Tips Aman Belanja Online


Saat ini mobilitas manusia sangatlah tinggi. Kesibukkan yang hampir tiada habisnya menuntut Anda untuk selalu siap dan sigap dalam menyelesaikan tanggungjawab. Dengan padatnya kesibukkan tersebut tidak jarang membuat Anda melupakan kebutuhan – kebutuhan lainnya. Misalnya saja Anda harus segera membeli sepatu baru karena sepatu yang Anda miliki sudah rusak. Namun Anda terkendala waktu dan tenaga untuk membelinya secara langsung. Tapi, dengan hadirnya toko online di tengah masyarakat modern saat ini benar – benar menjadi hujan di tengah padang gurun, menyejukkan.tips aman belanja online

Yup, jangankan padang gurun, kebayang kan gimana segar dan sejukknya hujan yang turun setelah kemarau berkepanjangan? Sama halnya dengan adanya toko online, dimana toko online tersebut menjadi jawaban terbaik ketika pikiran Anda dihujam pertanyaan, “Kapan nih ada waktu buat belanja? Kapan nih kerjaan kelarnya?”. Toko online menjadi solusi terbaik bagi Anda yang khawatir kerjaan keteteran atau tidak punya waktu untuk istirahat. Sebab, hanya dengan bantuan ponsel atau laptop dan tentunya jaringan internet, Anda bisa berbelanja kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Adanya toko online memang membawa banyak kemudahan dalam berbelanja. Akan tetapi, ada kekurangan yang juga mengiringi kemudahan tersebut. Salah satunya adalah penipuan yang berkedok toko online. Tapi Anda jangan khawatir, karena masih banyak toko online terpercaya. Dalam hal ini Anda hanya perlu lebih berhati – hati dan selektif dalam memilih toko online yang bertebaran di dunia maya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut tentang tips aman belanja online.

BACA JUGA:   Medio 2016, Toko Online Semakin Naik Daun

Periksa Kembali Nama Toko Online

Saat Anda membidik satu nama toko online, pastikan Anda menelaah kembali apakah toko online tersebut memiliki pengunjung yang banyak. Atau apakah toko online tersebut familiar di mesin pencari. Apabila pengunjung toko tersebut banyak sekaligus toko online itu familiar dalam kacamata mesin pencari, setidaknya itu menjadi beberapa indikator bahwa toko online yang Anda pilih adalah toko online yang terpercaya.

Cek Testimoni Pembeli

Toko online yang terpercaya biasanya akan menampilkan testimoni konsumen di laman tokonya. Untuk itu, pastikan Anda tidak melewatkan tips aman belanja online yang satu ini. Dengan membaca testimoni – testimoni dari konsumen, Anda akan mendapatkan banyak informasi tentang kualitas layanan maupun produk yang dijual. Selanjutnya, Anda bisa mengambil kesimpulan, apakah toko online tersebut kredible atau tidak.

Utamakan yang Menyediakan Layanan COD

Walaupun saat ini banyak bank lokal yang siap membantu transaksi online Anda, namun tidak ada salahnya jika Anda mencari toko online yang memberikan layanan COD (Cash On Delivery) atau sistem bayar di tempat saat barang diantar. Dengan demikian bisa dipastikan bahwa toko online yang Anda pilih bukanlah toko online yang abal – abal. Sebab kecil kemungkinan mereka akan melakukan penipuan karena uang akan mereka terima ketika barang sudah diantar ke rumah Anda.

Harga yang Logis

Biasanya seseorang akan tergiur jika ada produk bagus yang dijual dengan harga murah. Namun kali ini kesampingkan dulu harga murah tersebut. Mengingat Anda akan membeli via online, maka sudah pasti Anda tidak bisa melihat kondisi produk secara langsung. Oleh karena itu, telaahlah kembali apakah produk yang akan Anda beli itu layak dijual murah atau mahal. Pastikan harga tersebut masuk akal.

BACA JUGA:   3 Tempat Wisata Unik di Bandung

Namun jangan terlalu berprasangka buruk ya, sebab banyak toko online terpercaya yang menawarkan diskon di hari – hari tertentu, misalnya diskon harbolnas 2016 yang umumnya ditawarkan oleh hampir semua toko online yang ada.

Pelajari Deskripsi Produk

Karena dalam hal ini Anda hanya bisa melihat produk dari gambar saja, sebaiknya telitilah dalam membaca deskripsi produk yang tertera. Jika ada yang kurang jelas, Anda bisa menanyakan kepada pemiliki toko online. Tujuannya adalah agar nantinya Anda mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika kurang puas dengan penjelasan pemilik toko, Anda bisa mencari sumber informasi lain yang bisa meyakinkan Anda bahwa produk tersebut berkualitas baik.

Nah demikian tadi beberapa tips aman belanja online. Jika tips di atas sukses Anda praktekkan, yakin deh Anda akan ketagihan belanja via online. Apalagi jika bukan karena kemudahan yang dibawanya. Anda hanya tinggal pilih produk, transfer dan produk pesanan Anda pun akan segera mendarat di rumah Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

 



DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda