Sleman Trade Center, one stop UMKM solution


Sebagai salah satu daerah pendukung wisata Jogja, Sleman bisa dikatakan memiliki banyak destinasi wisata yang bisa menjadi tujuan para wisatawan lokal maupun mancanegara, destinasi wisata ini tidak terbatas pada jenis wisata budaya dan sejarah saja, melainkan juga wisata minat khusus, seperti wisata pendidikan, wisata keluarga dan wisata petualangan.

Mengingat potensi daerah yang dimiliki oleh Sleman, maka para penggiat UMKM di wilayah Kabupaten Sleman, dengan didukung Disperindagkop Kabupaten Sleman mencoba untuk menyasar segmen wisatawan premium dalam bentuk one stop shopping solution Sleman Trade Center.

Bisa dibilang Sleman Trade Center adalah pusat produk kreatif Kabupaten Sleman yang memenuhi standar kualitas dan mutu premium sehingga dirasa perlu untuk dibuatkan wadah yang dapat mengakomodir kualitasnya dan mendapatkan pangsa pasar yang tepat. Oleh karena itu, bekerjasama dengan Parkson yang berlokasi di beberapa modern mall di Jogja, Sleman Trade Center membuka gerai aneka produk kerajinan Sleman.

batik parijotho khas sleman

Salah satu yang sempat aku kunjungi adalah Sleman Trade Center yang berlokasi di lantai 1 Hartono Mall Jogja, di lokasi ini para pengunjung dan wisatawan bisa membeli aneka oleh-oleh khas Jogja yang diproduksi UMKM Sleman. Soal kualitas tidak perlu kuatir, karena Sleman Trade Center menerapkan seleksi ketat dan kurasi untuk mendapatkan produk-produk premium yang layak dijadikan oleh-oleh para wisatawan.

BACA JUGA:   Omah Petroek, obyek wisata kaliurang yang tersembunyi

Pada tanggal 30 Mei 2016, Sleman Trade Center Hartono Mall resmi dilaunching oleh Wakil Bupati Sleman Ibu Dra Sri Muslimatun, M.Kes. Launching ini juga menghadirkan fashion show produk UMKM Sleman, Salah satunya adalah menampilkan koleksi busana dengan tema Parijotho, sebagai salah satu tanaman khas Kabupaten Sleman, dan ada pameran produk unggulan selama satu minggu full terhitung sejak tanggal 30 Mei 2016.

sleman trade center parkson hartono mall

Ibu Yayuk, salah satu pegiat UMKM di Sleman menyatakan, keberadaan STC merupakan bagian dari diversifikasi channel pemasaran, selain itu untuk memberikan pemahaman pada masyarakat bahwa produk kerajinan tangan UMKM berani dan mampu bersaing dengan produk-produk lain di dalam modern market.

Menurut Bapak Budi Utomo selaku ketua Panitia Grand Opening Sleman Trade Center, STC sendiri hanya bertindak selaku wadah UMKM untuk memperkuat channel pemasaran yang ada agar lebih maksimal lagi, tidak menutup kemungkinan jika produk UMKM tersebut laku keras maka UMKM tersebut bisa melakukan direct partnership dengan vendor ternama tanpa harus melalui STC.

BACA JUGA:   Mitos dalam Idiom Budaya Jawa


DMCA.com Protection Status

Disperindagkop Sleman (3), sleman trade center (1), sleman trade center adalah (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

6 tanggapan pada “Sleman Trade Center, one stop UMKM solution

  • aqied

    (Juni 8, 2016 - 9:47 pm)

    Para page one.
    Barang barangnya lucu lucu, aku betah deh motoinnya

  • Satusatuen

    (Juni 7, 2016 - 4:53 pm)

    permisi hu. nderek ngangsu kawruh

  • Ardiba

    (Juni 5, 2016 - 8:53 pm)

    Mastah masuk pejwan ki artikel e. Mantappp

Berikan tanggapan anda