Tips Memilih Parcel Lebaran


Tips Memilih Parcel Lebaran

Memberikan parcel pada saat lebaran sudah menjadi tradisi di saat menjelang hari raya. Memberi parcel merupakan salah satu bentuk silaturahmi dengan sanak saudara, relasi, maupun teman.

Parcel yang ditawarkan saat ini sudah berbagai ragam, selain berbagai macam bentuk juga isi dari parcel tersebut. Biasanya parcel yang diberikan berupa makanan ringan, sirup, dan berbagai bahan yang dibutuhkan untuk melengkapi lebaran.

Namun sebelum membeli parcel sebaiknya anda harus lebih hati-hati dalam memilih isi dari parcel. Banyak isi-isi parcel yang tidak halal bahkan sudah kadaluarsa. Oleh karena itu anda harus berhati-hati apalagi dengan banyaknya peminat parcel lebaran.

Sehingga hal ini membuat banyak pedagang tidak mengontrol parcel yang mereka jual. Jangan sampai niat tulus kita untuk memberi parcel malah akan menjadi rusak karena kehalalan dan memberi makanan yang sudah kadaluarsa.

Saat bulan ramadhan tiba banyak penjual parcel dadakan yang menawarkan berbagai macam pilihan parcel dari harga dan jenis parcel. Namun tidak jarang dari parcel yang ditawarkan dalam bentuk yang rusak atau tidak layak. Oleh karena itu anda perlu melakukan berbagai hal seperti berikut ini sebelum membeli parcel.

1. Melihat tampilan parcel

Untuk dapat memilih parcel lebaran yang baik pertama kali yang harus diperhatikan adalah melihat tampilan parcel yang akan diberi. Biasanya parcel akan dikemas menggunakan keranjang yang ditutup dengan plastik putih. Maka anda dapat melihat isi dari jenis-jenis parcel dengan jelas, lihatlah penampilannya apakah ada yang rusak atau tidak. Jangan beli parcel dengan tampilan yang sudah rusak.

BACA JUGA:   Cara Tepat Membeli Baju Lebaran Murah

parcel lebaran

2. Parcel berlabel halal

Agar terjamin kehalalan produk makanan dari dalam isi parcel maka pilihlah makanan yang menggunakan label halal MUI. Akan tetapi anda juga harus benar-benar memperhatikan makanan karena saat ini banyak produk makanan dengan label halal nanum belum tentu berdasarkan sertifikat MUI.

Hal ini ditandai dengan banyaknya produk-produk dari luar negeri yang masuk ke Indonesia. Produk-produk tersebut biasanya dengan bahan yang sulit dibaca seperti makanan dari cina, korea, dan produk makanan dari negara lainnya.

Disarankan untuk menghindari hal ini maka sebaiknya anda membeli parcel dengan isi produk makanan dari Indonesia saja yang dapat dibaca dengan jelas.


3. Perhatikan produk

Kemasan dari produk sangat mudah diamati dan anda dapat melihat setiap tampilan dari kemasan. Perhatikan dari tiap-tiap produk yang menjadi isi parcel, lihatlah apakah ada kerusakan seperti peyot, rusak, berkarat, dan pada produk kaleng yang bocor atau mengembung. Hal ini bertujuan untuk menanggulangi makanan yang rusak, karena kemasan memiliki fungsi untuk melindungi makanan di dalamnya.

tips memilih parcel lebaran murah

4. Kadaluarsa makanan

Yang sangat perlu diperhatikan saat akan membeli parcel yaitu informasi batas penggunaan makanan atau tanggal kadaluarsa. Tentunya hal ini sangat penting karena untuk menentukan apakah makanan tersebut layak untuk dikonsumsi.

Lebih baik anda lebih teliti dalam memberi parcel jangan yang niatnya memberikan senyuman malah duka karena keracunan makanan dari parcel tersebut.

BACA JUGA:   Manajemen Pola Hidup di Bulan Ramadhan

5. Legalitas dari produk isi parcel lebaran

Perlu anda ketahui lihatlah produk apakah terdapat nomor SP, ML, maupun MD. Nomor-nomor ini dikeluarkan oleh BPOM yang menunjukkan tentang izin kelayakan bagi setiap produk makanan tersebut untuk dikonsumsi atau diedarkan.

Nah dari beberapa tips memilih parcel lebaran di atas semoga dapat membantu anda yang akan memberikan parcel kepada orang-orang tersayang. Ramadhan merupakan salah satu moment yang sangat tepat untuk digunakan sebagai waktu berbagi. Dengan memilih parcel yang baik dan benar akan mengurangi resiko hal yang tidak diinginkan.


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda