Solar Robot Kit, media pembelajaran motorik untuk anak


Anak-anak jaman sekarang pada umumnya memiliki mainan mobil-mobilan remote control. Masalahnya adalah remote control membutuhkan tenaga listrik yang berasal dari baterai. Baterai ini umumnya ada dua jenis, yaitu baterai konvensional maupun rechargable. Jika menggunakan baterai konvensional tentu saja boros, karena setiap beberapa  kali bermain harus beli baterai baru. Untuk baterai recharge sendiri butuh waktu untuk mengisi ulang daya pada baterai agar bisa dimainkan lagi.

Nah sekarang ada yang namanya Solar Robot Kit, semacam mainan RC gitu?

Bukan sih, ini lebih seperti automation puzzle 3D. Solar Robot kit terbentuk dari beberapa bagian yang bisa dibongkar pasang dan menghasilkan beberapa bentuk tertentu, seperti halnya mainan lego atau brick. Yang membedakan adalah komponen utama dalam mainan ini, yaitu sebuah solar cell yang dapat menjadi sumber baterai untuk puzzle tersebut. Dalam 1 paket solar robot kit terdapat puzzle yang harus dibentuk sebagai body robot, sebuah solar cell, motor penggerak, kabel konektor dan stiker untuk menghias tampilan si robot.

Dengan menggunakan Solar Cell, masalah pengisian daya bisa dilakukan bersamaan pada saat mainan tersebut dimainkan oleh si kecil. Sehingga anda tidak perlu kuatir si anak tiba-tiba menangis karena mainannya ngambek kehabisan daya.

BACA JUGA:   Tips Memilih Tas Backpack untuk Traveling

 solar robot kit 3 in 1

Solar Robot Kit sendiri merupakan jenis mainan edukasi yang baik untuk merangsang sensor motorik anak, karena anak harus merakit robot tersebut menjadi salah satu bentuk yang dapat bergerak menggunakan bantuan solar cell.

Saat ini Solar Robot Kit tersedia dalam berbagai macam varian, untuk yang versi paling ramah dompet biasanya hanya memiliki kemampuan transformasi 3 in 1, hanya bisa jadi 3 bentuk berbeda saja. Sementara untuk yang berharga lebih mahal ada yang bisa bertransformasi dalam bentuk 6 in 1 ataupun 14 in 1. Atau jika anda penggemar berat lego, anda bisa mengkoleksi seri MindStorm, oh ya khusus Lego MindStorm menggunakan baterai rechargeable ya bukan berbasis solar cell.

Yang menarik adalah mengapa dipilih bentuk robot?

Mungkin karena bagi anak-anak, robot adalah sesuatu yang keren. Jika anak-anak usia pra sekolah belajar cara membuat robot dengan cara yang menyenangkan, tentunya akan membantu mereka lebih tertarik dalam bidang teknologi. Anak-anak secara tidak langsung telah belajar konsep awal mekanika, robotika dan elektronika tanpa mereka sadari.

BACA JUGA:   Pentingnya Mainan Bayi Bagi Perkembangan

Selain itu, penggunaan solar cell pada robot kit ini sebagai bentuk pengenalan energi alternatif masa depan yang lebih ramah lingkungan, agar anak-anak kita memiliki pengetahuan bahwa masih ada sumber daya alami lain yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi tanpa harus merusak lingkungan.

Anda tertarik memberikan mainan edukasi ini untuk putra putri anda?



DMCA.com Protection Status

14 in1 solar robot mainan (1), solar robot kit (1), robot solar kit (1), penyebab mainan robot solar tidak bisa (1), mobil Rc menggunakan teknologi solar (1), macam robot kit (1), kreasi robot menggunakan pasel anak anak (1), jenis motorik robot (1), jenis mainan silar kit (1), download cara pemasangan mainan robot—robot (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan pada “Solar Robot Kit, media pembelajaran motorik untuk anak

  • Emak Pelancong

    (Oktober 1, 2015 - 5:04 pm)

    Bagus sekali robotnya. Gak perlu pakai baterai lagi. Anak lanangku pasti demen, nih.

    • anotherorion

      (Oktober 1, 2015 - 9:29 pm)

      iya mbak, klo disana kan harusnya banyak ya? negara gudangnya engineer cerdas e 😀

Berikan tanggapan anda