Sistem Bus


Dalam terminologi komputer, bus adalah sebuah jalur yang digunakan bersama oleh dua/lebih komponen untuk keperluan pengiriman data, kontrol ataupun pengalamatan. Sistem bus memungkinkan adanya penggunaan satu kanal untuk dipakai beberapa komponen dengan saling bergantian.

Berdasarkan fungsinya bus terdiri dari 3 jenis yaitu data bus digunakan untuk pengiriman data, address bus untuk mengalamati alamat IRQ dan control bus untuk menentukan kendali penggunaan data bus dan address bus.

Beberapa bus yang ada dalam komputer adalah FSB (Front Side Bus) digunakan untuk komunikasi CPU dengan memory utama lewat motherboard, bus2 I/O seperti ISA bus, PCI bus, AGP bus, SCSI bus serta USB bus.

Chipset Northbridge berfungsi mengatur penggunaan FSB, sementara untuk keperluan komunikasi CPU dengan perangkat input output, diserahkan pada chipset southbridge.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

BACA JUGA:   Lomba Penulisan Essay DataPrint Periode II

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda