Waspada Gejala Tipes Anak


Tipes adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Sehingga penyakit ini akan sangat membahayakan bagi penderitanya. Apalagi jika penderitanya adalah anak-anak, maka  para orangtua harus paham tentang gejala-gejala tipes anak.



Bakteri Salmonella typhi menjadi bakteri yang menjadi biang keladi dari timbulnya penyakit tipes atau tifus ini. Orang-orang dewasa yang sedang terinfeksi bakteri ini pasti akan sangat lemah kondisi tubuhnya. Rasa tidak nyaman menghinggapi sehingga membuat aktivitas terganggu dan akhirnya hanya bisa terbaring lemas di atas tempat tidur. Dapat dibayangkan jika yang terinfeksi adalah anak-anak, maka akan sangat mencemaskan.

Anak-anak yang sedang menderita tipes, maka akan kehilangan nafsu makan, tidak ceria seperti biasanya, dan hanya bisa menangis karena merasa tidak nyaman sama sekali. Untuk itulah, para orangtua akan sangat cemas melihat anaknya sakit. Untuk itulah sangat penting bagi para orangtua untuk mengenal lebih jauh tentang gejala tipes pada anak.

Hal ini bertujuan agar para orangtua bisa mencegah sebelum anaknya sakit tipes. Selain itu tujuan lainnya adalah ketika anak-anak sakit tipes, mereka tidak akan cemas berlebihan karena tahu dan paham gejalanya dan selanjutnya akan tahu bagaimana cara mengobatinya.

Gejala Tipes Anak

gejala tipes anak

Berikut adalah gejala-gejala tipes pada anak yang wajib dikatahui oleh orangtua :

  • Penderita mengalami demam yang tinggi
  • Demam yang dialami oleh penderita tipes akan semakin tinggi. Gejala tipes pada anak yang satu ini biasanya akan tinggi ketika malam hari dan akan turun pada pagi hari.
  • Gejala demam yang dialami oleh para penderita tipes akan berlangsung lebih dari 7 hari lamanya, sehingga akan membauat penderitanya lemas.
  • Lidah berwarna putih
  • Penderita tipes akan mengalami masalah perut, seperti perut kembung, mual, ataupun sakit perut
  • Untuk gejala tipes anak yang paling parah adalah terjadinya peradangan pada hati. Gejala ini dapat diketahui dengan frekuensi mual dan muntah pada anak yang semakin tinggi.
  • Pusing berlebih, bahkan jika dibiarkan akan membuat anak-anak menjadi kejang
  • Rewel dan menangis saja. Hal ini akan terjadi pada bayi, karena bayi masih belum bisa merasakan apa yang dirasakan. Sehingga mereka hanya bisa menangis saja.
BACA JUGA:   Rencanakan Liburan dengan Paket Wisata

Gejala-gejala tipes pada anak tidak boleh disepelekan, karena akan berakibat serius. Bahkan akan menimbulkan penyakit yang lainnya. Bisa jadi maag akut, infeksi lambung, atau bahkan penyakit-penyakit berbahaya yang lainnya.

 


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda