Uniquely Mulkipli


Tidak pernah kepikiran sama sekali klo terdamparnya aku di pantai Mulkiply akan berlanjut sampai kedanan seperti ini, awalnya yang cuma nyoba nyari webhosting buat tugas kuliah ealah akhirnya malah menjadi ajang pertemanan terbaik di dunia maya *versi pribadi.

Meskipun status multiply bagi kebanyakan orang cukup meragukan? entah berkelamin social networking atau blog, justru buatku disitulah chemistry yang bikin aku addict banget sama MPers. Beda sama wordpress, Blogspot, Friendster apalagi Fesbuk.

Alasanku sederhana, ketika aku nyoba tempat lain semacem Freewebs, WP, atau Blogspot cukup sulit mendatangkan pengunjung ke tempat kita, salah satu caranya adalah blogwalking, tapi sayang, cara ini kurang simpel buatku, tidak selalu orang yang ngasih komen akan datang lagi ke tempat kita, sekedar buat menengok repliyan kita, atau ketika kita mampir ke tempat orang, kita mungkin ga sempat untuk ngulik dulu komennya dirumah siapa n di posting yang mana? Selain itu tidak ada template Javascript yang berserakan mengganggu pemandangan, minim jebakan betmen. Sebagian besar MPers adalah orang yang sopan, sangat jarang ada ID MP yang hobby ngisi konten BB+, membuat ID kosong khusus buat trooling, meskipun tentu saja selalu ada orang2 yang berpikir demikian.

Sebagai social networking, kita tidak akan kesulitan untuk saling berinteraksi secara kontinyu dengan user lain, ada fasilitas inbox, yang memudahkan kita mensortir jejak aktivitas kita selama ngempi, dan tentu saja postingan kita lebih terlindung dari orang yang suka komen anonymouse, jengkel kan klo apa yang sudah kita pikirkan, kita tuliskan akhirnya menjadi bahan ejekan, hinaan oleh orang2 yang pengecut karena ga berani menunjukkan mukanya?? Ga bisa balas dendam kan ga enak. Nah disini komengtator bukan hanya seorang yang berlalu dari kehidupan kita begitu saja, setiap komentator adalah tamu, seorang yang rela datang berkunjung dan menjalin persahabatan, bertukar pikiran mungkin sampai ada yang saling gontok2an.

Kita bisa menyebut mereka sahabat, sesuatu yang terbilang lumrah bagi sebuah social networking, ada rasa bahagia yang bener2 ketika kita ngeOOT bersama, saling bersimpati dan memberi solusi, sedih ketika seseorang memutuskan kontak, vakum, say goodbye to MP. Bahkan beberapa berlanjut sampai ke jenjang pernikahan, hmmm. Belum pernah aku temukan interaksi maya yang terasa bener2 nyata.

Setiap Mpers masuk ke MP dari sudut yang berbeda, ada yang masuk lewat pintu depan ,melompat dari jendela, mbobol genteng, ngeduk lemah atau masuk lewat cerobong asap kayak aku, masing2 berangkat dari ide berbeda, pengen cari suasana baru, temen baru, pengen curhat, mbuang uwuh, berbagi tips, kesangkut, dikomporin. Perbedaan itu tidak pernah menjadi masalah ketika masing2 pihak saling menjadi OOTer.


Poin utama di MP selain interaksi adalah pemikiran, mungkin MP tidak seheboh FB dan FS dimasa jayanya, tidak setenar WP dan BS pun demikian interaksi disini buatku lebih hidup, lebih personal, lebih sumringah dan berwarna, ini karena setiap ID MP adalah unik, dan semuanya berusaha menampilkan dirinya apa adanya, ada yang hobby nulis tentang diri sendiri, lingkungan, politik, agama, cara hidup, cinta, berbagi ilmu, tips dan tentu saja semuanya ditulis dalam tulisan yang runut, tidak terpotong dalam satu dua kata kayak status FB. Berusaha untuk membuat pembacanya memahami maksudnya, dengan alasan, argumen dan harapan yang benar2 dirasakannya, secara tidak langsung akan membantu orang lain baik yang seide maupun tidak untuk mendapat wawasan baru, sudut pandang lain, pemahaman yang lebih kompleks dari setiap permasalahan yang dihadapi.

Klo menurut definisi mbak nita dan pak tiar, MP bagiku bener2 oplosan madu dan racun yang bikin ketagihan, aku kecanduan rasa persahabatan disini, kehangatan, keOOTan, belajar banyak pengetahuan, kegilaan, sudut pandang baru, pemahaman berusaha menghargai setiap perbedaan bahwa setiap ID adalah unik, baik itu seide maupun tidak, bahwa kita masih tetap bisa saling berinteraksi dan menghargai meskipun kita berbeda.

As Homy As Multiply

Gak peduli MP itu kategori madu apa racun, yang pasti tetep ditenggak deh
Aku masih ingin terus bertahan di sini, bagaimana dengan kalian?
Apa yang membuat kalian tetap bertahan di Multiply??

 


DMCA.com Protection Status

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda