Susunan Kaki Seven Segment dan Dot Matrix


Seringkali dalam melakukan praktikum elektronika hanya menggunakan software simulasi seperti EWB, LiveWire maupun ISIS proteus, hambatannya adalah terkadang ada perbedaan antara simulasi dengan praktikum sebenarnya.

Bukan hanya masalah besaran tegangan/arus yang terkadang terlalu kecil untuk bisa menyalakan led, terkadang karena kualitas solder yang kurang baik, maupun yang paling sering adalah susunan pin pada kaki2 komponen optik maupun susunan kaki IC.

Ya, dalam simulasi yang ditampilkan biasanya hanya gambar lambang skematiknya saja, misal gerbang OR dalam proteus kita bisa mengambil satu saja, tapi ketika kita mau membelinya di toko elektronik, kita akan ditanyakan seri IC 74LSxx yang biasanya berisi 2-4 gerbang OR. Terkadang itu juga bikin kita bingung karena kita hanya butuh 2 input 1 output kok total kaki IC nya bisa lebih dari sepuluh. Untuk mengatasi hal ini silahkan mampir ke website2 penyedia datasheet komponen elektronika seperti alldatasheet.com, datasheetarchive.com maupun situs2 lainnya.


Kadang yang lebih bikin para pemula kesusahan tuh komponen optik seperti seven segment, BCD seven segmen, dotmatrix dan LCD, BCD seven segment setau aku hanya ada dalam lingkungan simulasi, lum pernah nemu ada di toko. Seven segment dalam simulator maks berkaki 8 di toko berkaki 10, cem mana pula itu?? Dotmatrix yang 5×7 kakinya ya cuma 12, eh di toko dikasih yang kaki 14, minta ganti sama pegawai tokonya tetep aja enggak ada, udah dari gitu dari sononya mas! LCD yang harganya paling mahal eh malah dikasih bonus 2 kaki juga, baik banget sih bakulnya T_T

BACA JUGA:   Menggunakan DotMatriks ATMega dengan codevision (I)

Bonus kaki LCD tuh ya kaki VCC sama ground, yang emang dalam software simulator kedua kaki ini sering diabaikan, sementara untuk seven segment dan dot matrix silahkan simak gambar di bawah ini.

kaki tengah seven segment biasanya adalah common anoda/ katodanya, sementara untuk dot matrix susunan kakinya lebih rumit karena melibatkan 14 kaki.



DMCA.com Protection Status

kaki seven segmen (10), kaki seven segment (9), Kaki 7 segmen (4), kaki 7 segment (4), kaki 7segment (4), kaki seven segment display (4), toko seven segment di solo (3), kaki 7-segment (3), Cara menyambungkan kaki kaki led seven segmen (2), menentukan kaki seven segment (2)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda