Stimulasi Pada Bayi Berusia 3 Bulan


Cara Stimulasi Bayi – Setiap orang tua tentunya sangat mengharapkan bayinya bisa bertumbuh dan berkembang secara optimal dan baik. Maka tak heran jika memang para orang tua terus berusaha mengajak sang bayi untuk bertumbuh kembang dengan cara melakukan stimulasi. Namun, perlu diperhatikan bahwa memberikan stimulasi harus dengan cara stimulasi bayi yang tepat sesuai dengan tahap usia bayi. Perbedaan usia bayi, maka cara stimulasi bayi pun berbeda pula. Nah, kali ini akan dibahas mengenai cara stimulasi bayi usia 3 bulan.

Ada metode stimulasi yang bisa dilakukan, yakni stimulasi motorik kasar dan stimulasi motorik halus. Apa perbedaannya ? Perbedaannya ialah stimulasi motorik kasar ialah melibatkan keterampilan otot-otot besar, sebagai contoh misal, kegiatan bayi yang merangkak. Nah, sedangkan untuk stimulasi motorik halus ialah sebaliknya, yakni yang melibatkan otot-otot kecil. Salah satu contonya ialah meraih benda yang ada didekatnya.


Stimulasi Motorik Kasar Pada Bayi 3 Bulan         :

Pada bayi berusia 3 bulan, stimulasi motorik kasar yang dapat anda lakukan adalah baringkan bayi di atas kasur dengan posisi terlentang. Lalu bantulah bayi untuk mencoba membalikkan posisinya menjadi tengkurap. Ingat, lakukan secara perlahan dan hati-hati karena tulang bayi masih lunak. Stimulasi yang satu ini bermanfaat untuk melatih bayi supaya bisa untuk berguling. Kemudian, untuk melatih otot kaki bayi agar semakin kuat, ketika bayi dalam keadaan terlentang, anda bisa memberikan stimulasi dengan memegang kedua kakinya dan lakukanlah gerakan memutar secara perlahan dan lembut bagaikan saat mengayuh sepeda.

BACA JUGA:   Cegah Rayap Menggerogoti Perabotan Rumah Dengan Tips Berikut Ini

senyum ceria bayi


Stimulasi Motorik Halus Pada Bayi 3 Bulan          :

Bayi yang menginjak usia 3 bulan sangat suka untuk memainkan tangan dan juga kakinya, biasanya dengan menyentuhkan keduanya. Anda bisa memberikan stimulasi dengan memijat lembut pada jari jari sang bayi. Berikan mainan yang sekiranya mempunyai warna yang mencolok dan juga bisa mengeluarkan bunyi. Biarkan mainan tersebut untuk digenggam sang bayi. Tujuan dari stimulasi ini meningkatkan kekuatan lengan otot atas bayi, kemudian bahu serta juga punggung atas.

Selain hal tersebut diatas, anda bisa juga menyelingi dengan memberikan pijatan lembut sendiri dirumah dengan memakai beberapa produk dari Zwitsal. Zwitsal pun memberikan dukungan dengan adanya Zwitsal Baby Spa. Pemijatan pada bayi bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi, kemudian juga melancarkan peredaran darah, menstimulasi syaraf serta otot bayi.


DMCA.com Protection Status

stimulasi bayi 3 bulan (1), stimulasi motorik bayi 3 bulan (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda