Troubleshooting UKK TKJ 2016 Paket Debian Server


Paket UKK 2016 TKJ menggunakan Linux untuk membuat web dan DNS server untuk anak-anak di sekolah memiliki beberapa masalah yang rutin dihadapi. Memang untuk soal UKK nya menggunakan Linux Ubuntu, tapi karena di sekolah sudah biasa make Debian, aku ambil inisiatif untuk menggunakan Linux Debian 6 sebagai OS server ujian UKK di sekolah.

Beberapa masalah yang muncul saat latihan UKK diantaranya

  1. ping domain tidak mendapatkan reply
  2. nslookup domain mendapat respon non-authoritative answer
  3. gagal melakukan instalasi paket
  4. tampilan web muncul error establishing a database connection

Dan berikut penjelasan troubleshooting UKK TKJ 2016 nya

Ping Domain Tidak Mendapatkan Reply

Meskipun sebelumnya siswa telah mengubah isi file /etc/resolv.conf dengan mengisi domain, search dan nameserver sesuai konfigurasi yang diberikan, karena adanya update dhcp client disisi internet yang mengubah isi file /etc/resolv.conf secara berkala. Untuk mencegah hal tersebut, ubah attribut file /etc/resolv.conf menjadi read only dengan cara mengetik

chattr +i /etc/resolv.conf

Sedangkan untuk mengedit file tersebut, sebelumnya ketikkan perintah diatas lagi dengan mengubah simbol + menjadi -. Setelah itu seharusnya ping domain lokal sudah bisa mendapatkan reply.

troubleshooting UKK

Nslookup domain mendapat respon dari non-authoritative answer

Kemungkinan pertama adalah aplikasi bind9 belum terinstall. Untuk menginstallnya harus mengetikkan perintah

apt-get install bind9

Setelah diinstal jangan lupa mengkonfigurasi file sesuai dengan kebutuhan soal yaitu membuat file db.192, db.namadomain dan membuat dua zone baru untuk zone “192” dan zone “namadomain”.

Untuk memudahkan membuat file db.192, bisa dengan cara pindah dulu ke direktori bind, lalu mengcopy  file db.127 ke db.192 dan mengedit isi file db.192 dengan perintah

cd /etc/bind/

cp db.127 db.192

nano db.192

Dalam file db.192, ubahlah semua yang bernama localhost menjadi namadomain. Misal jika sesuai soal menjadi siswa.sekolah.web.id, biarkan semua atribut tanda baca yang ada sesuai aslinya. Lalu ubahlah reverse ip dari 1.0.0 menjadi 1.50.168 atau sesuai soal yang diberikan. save file tersebut.

BACA JUGA:   Persiapan final UKK 2014-2015

kemudian mengcopy file db.local menjadi db.namadomain dan mengeditnya dengan perintah

cp db.local db.namadomain

nano db.namadomain

Di file nama domain, ubah lagi semaru ua nama localhost menjadi nama domain yang diminta. Ubah juga ip 127.0.0.1 menjadi 192.168.0.1

Selanjutnya yang terakhir mengisi 2 zone di file named.conf.default-zones caranya ketik

nano named.conf.default-zones

Lalu tambahkan 2 zone dengan mencontoh zone localhost dan zone 127.in-addr.arpa. Letaknya bebas, yang penting dalam satu zone diawali nama zone dan diakhiri curly braces + titik koma. Isi zona nya sebagai berikut

zone “siswa.sekolah.web.id” {

type master;

file “/etc/bind/db.domain”;

};

zone “192.in-addr.arpa” {

type master;

file “/etc/bind/db.192”;

};

Setelah itu restart bind dengan menggunakan perintah

service bind9 restart

Gagal melakukan instalasi paket

Kegagalan melakukan instalasi paket biasanya karena siswa terlebih dahulu tidak mengecek isi file repositorynya di /etc/apt/sources.list. Untuk pilihan sumber repository bisa menggunakan CD instalasi atau menggunakan repository online, untuk UKK kali ini saya sarankan menggunakan repository online.

Masuk ke file sources.list dengan mengetik perintah

nano /etc/apt/sources.list

Tambahkan simbol hashtag untuk semua barisnya. Setelah itu buat baris baru yang berisi salah satu alamat repository online, dalam hal ini saya menggunakan repository milik universitas Indonesia.

deb http://kambing.ui.ac.id/debian/ squeeze main contrib non-free

Setelah di save tinggal update apt nya menggunakan perintah

apt-get update

Baru setelah berhasil mendapatkan update index repositorynya bisa melakukan instalasi paket yang diinginkan.

BACA JUGA:   Cara mengatasi loading lama pada OS windows

Tampilan Web Error Establishing a Database Connection

Error semacam ini bisa terjadi saat siswa telah melakukan upload file wordpress ke hosting tetapi tidak mendapatkan tampilan wordpress sebagai mana mestinya, padahal direktori utama pada file /etc/apache2/sites-avaliable/default sudah diubah sesuai soal. Penyebabnya bisa jadi karena beberapa hal, diantaranya paket pendukung yang belum diinstalasi, untuk itu silahkan mengetikkan perintah instalasi paket pendukung yang mungkin belum terinstall dengan perintah

apt-get install php5 phpmyadmin mysql-server -mysql-client

Setelah semua paket berhasil terinstall, sekarang ketikkan di browser klien siswa.sekolah.web.id/phpmyadmin. Untuk login gunakan username root dan password milik root. Di phpmyadmin silahkan create database nama bebas misal “siswa”

Setelah kita mengubah isi database. Di server silahkan buka file wp.config-sample.php dengan nano. Ubahlah nama database sesuai nama database yang kita buat di phpmyadmin, lalu isikan username dengan root, dan passwordnya sesuai password root. Simpan file tersebut sebagai wp-config.php

Buka browser kembali lewat client menggunakan alamat siswa.sekolah.web.id. Jika berhasil maka akan muncul tampilan instalasi wordpress. Isikan saja semua kolom dan ikuti perintah instalasi. Setelah ada permintaan login. Bisa kita skip dengan memasukkan alamat siswa.sekolah.web.id sekali lagi maka akan muncul tampilan wordpress di domain tersebut.

Selamat menempuh Ujian Kompetensi Kejuruan TKJ 2016


DMCA.com Protection Status

Troubleshooting web server linux debian indonesia (2), debian tkj (1), Latiha linux debian ukk (1), membangun dns server dan web server pada debian linux (1), persiapan ukk tkj harus belajar debian (1), soal tkj tentang debian (1), Troubleshooting web server linux debian indo (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda