Tips menghadapi pertanyaan “kapan nikah” waktu lebaran


Hari raya Idul Fitri yang ditunggu-tunggu sudah tinggal menghitung hari. Lebaran yang identik dengan tradisi silaturrahim untuk saling bermaaf-maafan ini memang menjadi hal yang sangat membahagiakan. Akan tetapi, bagi sebagian orang, terutama orang dewasa yang masih single atau belum memiliki pasangan, lebaran justru menjadi momok yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Yup, mereka para jomblo single sakinah harus siap memasang telinga mereka untuk mendengar pertanyaan yang sama dari hampir setiap orang yang mereka temui saat silaturahim. Pertanyaan yang lumayan bikin kuping panas itu adalah “Kapan nikah? Kok masih sendirian aja?”. Nah loh, kamu-kamu yang single mau jawab apa coba jika setiap bertemu dengan orang kalian harus mendengar dan menjawab pertanyaan yang sama tersebut?

Bagi kamu yang dilema dan tidak tahu lagi mau jawab apa alias speechless saat menerima pertanyaan yang bikin lemas itu sebaiknya mulai mempraktekkan jurus ampuh untuk menangkis pertanyaan tersebut. Berikut ini 6 cara menghindari pertanyaan kapan nikah waktu lebaran yang bisa kamu praktekkan.

pertanyaan kapan nikah

Meminta Do’a

Ini adalah cara yang paling diplomatis untuk menghindari pertanyaan kapan nikah. Saat ada kerabat atau teman yang menanyakan hal tersebut kamu bisa menjawabnya dengan meminta do’a pada mereka. Selain sangat sopan, kamu bisa segera kabur atau menyibukkan diri setelah menanggapi pertanyaan mereka tersebut.

BACA JUGA:   Bersenang-senang di atas Penderitaan Orang Lain

A: Kapan nikah?

B: Minta doanya ya

A: …

jeritan hati para jomblo

Mengalihkan Pembicaraan

Saat kamu sedang asyik temu kangen dengan keluarga yang sedang silaturahim ke rumah, hingga larut pada perbincangan yang bertema gado-gado kamu harus segera berantisipasi apabila perbincangan tiba-tiba mengarah pada tema pernikahan. Kamu harus segera mengalihkan pembicaraan dengan mencoba mengajak mereka membahas hal lain sebelum kamu diserang pertanyaan yang sangat sensitif tersebut.

A: Kapan nikah?

B: Eh opornya enak banget yah, ambil lagi yuk

Berpura-pura sibuk sepanjang acara silaturrahim

Apabila acara silaturrahim diadakan di rumahmu, kamu bisa menyibukkan diri dengan membantu menyiapkan hidangan yang akan disuguhkan untuk para tamu. Hal ini sangat efektif untuk menghindari pertanyaan tersebut. Saat kamu tengah sibuk, tentu mereka tidak memiliki kesempatan untuk menanyakan hal itu. Sehingga kamupun bisa terhindar dari pertanyaan yang membuat risih itu.

A: #MauNanya

B: #AngkutGelasKeDapur

Santai, Kasih Senyuman Manismu

Cara yang ini memang sedikit sulit untuk dilakukan, sebab kamu harus menahan rasa sabar dan mau tidak mau kamu harus tersenyum untuk menanggapinya. Tapi itulah yang harus kamu lakukan, jangan perlihatkan ekspresi tidak suka ketika mendengar pertanyaan itu. Bersikaplah dengan tenang dan layangkan senyum termanismu sembari menarik napas dalam-dalam agar kamu menjadi lebih rileks.

BACA JUGA:   Sirik pitik

A: Kapan kamu mau nikah?

B: SMILLEEEEEEEEE 🙂

Mengabaikannya

Cara ini memang kurang sopan, namun apabila kamu memiliki bakat acting yang lumayan, setidaknya kamu bisa menutupi ketidakpedulianmu dengan baik. Anggaplah orang yang bertanya itu seperti alien, lalu berpura-puralah tidak mendengar pertanyaan dari mereka kemudian berlalu pergi. Hal ini bisa menjadi senjata andalan menghindari pertanyaan tersebut.

A: Kapan mau kawin bro?

B: #NGIIIIINGGGGG

Melucu

Ini mungkin akan sangat mudah bagi kamu yang senang bercanda atau handal dalam merespon pertanyaan dengan jawaban banyolan spontan.

A: Kapan nikah ma si X

B: Ntar nunggu abisin rokok dulu

Nah itu tadi beberapa cara yang bisa kamu jadikan senjata saat pertanyaan kapan nikah dilayangkan padamu. Pada dasarnya itu adalah bentuk kepedulian mereka terhadapmu, akan tetapi situasi dan kondisi yang tidak sesuai dengan harapan pada akhirnya membuat kamu merasa sangat tidak nyaman menerima pertanyaan tersebut. Semoga berhasil ya! Klo masih gak berhasil, silahkan coba tips meme berikut ini

 KUMPULAN MEME KATA-KATA KAPAN NIKAH UNTUK

MENGHADAPI MUSIM MUDIK LEBARAN 2016

kapan nikah ga bahagia

pasang tarif kapan nikah

nikah bulan safar

kapan nikah nunggu sidang itsbat

nanya nikah situ ngamplop berapa

tips menghadapi pertanyaan kapan nikah dengan membelah diri

proses pertanyaan kapan kawin

kapan nikah versi dragon ballkapan nikah abis ijab kabul


DMCA.com Protection Status

kapan nikah (7), komentar lucu nikah (2), jangan tanya kapan nikah lucu (2), meme minta kawin (1), meme nikah di bulan safar (1), meme tinggal nikah (1), musim orang nikah (1), nikah bulan safar (1), pacaran itu sama anak tkj (1), pertanyaan lebaran (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

9 tanggapan pada “Tips menghadapi pertanyaan “kapan nikah” waktu lebaran

  • Ida Tahmidah

    (Juli 13, 2016 - 8:25 pm)

    Ah saya juga suka menghindari pertanyaan ini, takut menyinggung lagian urusan nikah kan sdh diatur Allah SWT 🙂

  • Yafni Alris

    (Juli 13, 2016 - 1:02 am)

    "Kapan nikah?"
    "Nikah yang kedua maksud lo?"
    hahaha…

    salam,
    http://alrisblog.wordpress.com

  • Anisayu Nastutik

    (Juli 4, 2016 - 10:14 am)

    Jika saya ditanya kapan kamu nikah
    Jawabanku cukup senyum rasa yakin
    Selamat menyambut Idul Fitri 1437 h
    Mohon maaf lahir dan batin..

  • Travelling Addict

    (Juli 2, 2016 - 11:39 pm)

    Wkwkwk… boleh jg nih idenya

    Salam kenal dr blogger ala2

    • anotherorion

      (Juli 3, 2016 - 4:39 am)

      salam kenal juga mas, makasih dah mampir

  • cputriarty

    (Juni 30, 2016 - 3:02 pm)

    Meski sepele tapi pertanyaan2 spt itu krg sopan saja y.hiks

  • Julian Sukrisna

    (Juni 30, 2016 - 9:22 am)

    Hahahaha, pertanyaan horor itu. 😀

Berikan tanggapan anda