Tips Merawat Rice Cooker Agar Tetap Awet


Merawat perabotan rumah merupakan kegiatan yang bisa dibilang susah-susah gampang. Dibutuhkan ketlatenan ekstra agar semua perabotan tersebut bisa tetap awet. Terutama peralatan dapur yang mana intensitas pemakaiannya jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan perabotan lainnya.

Berbicara mengenai peralatan dapur, rice cooker menjadi salah satu peralatan dapur yang paling sering digunakan. Sifatnya yang praktis membuat banyak ibu rumah tangga memilih rice cooker sebagai alternatif untuk menanak nasi. Dengan demikian, tidak heran jika penggunaannya terbilang sangat sering apabila dibandingkan dengan peralatan dapur lainnya.

Mengingat setiap hari anda menggunakan rice cooker untuk memasak nasi, maka sudah seharusnya anda mulai memutar otak agar rice cooker anda tersebut tetap awet. Meskipun sifatnya sangat praktis dan mudah, bukan berarti rice cooker anda bebas dari ancaman kerusakan loh! Jadi mulai rawat rice cooker anda dengan baik ya agar fungsi dari rice cooker bisa tetap anda dapatkan.

Nah, bagi para bunda yang masih bingung bagaimana cara merawat rice cooker, berikut ini akan kami paparkan ulasan tentang tips merawat rice cooker agar tetap awet.

Jangan mencuci beras memakai panci rice cooker

Terdengar sederhana bukan? Tapi jangan salah, ternyata mencuci beras menggunakan panci rice cooker tersebut dapat membuat lapisan anti lengket yang ada pada panci terkikis. Dan jika hal ini dilakukan secara kontinyu, tentu saja akan mengurangi fungsi dari panci rice cooker itu sendiri.

Jadi mulai sekarang cucilah beras menggunakan wadah lain ya bunda, agar lapisan anti lengket yang terdapat pada panci tetap terjaga.

Lepas stop kontaknya


BACA JUGA:   Langkah Sederhana Agar Kompor Gas Tetap Awet

Apabila rice cooker tidak digunakan untuk menanak atau menghangatkan nasi, sebaiknya segera lepas stop kontaknya. Selain untuk meminimalisir penggunaan listrik, hal itu juga bisa menghindari kerusakan yang mungkin ditimbulkan dari rice cooker yang tidak dipakai namun masih ada daya listrik yang mengalir.

Biasanya, jika stop kontak dibiarkan menancap saat rice cooker tidak digunakan dapat membuat bagian dalam rice cooker menjadi gosong dan berbau. Pastinya bunda tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Masak nasi sesuai dengan takaran yang dianjurkan

Pada panci bagian dalam biasanya terdapat parameter takaran air dan beras. Dengan menyesuaikan takaran air dan beras sesuai dengan takaran yang ada, akan membantu membuat rice cooker anda tetap awet.

Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Sebab jika terlalu banyak, bisa jadi justru membuat nasi kurang matang dan meluber ke luar. Dan apabila terlalu sedikit, kemungkinan bisa menimbulkan bau gosong pada rice cooker karena daya panas yang dihasilkan tidak sepadan dengan jumlah beras yang dimasak. Alhasil, rice cooker anda bisa gosong.

Rutin memeriksa penampung uap air

rice cooker turbo indonesia

rice cooker Turbo Indonesia

Biasanya pada bagian belakang (dekat) bagian tutup rice cooker terdapat penampung uap air. Nah, agar nasi anda tetap terjaga rasa dan kelezatannya, usahakan untuk rutin memeriksa penampung tersebut. Jika sudah penuh, segera buang air yang ada di dalamnya. Sebab, apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, air yang terdapat pada penampung air bisa berubah warna dan akhirnya menimbulkan bau yang tidak sedap.

Hindari menggosok panci dengan kawat

Karena pada panci terdapat lapisan anti lengket, maka usahakan untuk menghindari hal-hal yang bisa membuat lapisan tersebut terkikis. Dan salah satunya adalah dengan tidak menggosok panci menggunakan kawat.

BACA JUGA:   FAKTOR PENGHAMBAT PENJUALAN APARTEMEN

Kawat yang biasanya digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel pada peralatan dapur memang bisa mempermudah aktifitas mencuci peralatan dapur anda tersebut. Namun jika itu anda gunakan untuk mencuci panci rice cooker, yang ada justru mengurangi kualitas dari panci itu sendiri.

Untuk mencuci panci rice cooker, sebaiknya menggunakan spon cuci piring. Akan tetapi, untuk memudahkan membersihkan sisa-sisa nasi yang menempel pada panci, rendamlah panci dengan air panas. Diamkan beberapa menit, lalu gosok-gosok dengan spon.

Jaga kebersihan badan rice cooker

Meskipun bagian dalam rice cooker merupakan bagian yang rentan dan harus ekstra diperhatikan. Namun bukan berarti anda boleh mengabaikan kebersihan badan rice cooker. Untuk membersihkannya cukup mudah, ambil lap basah lalu gunakan untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel. Walaupun terlihat sepele, tapi bisa jadi kotoran atau debu yang tidak dihilangkan tersabut menjadi sarang kuman dan bakteri.

Nah demikian tadi tips-tips merawat rice cooker agar tetap awet. Akan tetapi jika saat ini rice cooker milik anda sudah terlanjur rusak dan sudah tidak bisa diperbaiki lagi, anda bisa membeli rice cooker yang baru di Turbo Indonesia. Apabila nanti sudah memiliki rice cooker yang baru, jangan lupa untuk menerapkan tips-tips di atas ya bunda, agar rice cooker tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Semoga artikel di atas bermanfaat ya!


DMCA.com Protection Status

cara membuang air yang ada dibelakan rice cooker (3)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda