Verification Cocod


Penting gak sih acara vercod di MP? verification cocode adalah algoritma kode yang digunakan untuk mengecek apakah orang yang ingin melakukan komentar adalah manusia atau spam bot. Sejak keberadaan email spam adalah musuh yang susah buat dihalau, mereka mengirimkan ratusan email secara acak tanpa permisi, membutuhkan campur tangan user untuk menandai spam yang masuk ke inbox. Ini jelas gak mudah.

Tidak jarang spam bot menginfeksi computer yang terkirim dan menjadikannya sebagai server baru untuk kembali memforward serangan tersebut ke semua computer yang terhubung diinternet. Sepuluh tahun yang lalu Slammer, Nimda, Red Code, Klez berhasil melumpuhkan jaringan internet dunia, membuat traffic internet menjadi berat sehingga akses internet sangat lambat.

Kemunculan blog menambah kemungkinan semakin banyaknya spam di dunia maya. Bukan hal yang aneh klo di luar MP banyak spam bot beredar yang dibuat sekedar untuk mendeteksi adanya kolom komentar kemudian membuat komentar anonymous di semua halaman yang dibuka.

Meskipun tidak semua spam bot berbahaya, tetapi komen yang sama di banyak website, bersifat OOT (biasanya komen sebatas mengiklankan produk tertentu) tentu sangat mengganggu. Belum klo ternyata komen tersebut mengandung kode trojan.

Untuk mencegah serangan spam bot ini beberapa website menerapkan verification code di setiap kolom komentarnya. Mungkin ini juga yang bikin kaskuser sangat senang mendapatkan sertifikat ISO, karena emang harus manual n gak mudah. Verification code bisa berupa gambar kode acak, pertanyaan aritmatik, tebak warna atau menuliskan kembali kata dalam kalimat.

Yang paling kampret mungkin forum semacam kaskus yah? setiap mo reply harus mengisi kolom vercod. Di blog2 di luar MP pun menerapkan standar yang sama, minimal klopun ada komen iklan sudah pasti yang komen adalah manusia bukan mesin.

Sekarang gimana klo vercod di MP?

Mungkin vercod di MP dimaksudkan untuk mencegah adanya spam bot beredar di MP, melakukan komentar anonymouse disetiap halaman user MP yang terindex di google.  Perlindungan ini mungkin memang perlu, meskipun memang mengganggu para MPers, tapi klo vercod muncul setiap 6-7 komentar seperti hari ini apa itu wajar? mengingat MPers termasuk komunitas paling getol urusan komen. Yakin kok di MP nggak ada akun robot, klo akun klonengan sih mungkin banyak yo? hihihi

Lagipula vercod di MP kualitasnya jelek, cacad

  1. kenapa jelek karena huruf gak bisa dibaca sama user, jaraknya juga dempet2, m – n – r bisa keliatan sama, c – e – a mirip klo dah kena coretan, 1 dan l susah dibedain. 
  2. ketika vercod sukses maka langsung di direct ke halaman reguler, notes yang tadinya ada di alamat http://multiply.com/mail/message/USER_ID:notes:NO_NOTES menjadi alamat reguler http://USER_ID.multiply.com/notes/item/NO_NOTES, nggak terlalu masalah bagi pengguna PC, bayangin gimana setresnya pengguna versi mobile yang bandwithnya terpaksa disedot aktivitas berverification cocod ini? loading halaman vercod aja lama, vercod pakenya gambar jelas makan bytes lebih banyak
  3. Belum pernah menemui tipe komen yang terindikasi dari spam bot, klo spam seller sih banyak
  4. Vercod dapat mengakibatkan misuh, ilfil dan cangkeman
Jadi saran nih buat para ngadimin

  1. diatur vercod minimal seratus reply atau sehari sekali untuk pengguna reguler,
  2. pengguna mobile bebaskan saja dari vercod toh link pengguna mobile memang sudah terpisah dari reguler. Klopun dipaksa vercod bikin vercod yang ramah lingkungan cuma algoritma aritmatik berbasis teks kek
  3. Kualitas vercod ditingkatkan jangan bikin vercod yang gak bisa dibaca manusia apalagi robot.
  4. Cangkeman itu biasa, tapi ciak wingking itu lain soal, jadi nek admin ngerasa itu berat ngomong aja, jangan ada penyerang belakang diantara kita
NB: usul klo verification cocodnya kek gini aja gimana yah?


Karena rasa tak pernah bohong

gambar dari sini dan sini




DMCA.com Protection Status

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda