The Myth


Aku memiliki ketertarikan terhadap beberapa hal yang bersifat misteri, namun sifat misteri yang membuatku tertarik bukan cerita misteri demit2 kolong jembatan, melainkan misteri2 fiksi ilmiah maupun sejenisnya, meskipun aku ngga meyakini semua kebenaran dari misteri2 tersebut namun setidaknya aku menyukai bagaimana misteri itu ada dan menjadi sebuah pertanyaan yang terus menerus dicari jawabannya oleh manusia, pertanyaan yang mungkin tidak akan pernah terjawab dalam rentang usia manusia.

Misalnya misteri batu Stonehenge dan CropCircles di Inggris, Pulau Paskah, Reaktor Purba Gabon, Batu Ica dan Nazca Lines di Peru, Bangunan berundak di bawah Yonigani, Bermuda Triangle, maupun misteri2 yang mungkin lebih bersifat Myth semacam Naga, Yeti, Atlantis, Hollow Earth, Annunaki, Alien.

Jika pertanyaannya kenapa? karena aku menyukainya bukan karena aku meyakini bahwa misteri itu ‘BENAR’ melainkan karena menawarkan perspektif lain yang menghibur dan menantang untuk membuktikan BENAR atau SALAH.

Aku lebih tertarik untuk mencari tahu misteri sebagai ada dan tiada, faktor dan penyebabnya, kemungkinan hoax atau benar adanya, karena bagiku misteri adalah sesuatu yang belum bisa dijelaskan secara rasional, dan dengan alasan itulah aku kurang bisa menerima alasan irrasional untuk menjelaskannya.

Aku tidak berfikir bahwa aku harus membuktikan sebuah misteri bisa terpecahkan olehku atau tidak, aku hanya berfikir dengan kemampuanku misteri itu bisa aku tangkap sebagai sesuatu yang bisa diterjemahkan atau tidak, dan itu cukup.

Ketika melihat sebuah misteri sebenarnya sisi fantasi kita diajak berkompromi dengan sisi rasional untuk mendapatkan gambaran yang bisa menjelaskan kondisi yang ada. Keterlibatan fantasi inilah yang menyenangkan karena kitapun tidak dituntut untuk memiliki intelegensi tinggi hanya untuk berfantasi. Kita terbebas dari keharusan pematuhan hukum2 atau prinsip2 ilmiah. Namun harus disadari pengendali utamanya harus tetap sisi rasional kita, ketika kita terlalu berfantasi terhadap sebuah misteri maka hasilnya selalu adalah hoax.

Menduga2 kaitan sebuah misteri dengan misteri lain memang menyenangkan tapi sebagian yang lain hanya menduga tanpa mengabaikan proses berfikir. Seperti biasa dalam cerita misteri selalu ada bagian2 yang seperti dipelintir agar terlihat lebih misterius, lebih mencengangkan dan rata2 memang lebih disukai. Semakin banyak bukti yang semakin tidak rasional justru membuat objek misterinya semakin terlihat mewah dan indah semakin agung dan terselubung, dan buatku itu justru lebay!

Aku tidak membatasi segala kemungkinan yang mungkin ada, tapi aku membatasi bahwa sebuah misteri tetap akan menjadi misteri tanpa harus menambahkan bumbu2 untuk menjadikan misteri itu terlihat lebih sakral. Misalkan ketika melihat Stonehenge, ketika kita bertanya tentang cerita stonehenge selalu ada berbagai versi dari versi alien, Merlin sampai raksasa yang menyertai misteri stonehenge.

Bagiku semua misteri di dunia yang menyelimuti kita adalah tantangan bagi kita untuk menyadarkan kita bahwa kita bukanlah makhluk yang sangat pintar dan harus banyak belajar. Karena ada banyak misteri yang belum bisa kita jelaskan secara rasional.



DMCA.com Protection Status

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda