Tiga kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula


Membangun sebuah blog bukanlah perkara mudah, seorang blogger perlu menentukan konsep untuk blog yang ingin dibangunnya, dari sinilah nanti blogger tersebut dapat melakukan branding yang ingin dicapainya. Memang untuk bisa membentuk brand sendiri, bukanlah perkara kerja semalam suntuk, butuh waktu yang cukup lama agar brand tersebut terbentuk di benak para pengunjung blog kita.

Sebagai contoh, kita ingin membuat blog tentang IT, lebih spesifik lagi adalah tentang troubleshooting masalah komputer, maka mau tidak mau kita harus bisa menciptakan konten-konten yang benar-benar menggambarkan kemampuan melakukan troubleshooting komputer. 

Unexperienced byself

Tulislah sesuatu yang pernah anda alami, anda ketahui, baik dari pengalaman hidup anda, orang terdekat atau dari pembelajaran yang anda dapatkan dalam bidang anda, baik sebagai pelajar, mahasiswa, karyawan, dokter, engineer atau yang lainnya.

Untuk menjadi seorang expert, tidak harus berlatar belakang pendidikan/pekerjaan sama di bidangnya, sebagai contoh, blog otomotif yang ditulis oleh seorang penghobi modifikasi motor, travel blogger dan foodblogger, mereka menjadi expert karena experience mereka dalam menuliskan pengalaman memodifikasi motor, dan berwisata. Tidak jarang ada informasi baru, tips unik yang mereka alami sendiri kemudian dibagikan kepada para pembaca blog mereka. Cara terbaik, gunakan hobby anda sebagai referensi utama dalam membangun blog.

BACA JUGA:   Mengenai blog AGC

Unsatistifying content

Pengunjung blog kita adalah orang-orang yang ingin mendapatkan informasi, baik bersifat informatif maupun hiburan. Untuk mereka yang mencari artikel informatif, mereka sangat membutuhkan informasi yang akurat, tajam, dalam. Gunakan pendukung informasi yang memudahkan mereka memahami isi artikel anda, bisa berupa tips, spesifikasi, tampilan gambar, maps, rating produk, harga dan lain sebagainya.

Experience pengunjung blog berbeda-beda, akan tetapi pada umumnya mereka bisa segera dapat menyimpulkan apakah artikel kita benar-benar ditulis untuk memberitahukan sebuah informasi berharga untuk mereka, atau hanya menulis informasi yang sudah diketahui pengunjung.

Blog troubleshooting komputer yang dikelola oleh seorang teknisi komputer tentunya akan lebih berisi ketimbang blog yang dibangun oleh anak sekolah hanya demi memenuhi tugas mata pelajaran/mata kuliah dari pengajarnya. Konten yang dibuat anak sekolah pada umumnya berasal dari; hasil artikel blog lain yang dicopas tanpa diedit, saduran buku / artikel blog lain yang telah dibaca tanpa dikaji kembali, sehingga terlalu banyak menggunakan commonly facts. Ambil contoh; Indonesia adalah negara kepulauan, Indonesia terdiri dari 34 provinsi, dan beribukota di Jakarta. Presiden Indonesia saat ini adalah Joko Widodo.

BACA JUGA:   Apa sih Marketing 3.0

Distracting ads

Semakin banyaknya cara mendapatkan duit dari internet, biasanya membuat blogger newbie secara semena-mena menaruh iklan di sekujur blognya. Hindari penggunaan iklan interstitial, pop up, sliding yang menyebalkan karena menutupi konten dari pandangan pengunjung.

Memang, iklan interstitial, dan pop up memiliki keunggulan dari segi revenue per klik yang dihasilkan, dan rata-rata blogger pemula, ingin secepat mungkin mendapatkan banyak klik dari iklan yang tampil dihalamannya.




DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di info dan tag , . Tandai permalink.

Satu Respon untuk Tiga kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *