Tips Memilih Obat Kumur Yang Aman Untuk Gigi dan Mulut


Kesehatan gigi adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Pada umumnya seseorang merawat giginya dengan menggosok gigi rutin dua kali dalam sehari. Dan mungkin anda beranggapan jika menggosok gigi sudah cukup untuk merawat gigi. Sebenarnya hal itu belumlah maksimal. Sebab menggosok gigi hanya membersihkan permukaan-permukaan gigi saja. Oleh karena itu, anda disarankan untuk menggunakan obat kumur gigi agar perawatan gigi dan mulut anda jauh lebih maksimal.

Obat kumur menjadi treatment pelengkap untuk perawatan gigi. Setelah gigi dibersihkan dengan menggunakan gosok gigi, obat kumur akan membantu gigi dan mulut anda terbebas dari bakteri yang dihasilkan oleh sisa makanan yang menempel pada gigi.

Lalu obat kumur seperti apakah yang baik untuk anda gunakan? Saat ini banyak varian obat kumur yang beredar di pasaran. Tetapi yang jadi pertanyaan adalah, amankah obat kumur tersebut? Nah, kali ini kita akan memberikan ulasan tentang bagaimana memilih obat kumur yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut.  Simak baik-baik ya!


  1. Pilihlah yang mengandung Flouride

Flouride sangat baik untuk meningkatkan lapisan enamel gigi. Biasanya flouride ini terdapat pada pasta gigi yang selama ini biasa digunakan. Obat kumur yang mengandung flouride sangat bagus untuk mengatasi kerusakan gigi yang disebabkan oleh abrasi gigi. Tentu anda tidak ingin gigi anda terkikis karena adanya abrasi gigi pada gigi anda kan?

  1. Mengandung Astringents

Astringents ini biasanya terdapat pada bahan zinc chloride atau citric acid. Keduanya merupakan bahan yang dapat memberikan rasa segar dalam mulut yang akan membuat anda merasa nyaman dan fresh setelah menggunakannya. Hal itu tentu akan membuat orang di sekitar anda juga nyaman saat sedang bercengkerama dengan anda.

  1. Mengandung Antiplaque

obat kumur untuk gigi sensitif

Masalah yang paling sering dihadapi adalah ketika mulai muncul plak atau karang gigi pada gigi. Tentu anda juga sangat terganggu jika keindahan gigi anda harus berkurang akibat plak yang terdapat pada gigi. Oleh karena itu pastikan anda memilih obat kumur yang terdapat kandungan antiplaque di dalamnya. Selain untuk membersihkan plak pada gigi, kandungan antiplaque ini juga bisa menjadi pencegah agar tidak muncul plak atau karang gigi.

  1. Tidak mengandung alkohol
BACA JUGA:   Pijat Sehat Untuk Bayi

Beragam varian obat kumur yang beredar di pasaran tentu membuat anda bingung untuk memilihnya. Terlebih jika sekarang banyak sekali obat kumur yang mengandung alkohol. Sehingga anda sangat dianjurkan untuk memilih obat kumur yang tidak terdapat kandungan alkohol di dalamnya. Sebab aroma alkohol yang ada pada obat kumur gigi akan sangat membuat anda merasa tidak nyaman.

Demikian tadi beberapa poin yang harus anda perhatikan saat memilih obat kumur gigi yang akan anda beli. Banyaknya obat kumur yang ada memang mengharuskan anda untuk lebih selektif dalam memilih. Selain itu, berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengetahui jenis gigi anda juga merupakan langkah yang baik. Sebab anda akan tahu jenis gigi apa yang anda miliki, sehingga saat memilih obat kumur dan menggunakannya, anda bisa terhindar dari resiko alergi atau keluhan gigi sensitif lainnya.

Seperti yang sudah disinggung di atas, menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah suatu keharusan. Hal ini penting untuk dilakukan agar gigi dan mulut terhindar dari keluhan maupun penyakit yang dapat merusak gigi. Oleh karena itu pastikan anda benar-benar teliti dalam memilih obat kumur yang aman dan menyehatkan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.


DMCA.com Protection Status

obat kumur yang aman (7), tips memilih obat kumur (3), obat kumur paling aman (2), obat kumur yang mengandung fluoride (2), Obat kumur gigi yang aman (2), caramemilihontkumurygaman (2), obat kumur yg mengandung CG (1), obat kumur yang paling aman (1), obat kumur yg mengandung florida (1), obat kumur yg mengandung flouride (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda