Tips Merencanakan keuangan Keluarga dengan Mengatur Gaji untuk 1 Bulan


Terkadang masih banyak kepala rumah tangga atau ibu rumah tangga yang masih bingung bagaiamana cara mengatur gaji suami untuk satu bulan agar mencukupi berbagai kebutuhan dan untuk menabung. Manajemen keuangan keluarga sangatlah dibutuhkan oleh setiap pasangan suami istri yang baru melangsungkan pernikahan ataupun bagi yang sudah lama. Dalam menerapkan pola perencanaan keuangan keluarga menjadi lebih baik dibutuhkan kedisiplinan yang cukup tinggi agar anda tidak membelanjakan uang pada suatu hal yang dirasa tidak terlalu penting. Berikut ini akan saya paparkan beberapa tips merencanakan keuangan keluarga dengan cara mengatur gaji untuk 1 bulan:

1 . Hal yang pertama harus anda lakukan adalah membuat perencanaan dengan menyusun pengeluaran keuangan per bulan. Kelompokanlah pengeluaran harian yang memiliki frekuensi harian, mingguan sampai bulanan. Kita ambil contoh misalnya pengelompokan pengeluaran harian seperti uang parkir, biaya belanja dapur sehari-hari, makan siang dan sebagainya. Sedangkan untuk pengeluaran bulanan seperti pembayaran listrik, pembayaran internet dan sebagainya. Dengan manajemen keuangan keluarga cerdasĀ seperti ini nantinya anda dapat mengontrol keuangan harian dan bulanan dan mengetahui berapa uang yang akan disisihkan perbulan dan perharinya.

BACA JUGA:   Belanja Peralatan Elektronik di Toko Online Murah

2 . Untuk selanjutnya, usahkanlah untuk membatasi penarikan uang tunai melalui ATM tanpa terkendali. Hal ini diperlukan sebuah kedisiplinan yang cukup tinggi dimana anda harus melatih diri anda untuk tidak membelanjakan atau menarik uang untuk kebutuhan yang kurang diperlukan karena hanya akan menyebabkan pemborosan keuangan keluarga saja. Usahkanlah hanya melakukan penarikan satu minggu sekali saja sebagai penarikan untuk keperluan kebutuhan keluarga anda.

3 . Syarat yang paling utama dalam mengatur gaji anda untuk satu bulan adalah dengan mengaturnya melalui pos pengeluaran yang sudah anda buat sebelumnya. Agar anda dapat sukses melakukan hal ini maka anda pun dapat menggunakan beberapa rekening tabungan yang digunakan untuk keperluan berbeda-beda seperti untuk living, saving dan playing. Khusus untuk mengisi rekening saving haruslah dibuat debit otomatis dari rekening gaji bulanan yang anda miliki saat ini.



DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda