Tips Aman Cari Rumah Pertama


Ketika seseorang sudah menginjak usia dewasa, apalagi sudah menikah, rumah menjadi satu kebutuhan utama. Namun, ketika akan membeli rumah pertama, Anda harus memikirkan beberapa hal. Nah, di bawah ini ada beberapa tips aman cari rumah pertama. Ini dia ulasannya:

  1. Jangan Habiskan Seluruh Tabungan untuk Rumah Pertama

Menabung untuk membeli rumah idaman memang suatu hal yang baik. Namun, ada baiknya Anda tidak memakai seluruh uang tabungan untuk membeli rumah pertama. Ada banyak hal yang harus Anda pikirkan setelah berhasil membeli rumah.

Pikirkan mengenai biaya perbaikan jika Anda membeli rumah bekas. Pikirkan juga uang untuk membayar cicilan rumah jika Anda membelinya secara kredit. Siapkan juga uang cadangan untuk biaya tak terduga. Jika Anda menghabiskan sebagian besar uang tabungan, lalu bagaimana jika ada kendala mengenai rumah Anda di kemudian hari?

  1. Perhatikan Luas atau Tipe Rumah

Ketika membeli rumah pertama, pikirkan mengenai siapa saja yang akan tinggal di rumah tersebut. Kalau Anda akan tinggal bersama keluarga inti yang berisi ayah, ibu, dan 2 orang anak, maka belilah rumah dengan luas atau tipe yang sesuai dengan kebutuhan tersebut, misalnya tipe 45.

Selain ukuran rumah, pikirkan juga jumlah kamar atau ruangan yang ada dalam rumah tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Desain rumah juga sangat berpengaruh dalam hal ini.

tips-membeli-rumah-pertama Tips Aman Cari Rumah Pertama  wallpaper

  1. Tergiur Iklan Rumah Dijual? Pastikan Iklan Tersebut Tepercaya

Iklan mengenai rumah dijual bisa ditemui di mana saja. Banyak orang yang menjual rumahnya melalui cara yang tradisional, misalnya melalui media cetak, dan melalui cara yang modern, misalnya memasang iklan pada situs jual beli online. Sekarang ini ada banyak situs web jual beli online yang bisa dimanfaatkan dalam usaha cari rumah pertama idaman Anda.

BACA JUGA:   Ingin Desain Interior Rumah? Konsultasi Dulu Yuk!

Namun, Anda harus memastikan bahwa iklan tersebut dapat dipercaya. Jangan sampai Anda malah kena tipu, ya. Sekarang ini, ada tindak kejahatan yang mengatasnamakan jual beli rumah. Calon pembeli rumah biasanya diminta untuk mentransfer uang tanda jadi atau uang muka sebelum calon pembeli bertemu dengan pihak penjual rumah.

Jika Anda mengalami hal semacam ini, jangan pedulikan bujukan tersebut. Pastikan Anda tidak mentransfer uang sepeser pun sebelum melihat kondisi rumah dan menemui pihak penjual rumah.

  1. Perhatikan Legalitas Rumah

Jangan membeli rumah yang tidak jelas status kepemilikannya. Tanyakan keabsahan rumah kepada pemilik rumah atau pihak pengembang. Dalam mencari rumah pertama, jangan tergiur harga murah saja. Tentunya Anda tidak mau kalau rumah pertama Anda bermasalah di kemudian hari, bukan?

  1. Perhatikan Fasilitas Rumah

Jika Anda membeli rumah baru dari pihak pengembang, biasanya akan ada penawaran fasilitas rumah, misalnya jumlah kamar mandi, letak dapur, kamera pengintai, dan Air Conditioner. Tanyakan kejelasan fasilitas tersebut. Apakah diperlukan biaya tambahan untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas rumah tersebut?

Membeli rumah pertama dari pihak pengembang terkadang membingungkan. Sebagai pihak calon pembeli, Anda wajib aktif bertanya mengenai seluruh hal yang sekiranya penting dan belum Anda ketahui.

  1. Masih Bingung Mencari Rumah Idaman? Hadiri Pameran Properti di Kota Anda

Masih bingung dalam menentukan tipe rumah idaman yang cocok untuk Anda? Rajin-rajinlah datang ke pameran properti. Di sini, Anda bisa melihat beragam pilihan rumah yang ditawarkan oleh banyak pengembang. Dengan membandingkan satu jenis rumah dengan yang lain, Anda bisa memutuskan tipe atau jenis rumah yang sesuai untuk Anda.

Selain itu, di pameran properti pastinya Anda bisa langsung bertanya-tanya kepada pihak pengembang tanpa harus mendatangi kantornya. Lebih mudah, bukan?

  1. Pilih Cara Pembayaran dengan Cermat

Dalam membeli rumah, pastikan Anda mengetahui beragam jenis pembayaran dengan jelas. Pelajari berbagai jenis pembayaran rumah, misalnya dengan tunai keras atau kredit pemilikan rumah. Dengan mengetahui beragam jenis pembayaran rumah beserta keuntungan dan kerugiannya, maka Anda bisa memilih yang paling sesuai untuk Anda.

  1. Telitilah Kondisi Rumah Jika Membeli Rumah Bekas
BACA JUGA:   MUDAHNYA MENGGUNAKAN LAYANAN JASA RUMAH TANGGA SECARA ONLINE

Ketika memutuskan untuk membeli rumah bekas, Anda harus meneliti kondisi rumah tersebut dengan cermat. Lihatlah kondisi bangunan secara keseluruhan. Kemudian, lihatlah bagian rumah secara detail. Beberapa bagian yang wajib Anda perhatikan adalah kondisi tembok beserta catnya, kondisi dapur, kamar mandi, dan gudang (jika ada).

Selain itu, perhatikan juga kebersihan dan kerapian rumah tersebut. Rumah yang bersih dan terlihat terawat menandakan bahwa pemilik rumah yang sebelumnya adalah pemilik rumah yang sayang terhadap bangunan tersebut.

  1. Perhatikan Lingkungan Sekitar Rumah

Lingkungan sekitar rumah juga wajib diperhatikan. Pastikan lingkungan sekitar rumah tersebut cocok dan cukup kondusif untuk mendukung pekerjaan, kesehatan, dan tumbuh kembang keluarga, terutama anak Anda. Untuk itu, pilihlah lingkungan yang masih memiliki pepohonan di sekelilingnya.

Selain itu, usahakan untuk mencari rumah yang memiliki banyak tetangga. Hal ini demi alasan keamanan jika sewaktu-waktu Anda sekeluarga meninggalkan rumah. Selain itu, memiliki banyak tetangga juga baik untuk kehidupan sosial.

  • Perhatikan Lokasi atau Letak Rumah Tersebut


Ada banyak iklan yang menjual rumah dengan harga yang murah. Setelah calon pembeli melihatnya, ternyata rumah tersebut jauh dari tempat-tempat umum. Nah, Anda juga wajib mempertimbangkan hal ini. Pastikan rumah tersebut dekat dengan tempat-tempat umum, seperti pasar, rumah sakit, bank, dan sekolah.

Jadikanlah rumah pertama Anda sebagai rumah ternyaman untuk Anda dan keluarga. Selain itu, pikirkan juga jarak rumah pertama Anda dengan tempat kerja Anda. Semakin jauh jaraknya, semakin banyak pula ongkos yang harus Anda keluarkan setiap harinya.

Nah, itulah 10 tips aman dalam membeli rumah pertama. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari rumah pertama, ya.


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 thoughts on “Tips Aman Cari Rumah Pertama

    amrudly

    (Februari 26, 2017 - 2:30 pm)

    Saya pertama kali melihat lingkungan sekitar dulu.

      anotherorion

      (Februari 26, 2017 - 7:45 pm)

      oh iya mas, benar juga, lingkungan juga menentukan nanti kita nyaman nggak tinggal di rumah itu

Berikan tanggapan anda