Simulasi Gerbang Logika Dasar


Simulasi gerbang logika dasar ini adalah media simulasi sederhana yang mensimulasikan output setiap gerbang logika dari perubahan2 inputnya. Untuk mengoperasikan simulasi gerbang logika dasar ini, siswa cukup mengubah nilai input dengan mengklik tombol inputnya.

Output yang keluar akan menyesuaikan tipe gerbang logika yang diberi input. Nah untuk siswa yang masih belum memahami cara kerja/rumus dari setiap gerbang logika, pada tombol output disediakan keterangan dalam bentuk roll over. Meskipun tidak menyertakan rumus pasti dan tabel kebenaran tetapi dalam keterangan tersebut diberikan secara ringkas karakteristik pada setiap gerbang logika.

Media simulasi ini memuat tujuh gerbang logika dasar AND, OR, NOT, NAND, NOR, XOR dan XNOR yang menjadi dasar komputasi digital, (flip-flop, multiplexter, register, pengalamatan data dan seterusnya)

Media pembelajaran simulasi sederhana ini dibuat ala kadarnya dengan menggunakan Adobe Flash CS 3 dengan Action Script 2.0. Hanya memiliki satu frame aktif, tetapi harapannya cukup mampu menjelaskan karakter dari gerbang logika dasar untuk siswa2 SMK maupun mahasiswa perkuliahan.

BACA JUGA:   Cara mengatasi task manager disabled oleh virus tanpa antivirus

Selamat memahami karakteristik gerbang logika dasar.




DMCA.com Protection Status

download gerbang logika pdf converter (1), print gerbang logika (1), script dalam gerbang logika (1), simulasi gerbang logika (1)

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di komputek, pendidikan, sinau dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *