Tragedi Copernic


Ada yang tahu Copernic desktop search??? ada yang pernah make?? apa malah pernah pake aplikasi sejenis macem google/yahoo desktop??



Sebagai pengguna Copernic yang dah ngerasain bermanfaatnya nih program bete rasanya klo aplikasi ini malah error, dah sempet download n nginstal versi terbaru 3.6 tapi tetep aja masalah sama, yaitu main windows ga bisa ditampilin, sedihnya..T_T

Ngomong apaan sih lu yo? gw kagak ngerti??

Huwaaaahhhh begini sodara2, pernah nyari file di windows?? pernah?? pasti pernah kan???nah kalian pasti menggunakan fasilitas search yang ada di windows explorer kan? nah ya itu, bener!

Search explorer yang bawaan windows emang bagus buat nyari file2 yang kita cari tapi lupa judulnya, atau cuma inget eksistensinya, gede kecilnya or sekedar nyari kapan terakhir kita modified. ketika search kita jalankan, windows akan melakukan indexing file2 yang ada di komputer dan mencocokkannya dengan keyword/ ketentuan yang udah kita setting sebelumnya.

Tapi kelemahan search explorer adalah LAMA!!!! dan bakalan LAMA BANGET nemuin file yang kita maksud klo kita nyari berdasar keyword kalimat dalam sebuah file, soalnya setiap file yang dibuka akan dicari satu persatu kesamaan dengan keyword kita. Kebayang kan nyari sebaris tulisan “media pembelajaran” di sebuah file yang entah bernama n berada dimana? sementara hardisk dan file kita berjubel banyaknya.

Nah makanya aku lebih suka pake program desktop search gratisan, macem Copernic, Google Desktop, atau Yahoo Desktop, kenapa?? begini cara mainnya

Ketika Program tersebut aktif di taskbar dia akan melakukan indexing file computer kita, ya dia akan bergerak memantau dan mengklasifikasikan setiap data dalam file kita dan disimpan dalam file indexnya, nah jadi ibaratnya hardisk kita sebuah buku besar, program ini akan menjadi daftar isi sekaligus glossariumnya, jadi kita tinggal ketik “media pembelajaran” maka semua file yang mengandung kata ini akan langsung terpampang ga pake lama.

Yang aku suka dari Copernic dibanding dua desktop search lainnya kemudahan penggunaan dan fasilitas reviewnya, jadi klo nemu file dokumen, text, html atau PDF n kita pengen liat isi file tersebut ga repot2 harus buka MsWord, Adobe Reader dsb coz langsung keliatan dari Copernic (kayak contoh gambar itu) mo dengerin hasil pencarian Mp3 langsung klak klik dari situ ga harus buka WMP apa winamp, klo keywordnya salah tinggal ganti keyword, trus liat lagi list laporan kerja copernic, ga nemu file yang dimaksud, ketik lagi dan langsung nongol lagi 😀

Dan berhubung Copernicku error, hedewwww mangkelnyahhhhh cuma bisa lewat taskbar doang nih, artinya ga bisa ngintip file, harus dibuka satu2, tapi emang sih masalah kecepatan mah tetep wus wus tp klo ga bisa ngintip T_T

Ada yang punya referensi desktop search gratis lain yang sepowerfull Copernic??? klo Google desktop sama Yahoo sih makasih, ga bisa buat ngintip file sih!!


gambar nyolong dari brothersoft ugh


DMCA.com Protection Status

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda