Tipe Konektor Port USB


Universal Serial Bus atau lebih dikenal dengan USB adalah jenis konektor yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan perangkat eksternal. USB dikembangkan oleh tujuh perusahaan pada tahun 1994 yaitu Intel, DEC, IBM, Microsoft, NEC, Compaq dan Nortel. Tujuan pengembangan USB ketika itu adalah untuk memberikan standar baru komunikasi komputer dengan berbagai jenis perangkat eksternal yang tertancap pada board bagian belakang PC. Dengan menggunakan satu standar maka teknik konfigurasi komunikasi antar devices berbeda dapat lebih dipermudah.

Salah satu keunggulan perangkat USB adalah kemampuan hotplug nya, Hotplug adalah istilah dimana sebuah perangkat dapat dibongkar pasang pada saat komputer dalam kondisi menyala tanpa mempengaruhi kinerja sistem. Sebelumnya, proses bongkar pasang komponen komputer mengharuskan komputer dalam kondisi shutdown terlebih dahulu. Standar komunikasi seperti slot PCI/AGP/ISA maupun konektor PS/2 tidak memungkinkan pembongkaran hardware di saat komputer menyala.

Dengan kehadiran konektor USB saat ini, kita tidak masalah lepas pasang DVDRW, Flashdisk, hardisk, Keyboard, Mouse, kamera, joystik, gamepad, smartphone, tablet dan ribuan jenis devices USB lainnya. Logo USB berbentuk trisula dengan tiga bentuk kepala yaitu bulat, kotak dan segitiga sebagai gambaran bahwa USB dapat digunakan untuk berbagai jenis perangkat dan standar komunikasi.

BACA JUGA:   Nganggur

Saat ini USB sudah mencapai generasi ketiga USB 3.0 kecepatan teoritik 500mbps-4Gbps dan USB 3.1 kecepatan teoritik 7Gbps) perkembangan kecepatan yang luar biasa sejak USB 1.0 diciptakan dengan kecepatan 1.5 mbps

Nah untuk standar konektor USB ada beberapa jenis seperti terlihat dibawah ini.

  1. Konektor USB type A – merupakan tipe konektor paling umum dipasaran dan standar untuk koneksi pada body komputer/laptop
  2. Konektor USB type B – biasa digunakan untuk konektor printer
  3. Mini USB type A – jarang dipakai, kalah saing dengan tipe mini USB B
  4. Mini USB type B – biasa dipakai untuk standar koneksi hp lama/accesoris komputer yang kecil
  5. Micro USB type A – jarang ditemukan di Indonesia
  6. Micro USB type B – banyak digunakan sebagai konektor standar USB dalam smartphone android
  7. Micro USB 3.0 type B – untuk konektor hardisk external tahun2 terakhir

Selain berbagai jenis konektor tersebut, USB juga dapat digunakan untuk menjembatani komunikasi beberapa jenis standar komunikasi lainnya misalnya USB to Serial, USB to PS/2, USB to HDMI, USB to Firewire, USB to Ethernet, USB to PlayStation, USB to powerline dan masih banyak lagi.




DMCA.com Protection Status
BACA JUGA:   Praktek Memandikan Bayi Yang Mudah dan Aman

jenis socket usb (4), macam macam usb port (4), MINI USB (4), nama colokan hp usb (4), soket usb (3), macam konektor micro usb (3), konektor mini usb (3), jenis tmpat usb (3), Macam bentuk usb (3), macam usb (3)

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di komputek dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *