e, rasanya bertaburan simbol Yahudi, Templar, Kaballah dan peradaban Fir’aun yang direproduksi oleh individu, komunitas bahkan negara, tidak jarang kita mengkaitkan simbol tertentu kemudian melabelinya sebagai konspirasi Yahudi, sebut saja bintang david, piramida, mata, mistar, burung hantu sementara ular, baphomet, 666 diyakini merupakan simbol suci kesetanan yang juga disembah para Templar.


Burung garuda identik dengan Horus, indosat identik bintang david, ICW adalah simbol mata iluminati, ular kedokteran mlagiat lambang brother of snake. Ngomongin hubungan simbol amerika dengan yahudi?? udah bosen, banyak yang bahas, tapi akan jadi masalah ketika adik2 kita di sekolah dilarang belajar menghitung segitiga sama kaki karena mirip logo piramida yahudi, haram pake jangka karena dah diakusisi freemasonry, dan dagadu dilarang beredar karena make logo mata iluminati,

Gak munafik, sedikit banyak kita sering sengaja tidak sengaja mengkaitkan simbol masa kini dengan simbol2 tersebut, bahkan meskipun kita sendiri belum bener2 mengerti apakah benar simbol tersebut diciptakan karena penciptanya seorang Yahudimania/ anak turun para Templar. Mungkin tidak banyak orang mau mengerti sejarah simbol simbol tersebut, bahwa simbol tersebut pernah menjadi lambang ideologi yang sama sekali lain, namun mereka hanya tertarik pada simbolnya, atau hanya sekedar membaca sedikit mengenai peran simbol tersebut di masa lalu atau bahkan gak perduli sama sekali dengan stigma simbol tersebut dimasa lalu, yang penting suka suka gue.

Klo anda jeli cobalah lihat simbol Pandu Keadilan milik partai dakwah kita, anda akan menemukan Fleur de Lis, simbol yang banyak dikaitkan dengan bangsa Prancis, Frank, King Edwards, Joan of Arc, the Musketeer, Fiorentina, dan memang sebelumnya sudah lazim dipakai kakak- kakak Pramukawati. Tapi ngomongin konspirasi Yahudi ternyata Fleur de Lis juga diadopsi sebagai stemple resmi para Templar. dan biarawan Sion Logo PKS sendiri lha malah mirip logo FdLnya Biarawan Sion emaknya para Templar, cuman kayake udah di islamisasi sih.

Jadi kesimpulannya gimana? PKS itu konspirasi Yahudi to?
Halah, preett

referensi
1. http://en.wikipedia.org/wiki/Knights_Templar_Seal
2. http://en.wikipedia.org/wiki/Fleur-de-lis
3. http://en.wikipedia.org/wiki/Priory_of_Sion
4. http://id.wikipedia.org/wiki/Simbol

asal usul gambar
bosnian fleur de lis, partai komunis, was here

 


Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda