Tips Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Bersama Anak


Lebaran sudah hampir tiba, begitu juga musim mudik lebaran. Mungkin sudah mulai banyak keluarga yang mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman. Tentunya saat mudik lebaran semua anggota keluarga diajak begitu juga dengan buah hati.

Bagi anda yang masih memiliki anak balita atau anak yang belum bisa mengurus dirinya sendiri, saat mudik dibutuhkan berbagai macam persiapan. Mudik lebaran akan menjadi momen yang tidak terlupakan dan memberikan pengalaman bagi sang buah hati.

Mudik bersama anak akan lebih sedikit ribet namun sangat menyenangkan. Namun jangan sampai kondisi perjalanan dan kurangnya persiapan akan membuat mudik menjadi merepotkan dan berantakan.

Jika anda akan mudik lebaran bersama anak disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena hal ini akan membuat anak lebih nyaman dibandingkan pergi menggunakan kendaraan umum. Adapun yang harus diperhatikan pada saat akan mudik bersama anak.

1. Mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik

Perhatikan terlebih dahulu kendaraan pribadi yang akan anda gunakan sebelum melakukan perjalanan. Saat mudik lebaran tentunya jalanan sangat macet karena banyak juga orang yang melakukan mudik.

Oleh karena itu dibutuhkan kendaraan yang memiliki stamina, jika anda menggunakan kendaraan yang mudah mogok maka hal ini akan mempersulit keadaan. Sedangkan anak akan merasa jenuh maupun bosan saat berada di dalam kendaraan.

BACA JUGA:   8 Menu Buka Puasa Paling Populer di Kalangan Anak Muda

2. Saat mudik anak duduk di belakang

Apapun kendaraannya dudukan anak di kursi belakang, bisa saja didudukkan pada kursi baris kedua. Hal ini tentunya untuk menjaga keselamatan sang buah hati. Jangan pernah saat mudik lebaran mendudukkan anak di kursi pertama, karena biasanya anak yang bosan akan langsung mengganggu konsentrasi pengemudi.

Di beberapa negara sudah terdapat undang-undang tentang anak yang harus duduk dibarisan kedua dengan menggunakan car seat.

3. Sediakan ruang gerak anak

Di dalam sebuah perjalan pun anak-anak sangat membutuhkan ruang gerak. Akan lebih menyenangkan jika anak mendapatkan ruang gerak yang cukup, karena masa anak-anak tidak lepas dari keunikan atau banyak bergerak.

mudik-lebaran-bersama-anak Tips Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Bersama Anak  wallpaper

Jika boleh disarankan anda sebaiknya menggunakan mobil-mobil head room yang tinggi dan leg room yang lega. Karena sang anak akan lebih nyaman dan tenang saat melakukan perjalanan jauh.

4. Light packing

Saat mudik lebaran anda juga harus memastikan untuk semua barang-barang dikemas dengan rapi. Barang-barang bawaan yang tidak dibutuhkan di perjalanan selama mudik sebaiknya disimpan di bagasi atau kursi paling belakang. Jangan sampai menumpuk di samping sang anak. Karena hal ini akan melukai sang anak bahkan juga dapat membuat anak merasa tidak nyaman.

5. Mempersiapkan keperluan jika anak mabuk di perjalanan

Selama perjalanan mudik kendala yang sangat merepotkan adalah mabuk perjalanan. Oleh karena itu persiapkan semua yang diperlukan untuk mengatisipasi hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya persiapkan plastik apabila anak mengalami muntah, dan juga persiapkan kantong plastik untuk tempat sampah jang buang sampah sembarangan apa lagi muntahan.

BACA JUGA:   Bapers talk; Manajemen stress ala bapak blogger

Selain itu juga siapkan baju ganti agar anak yang muntah di baju akan lebih nyaman setelah mengganti bajunya. Jika anak sudah dapat mengonsumsi obat, sebaiknya beri dia obat agar tidak mabuk selama perjalanan.

6. Membawa semua perlengkapan anak yang dibutuhkan

Bawalah barang-barang yang sangat dibutuhkan sang anak seperti tisu, botol minum, pensil warna, mainan anak, baju ganti, dan kebutuhan lainnya. Anak akan mudah bosan oleh karena itu dengan membawa mainan akan mengurangi resiko anak jenuh saat berada di perjalanan.

7. Membawa makanan ringan

Nah untuk barang yang sangat wajib dibawa saat mudik bersama anak adalah makanan ringan. Saat macet biasanya anak akan mudah lapar dan rewel, dengan memberi mereka camilan maka akan mengurangi resiko tersebut.

Demikian beberapa tips mudik bersama anak yang dapat dicoba. Jangan sampai mudik anda menjadi menyebalkan karena anak yang rewel karena kurangnya persiapan.


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

1 thought on “Tips Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Bersama Anak

    alrisblog

    (Juni 8, 2017 - 2:00 pm)

    Bagus juga membawa mainan untuk anak. Perjalanan yang panjang membuat anak cepat bosan. Dengan adanya mainan minimal menghalihkan perhatiannya sampai tertidur.
    Selamat mudik, bagi yang mudik.

Berikan tanggapan anda