Widget Statistik untuk mempercantik tampilan blog


Menggunakan widget statistik tidak hanya berguna untuk mengecek statistik pengunjung kita, tetapi bisa digunakan untuk mempercantik tampilan halaman blog dengan tambahan widget yang animatif.

Ada beberapa pilihan widget yang bisa kita gunakan untuk mengetahui statistik sekaligus mempercantik tampilan blog, masing2 widget memiliki fungsi berbeda sehingga bisa kita gunakan untuk menghias bagian sidebar kita.

Aku sendiri lebih menyukai menaruh widgetnya di bagian sidebar daripada di footer. Kenapa ditaruh di side bar? Karena lebih mudah untuk dilihat oleh pengunjung maupun kita sebagai pemilik blog.

Apa sih keuntungan memiliki widget semacam ini bagi pengunjung? Meski tidak semua pengunjung butuh informasi dari widget counter semacam ini tetapi banyak pengunjung yang menggunakan informasi statistik tersebut untuk membantu mereka menilai reputasi dan memberikan tingkat kepercayaan mereka terhadap artikel pada sebuah blog.


Oke mari kita list daftar widget statistik yang dapat kita gunakan:

  1. FeedJit
  2. Histats
  3. FlagCounter

Feedjit kita gunakan untuk melihat real time view pada artikel kita, halaman apa yang sedang dibaca oleh pengunjung dan darimana asal pengunjung kita. Prinsip kerja feedjit adalah kita harus memasang widget yang kita dapat dari situsnya. Dengan demikian saat halaman terbuka, otomatis akan membuka halaman milik feedjit dan informasi halaman refferal + asal pengunjungnya akan terupdate dalam database. Untuk memulai menggunakan feedjit silahkan lihat widget feedjit di situs ini, pada bagian terbawah widget feedjit ada animasi Click to get feedjit. Anda akan masuk ke situsnya dan menggenerate kode html untuk dicopykan di template side bar blog anda.

BACA JUGA:   Anti SEO 404

Histats memiliki kemampuan yang lebih lengkap dari feedjit, histats memberikan data tampilan berapa user yang sedang online di blog kita, total visitors, total pageviews, dan histats memiliki widget dalam bentuk animasi flash maupun dalam bentuk non animated. Kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan kita.

Selain itu histats memiliki laporan cukup lengkap di situsnya mengenai stats user kita, mulai dari most hits, visitors, new visitor, bounce rate, dan sebagainya.

Widget ketiga adalah FlagCounter, flag counter digunakan untuk mengetahui asal negara pengunjung, yang menarik asal negara pengunjung ditunjukkan dengan bendera masing2 negara, berikut jumlah pengunjung yang telah mendatangi blog kita.

Jumlah bendera yang akan ditampilkan dapat diatur jumlahnya, jumlah flags collected menunjukkan website kita sudah diakses dari berapa puluh negara.

Tiga widget diatas merupakan widget statistika yang paling cukup banyak digunakan oleh para blogger untuk menghias tampilan blog mereka.


DMCA.com Protection Status

tampilan statistik blog (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda