TCP Eye, monitoring koneksi jaringan


Terkadang saat menggunakan modem terkoneksi ke internet, dalam posisi idle, angka-angka di modem menunjukkan pergerakan byte upload dan download, padahal kita gak lagi buka browser atau melakukan aktifitas apapun.

Lalu apakah ada setan yang ngumpet di dalam komputer kita dan beraktifitas secara gaib disana? may be yes, may be mbuh haha. Setan yang dimaksud disini tentunya bukan sejenis lelmbut yang rambutnya terurai panjang dan suka cekikikan di belantara tanah kuburan klo malem.

Setan itu bisa berupa macem-macem, dari spyware, trojan, virus atau kamu, eh. Beberapa software legal sekalipun terkadang secara sembunyi-sembunyi berusaha menghubungi induk semangnya (produsen softwarenya) untuk mengabarkan kondisi terbaru si software atau sekedar melakukan update otomatis.

download tcp eye

Sebagai contoh, banyak komputer beraliran Windows OS yang tiba2 layar desktopnya gak bisa ditempelin wallpaper, trus muncul kalimat di sudut kanan bawah yang nyebelin, muncul aplikasi pop up Windows Genuine Advantage yang menandakan OS windows kamu ketahuan bajakan oleh Microsoft.

Beberapa antivirus juga melakukan update otomatis, tapi semua itu tergantung jenis software dan apakah tersedia pengaturan untuk menghilangkan opsi ini, klo emang sudah ditakdirkan harus selalu update otomatis yo wis, ditampa wae.

BACA JUGA:   Meningkatkan earning adsense dengan safelink converter

Adalah aplikasi bernama TCP Eye yang berfungsi untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menghubungi pihak lain (komputer lain dalam jaringan lokal atau terkoneksi ke internet) berikut alamat IP yang menjadi tujuan/sumber komunikasi tersebut, protokol apa yang digunakan serta negara mana yang menjadi tujuannya.

Ada juga kondisi state, sebenarnya gak penting untuk mereka yang bukan orang jaringan. State ini adalah kondisi apakah proses komunikasi tersebut baru akan dimulai, saling mengkonfirmasi, telah berjalan, atau sedang dalam proses mengakhiri hubungan, dih

Disini, tidak akan terlihat alamat domain apa yang dituju melainkan hanya IP addressnya saja, dan hanya disebutkan aplikasi apa yang menghubungi IP tersebut. Sebagai contoh, ketika membuka blog anotherorion.com ini dengan Google Chrome, maka Chrome juga otomatis membuka IP layanan lain yang tertempel di halaman anotherorion.com, misal IP nya hitstat, feedjit, google adsense dan lain sebagainya.

Secara simple nya TCP eye bisa memberi tahu kita aplikasi apa yang menghubungi internet, jika mencurigakan segera klik kanan dan bunuh saja.

BACA JUGA:   Next Gen Sistem Informasi Perpustakaan


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda