Waspadai Penyebab Diare Pada Anak


Anak – anak sangatlah rentan mengalami gangguan kesehatan, apalagi anak yang masih berusia di bawah 6 tahun. Oleh karena itu sebagai orangtua, Anda diharuskan untuk terus memperhatikan segala hal yang berhubungan dengan anak. Baik itu mulai dari kebersihan pakaian, kebersihan rumah, hingga makanan untuk anak. Terlebih di musim hujan seperti ini, ancaman berbagai macam penyakit semakin mengkhawatirkan.

Permasalahan kesehatan yang paling sering menyerang anak – anak adalah diare. Untuk sebabnya sendiri bisa dikarenakan asupan makanan yang kurang tepat atau kurang bersih dan bisa juga karena imun tubuh yang sedang turun. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diuraikan mengenai penyebab diare pada anak.




Penyebab diare pada anak pada umumnya disebabkan oleh adanya parasit, bakteri dan juga virus. Lalu ketika unsur – unsur tersebut menyerang tubuh anak yang di saat bersamaan daya tubuhnya sedang rendah, maka anak pun akan sangat mudah terserang diare.

penyebab diare pada anak

Alergi Makanan

Jenis – jenis alergi sangatlah beragam, salah satunya adalah alergi makanan. Dalam hal ini bakteri, virus dan parasit bukanlah penyebabnya, melainkan respon tubuh terhadap makanan yang dikonsumsi. Sehingga ketika anak memakan makanan yang memicu alergi, maka bisa jadi anak akan terkena diare. Oleh karena itu, selektiflah dalam memberikan makanan untuk anak agar kesehatan anak tetap terjaga.

Makanan Basi

Anak – anak belum mampu membedakan makanan yang layak makan atau makanan yang sudah basi, hingga bisa saja mereka akan memakan apapun makanan yang ada di hadapannya. Makanan yang tak layak konsumsi itulah yang pada akhirnya menyebabkan diare pada anak. Dalam kasus ini, tentulah kelalaian orang tua yang turut andil di dalamnya. Maka dari itu, sebaiknya segera membuang makanan basi tersebut agar terhindar dari hal – hal yang tak diinginkan.

Efek Samping Obat

Saat anak sakit kebanyakan orang tua akan langsung memeriksakannya ke dokter, dan tentu saja dokter akan memberikan resep obat yang di dalamnya mengandung bahan kimia. Nah, kandungan obat kimia yang diberikan untuk anak terkadang tidak cocok hingga akhirnya akan menimbulkan efek samping tertentu. Salah satunya adalah diare. Jika hal ini terjadi, sebaiknya hentikan memberikan obat kimia tersebut agar diare pada anak tidak bertambah parah.

Mengonsumsi Makanan Manis Berlebihan

Umumnya anak – anak sangat menyukai makanan atau minuman yang rasanya manis. Dari makanan atau minuman manis tersebut ternyata tidak hanya akan merusak gigi saja, melainkan juga dapat menjadi salah satu penyebab diare pada anak. Terlebih sekarang banyak sekali makanan ringan atau jajanan yang menggunakan pemanis buatan. Lalu ketika anak mengonsumsinya secara berlebihan, maka potensi terserang diare pun semakin besar.

Demikian tadi beberapa penyebab diare pada anak yang perlu Anda ketahui. Anak – anak adalah amanah Tuhan yang harus dijaga, oleh karena itu, berhati – hatilah dalam menjaga kesehatan dan merawat anak agar proses perkembangan dan pertumbuhan anak berjalan dengan baik.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda