Tips Meningkatkan Order Bagi Seorang Freelancer


Saat ini, semakin banyak pekerjaan dan layanan yang disediakan oleh freelancer. Mulai dari pengembangan website, graphic design, jasa SEO, penulis copywriter, hingga sekertaris pribadi (virtual assistant).

Jika Anda memiliki suatu skill atau kreatifitas tertentu, besar kemungkinan Anda juga bisa menjadi seorang freelancer.

Menjadi seorang pekerja lepas atau freelancer dapat memberikan keuntungan tersendiri. Disamping jam kerjanya yang fleksibel, seorang freelancer juga dapat menghasilkan uang secara fleksibel. Dalam artian ketika seorang freelancer ingin menghasilkan uang yang lebih banyak, maka dia dapat meningkatkan jumlah proyek yang dikerjakannya.

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan order bagi seorang freelancer? Berikut beberapa tips bagi seorang freelancer yang ingin mendapatkan order lebih banyak.

tips meningkatkan job blogger freelancer

  1. Ciptakan Sebuah Brand

Untuk mendapatkan order yang menguntungkan, Anda harus memikirkan bagaimana Anda akan mempromosikan diri Anda dan kinerja Anda. Hal ini disebut juga sebagai “branding”.

Anda perlu menciptakan sebuah brand mengenai apa yang Anda offer dan apa yang membedakan Anda dari freelancer lain. Dengan kata lain, anda harus membangun identitas anda semenarik mungkin.


BACA JUGA:   Tanda Tangan Digital, Apa sih?

Brand yang Anda bangun harus menggambarkan apa kemampuan Anda, dan apa yang Anda offer sehingga Anda dipercaya untuk mengerjakan suatu order.

  1. Buat Portofolio Hasil Pekerjaan Anda

Banyak klien yang tidak hanya melihat Anda dari brand, tetapi juga dari hasil karya atau hasil pekerjaan Anda. Mereka ingin melihat contoh hasil pekerjaan Anda, barulah memutuskan apakah Anda cocok untuk mengerjakan proyek mereka.

Jadi membuat portofolio dari hasil pekerjaan Anda adalah kunci untuk menarik para klien. Selain itu, sertakan juga testimonial dari klien-klien Anda agar calon klien Anda lebih yakin dengan kinerja Anda.

  1. Profesional dalam Bekerja

Profesionalisme tidak hanya dibutuhkan dalam pekerjaan biasa, seorang freelancer pun dituntut harus memiliki profesionalisme dalam bekerja. Dalam mengerjakan sebuah proyek yang diberikan oleh klien, dibutuhkan sikap profesionalisme yang tinggi sebagai tanda bahwa Anda adalah seorang freelancer yang patut diperhitungkan.

Ketika Anda tidak professional dalam bekerja, maka klien tersebut akan merasa kecewa dan tidak puas dengan karya Anda yang akhirnya akan menurunkan kredibilitas Anda.

Deddy, salah satu manager dari sebuah digital agency di Jakarta, mengakui bahwa di perusahaannya juga sesekali menggunakan jasa freelancer seperti copywriter dan graphic designer. Menurutnya saat ini memang banyak perusahaan yang membutuhkan jasa freelancer karena sistem kerjanya yang fleksibel (pay per project) dan dibayar hanya saat diperlukan saja.

Artinya, ini merupakan peluang bagi Anda para freelancer yang ingin meningkatkan order dari klien. Dengan tips-tips diatas, Anda bisa meningkatkan kredibilitas Anda sebagai seorang freelancer dan juga Anda bisa menghasilkan uang yang lebih banyak dari proyek-proyek tersebut.



DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda