Tips menjaga daya tahan tubuh di musim pancaroba


Musim pancaroba, sebagai musim peralihan antara musim kawin ke musim kemarau merupakan salah satu musim yang banyak menyebabkan daya tahan tubuh manusia dan kesehatan menurun. Pergantian cuaca selama periode peralihan ini turut membuat badan lebih mudah drop, siang kepanasan di jalan, sorenya langsung diguyur hujan deras.

Tidak heran jika di musim pancaroba banyak orang mengalami batuk pilek, mulai dari balita hingga kakek nenek biasanya akan terserang penyakit musiman ini. Nah bagaimana caranya biar daya tahan tubuh kita tetap terjaga di musim galau semacam ini?

Ada beberapa tips yang bisa dipraktikan teman-teman semua untuk menjaga daya tahan tubuh selama musim pancaroba

Sering minum air putih

Kebutuhan minimal konsumsi air putih harian manusia adalah 8 gelas sehari. Air putih dapat menggantikan ion-ion tubuh yang hilang akibat aktifitas sehari-hari. Dengan terjaganya kadar air dalam darah, selain mampu mencegah dehidrasi juga menjaga agar kepala tidak mudah pusing, gampang stress dan badan tetap terasa segar.

BACA JUGA:   Glue Gun: perekat serba bisa

Makan buah segar

Buah-buahan merupakan sumber antioksidan dan serat untuk tubuh kita, selain itu buah-buahan yang mengandung vitamin C sangat disarankan untuk menjaga daya tahan tubuh. Buah seperti pisang, jeruk, apel dan lemon baik sebagai sumber vitamin tubuh.

cara menjaga daya tahan tubuhMinum susu

Susu yang berasal dari hewan maupun dari tumbuhan hijau seperti kacang hijau dan kedelai boleh dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Susu dapat meningkatkan kekebalan tubuh, serta memberikan asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Jika tidak menyukai susu segar, bisa diganti dengan mengkonsumsi yoghurt, keju atau makanan lain yang mengandung susu.

Mengkonsumsi madu

Mengkonsumsi madu sangat disarankan selama proses penyembuhan atau pada saat ingin menjaga daya tahan tubuh agar tetap terjaga. Madu dapat meningkatkan kekebalan tubuh, antibiotik serta antiseptik.

Olahraga di tempat terbuka

Untuk menjaga ritme badan dan anggota tubuh agar ikut bergerak, berolahraga ringan semacam lari pagi bisa dilakukan untuk menyegarkan tubuh. Dengan berolahraga di tempat yang terbuka seperti taman juga membantu pikiran menjadi lebih rileks, sirkulasi udara dalam tubuh menjadi terjaga dan siap untuk menghadapi tantangan di kantor.

BACA JUGA:   Fortuna

Hindari stress

Mengingat musim pancaroba merupakan musim yang sering menimbulkan gangguan kesehatan, selain dengan menerapkan pola hidup yang sehat, kita juga perlu menghindari stress akibat permasalahan di tempat kerja ataupun di rumah. Jika pikiran stress lalu berimbas pada kesehatan tubuh, bukankah malah akan semakin menghambat progress kerja kita di tempat kerja?

Hindari begadang

Suhu udara malam hari di musim pancaroba umumnya lebih dingin dibanding musim penghujan. Perubahan drastis semacam itu terkadang menghasilkan respon tubuh yang tidak kita harapkan, hasilnya masuk angin, demam, pilek dan lain sebagainya. Sebisa mungkin hindari aktifitas begadang di malam hari, dan memaksimalkan waktu malam untuk beristirahat dengan tenang.


DMCA.com Protection Status

musim pancaroba sirkulasi tubuh (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda