Tips berburu calon pengguna jasa di internet


Untuk rekan2 blogger yang memiliki kemampuan di bidang jasa / pelayanan atau service. Mendapatkan client dari internet adalah sebuah berkah sekaligus menambah portofolio hasil pekerjaan kita. Dunia jasa di internet ini sangat beragam jenisnya, jadi jangan kuatir bakalan kehabisan ide atau pelanggan.

Aku punya seorang temen yang dulunya bekerja sebagai karyawan perusahaan, resminya aku sendiri lupa dia kerja di bidang apa n jobdesknya ngapain, tetapi seiring berjalannya waktu dia memilih resign dan memilih menekuni hobbinya sendiri yaitu menggambar.

Tadinya aku berpikir dia gila karena berani meninggalkan zona nyaman nya di perusahaan dan memilih banting setir di dunia yang pasang surut seperti menggambar, karena aku sendiri melihat meskipun para seniman gambar di pojokan perempatan Sagan tetap saja punya pelanggan toh kesehariannya aku melihat workshop mereka selalu terlihat sepi pelanggan.

Tapi memang yang namanya tekad bulat akan mengalahkan segalanya, jadilah temenku ini cukup dikenal di dunia menggambar di internet, bahkan sempat membuat pameran sendiri di Jakarta. Salut.

BACA JUGA:   That's A Pride?

Temenku yang lain memang seniman soal urusan gambar, dulu aku sempat mampir ke rumahnya di daerah Tebet dan emang orangnya terlihat santai di rumah, hanya mengerjakan pesanan gambar yang harganya ehm tentunya digitnya terbilang lumayan.

Nah bicara soal jasa di internet, seperti halnya jasa menggambar. Banyak jasa lain yang bisa dijual di internet, antara lain jasa web design, pelatihan, seminar, jasa pembuatan brosur, undangan pernikahan, rias pengantin, pemotretan, copy writing, pembuatan souvenir, atau aneka masakan.

Ingat kita berbicara jualan jasa, bukan produk!

rias pengantin, paes ageng, penganten jawaDalam jual beli jasa, maka ada nilai tambah yang selalu dihadirkan, meskipun kadang hasil akhirnya adalah produk, tetap saja produk tersebut adalah product costumized yang disesuaikan dengan keinginan client, jadi bukan produk yang bisa didapatkan secara mudah di gerai minimarket terdekat.

Untuk menarik calon pembeli menggunakan media internet maka kita harus bersifat proaktif, bisa dengan cara membangun website yang menginformasikan layanan yang kita tawarkan, cara melakukan pemesanan dan info kontak kita sendiri. Selain itu kita bisa membangun sebuah halaman di facebook maupun akun twitter khusus untuk keperluan marketing.

BACA JUGA:   Facebook Account Verification (Fake)

Nah selain itu ada baiknya kita juga melakukan jemput bola terhadap calon pelanggan kita. Google menyediakan fitur pencarian berdasarkan waktu, maka disinilah kita bisa menggunakannya untuk melakukan pendekatan atau say hello terhadap calon pelanggan kita.

Misal gunakan rentang 1 bulan/1 tahun untuk mencari keyword tentang persiapan pernikahan, hasil pencarian tersebut kita gunakan untuk mencari pelanggan potensial yang akan menikah. Siapa tahu dengan kita berkunjung ke blognya calon pelanggan, melakukan pendekatan personal dan mempromosikan jasa kita, kita bisa dapet job buat melakukan sesi pemotretan pre weddingnya, atau pembuatan undangan.

Jangan lupakan efek viral yang bisa dihasilkan jika kita berhasil membuat pelanggan tersebut mau menggunakan jasa kita dan puas dengan pelayanan yang kita berikan. 🙂


DMCA.com Protection Status

rias pengantin copy writing (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda