VMWare-an


Hari ini nginstal beberapa Operating System (OS) ke VMware, sejenis aplikasi virtual OS, yang berfungsi membuat OS dalam OS atau istilahnya guest OS, ngapain buat OS dalam OS? ya buat belajar or simulasi. Virtual OS digunakan untuk melakukan simulasi/latihan serangan virus, membuka file mencurigakan yang punya kemungkinan merusak OS utama, mengeksplorasi OS lain (varian linux, windows atau BSD) tanpa meninggalkan OS utama.
Sayange yang berhasil keinstal cuma winXP, nginstal Xandros gak jadi gara2 kabel USBnya kegeser sama nyonyah, nginstal Ubuntu, ubuntung tenan CDne macet di 85% instalan, gembus.
Sebenernya masih ada beberapa virtual OS yang bisa dipake selain VMware, ada virtualbox, paralel dan beberapa lainnya. kenapa milih VMware? masalahe sik nduwe file e kuwi e, virtualbox juga punya tapi keburu nginstal VMware kok.
Di VMware ini kita berbagi pakai juga koneksi modem yang kutancepin di OS utama, seharusnya koneksi modem itu hanya tershare di wireless LAN ke laptop nyonyah, jebul di VirtualLANnya VMware juga konek.
Tentu aja bukan tanpa kasus namanya juga mesin virtual yang dijalankan dengan nyolong resource OS utama, waktu aku njalanin winamp di OS utama hasile bluescreen deh, virtual disk yang dibutuhkan juga recommendednya lumayan gila2an, buat OS XP aja butuh 40GB, padahal OS XP resmi hanya 2 GB, tapi emang kok 40GB itu gak kepake beneran, cuma diindent OS guest klo misal kita nginstal bermacem2 software di OS guestnya
Masih tertarik sebenernya mempelajari gimana cara melakukan setting share resource antara OS utama dengan OS guest buat simulasi koneksi LAN dalam 1 PC tapi mengko sik lah, saiki jatahe nggarap modul wireless connection ro flash nggo ngajar minggu iki
gambar contoh OS guest XP yang diinstal di MAC dari sini


DMCA.com Protection Status

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda