12 Tips Mengatasi Asam Lambung di Rumah Secara Alami

Asam lambung, yang juga dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD), biasanya disebabkan karena pola gaya hidup yang tidak sehat seperti sekarang ini. Gangguan pencernaan asam lambung ini bersifat kronis, dapat terjadi lebih dari dua kali seminggu atau terjadi secara tiba-tiba. Mari kita cari tahu apa yang menyebabkan penyakit asam lambung kambuh.

Penyebab Lambung mengalami GERD

Tugas lambung yaitu memecah makanan agar dapat diserap oleh tubuh. Asam lambung merupakan cairan yang berguna untuk mempermudah pekerjaan. Namun, masalah terjadi ketika perut memproduksi terlalu banyak asam di perut.

cara mengatasi asam lambung atau gerd

Biasanya, mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan asam lambung naik. Ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan GERD dan risiko berkembangnya GERD, antara lain:

  1. Tekanan pada perut saat kehamilan.
  2. Radang kerongkongan, radang lambung, dan perlambatan gerakan lambung.
  3. Faktor obesitas.
  4. Sindrom hernia perut
  5. Diabetes.
  6. Mengidap asma.
  7. Merokok.
  8. Mengkonsumsi alkohol berlebihan.
  9. Efek samping obat-obatan, seperti aspirin.

Berikut Cara Mengatasi Asam Lambung di Rumah Dengan Alami

 

Ada beberapa cara untuk mengurangi asam lambung tanpa menggunakan obat-obatan. Lakukan kebiasaan sehari-hari yang sehat dan pola makan tertentu yang cocok untuk pengobatan asam lambung. Berikut merupakan beberapa ulasan cara mengatasi asam lambung secara lengkapnya:

1.        Perhatikan Porsi Makan

tempat romantis untuk makan malam enak di bandung

Makan makanan dengan porsi yang besar dapat menyebabkan refluks. Jika Anda benar-benar lapar, cobalah makan sedikit demi sedikit tetapi sering.

2.      Makan Secara Teratur

Salah satu penyebab utama orang menderita asam lambung adalah karena kebiasaan makan yang tidak teratur. Pastikan Anda merencanakan makanan rutin Anda setiap hari. Disarankan juga untuk tidak makan dua jam sebelum tidur karena akan memicu asam naik.

3.      Hindari Cemilan di Antara Waktu Makan

Makan cemilan menjadikan lambung susah dalam mencerna makanan karena terlalu banyak makanan. Hal ini membuat pencernaan makanan lebih lama dan lambat.

4.      Minum Air Saat Makan Tidak Berlebihan

Minum terlalu banyak air saat makan dapat mempengaruhi asam di lambung menjadi lebih cair. Hindari hal ini karena dapat mempersulit pencernaan makanan.

5.      Mengunyah dengan Benar

Walaupun sepele, tetapi mengunyah dengan benar harus diperhatikan karena enzim membantu proses mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah. Ini mengurangi risiko peningkatan asam lambung.

6.      Posisi Tidur pada Kepala dan Dada Lebih Tinggi

Adapun cara mudah mengatasi asam lambung dengan meninggikan tubuh bagian atas daripada tubuh bagian bawah ketika tidur. Bagian tubuh yang paling penting untuk dinaikan dari pinggang hingga kepala.

7.       Mengunyah Permen Karet

Menurut para peneliti, mengunyah permen karet 30 menit setelah makan dapat membantu mengatasi asam lambung atau setidaknya meredakan rasa tidak nyaman. Mengunyah permen karet dapat merangsang aliran pada air liur. Asam yang terakumulasi di perut dicuci dan dibersihkan lebih cepat. Asam cepat hilang dan gejala GERD akan berkurang.

8.      Mengonsumsi Jahe

Hati-hati dengan metode ini. Jahe hanya dikonsumsi dalam dosis yang tepat. Ketika mengonsumsi lebih dari 2 – 4 gram sehari, jahe dapat memperburuk nyeri dada asam lambung. Walaupun jahe untuk asam lambung belum banyak diteliti, namun banyak pengalaman empiris yang menunjukkan khasiatnya. Bahan ini hanya boleh digunakan sebagai bumbu masakan untuk makanan yang berisiko meningkatkan GERD.

9.      Mengonsumsi Pisang

Makanan ini tidak hanya enak dan bergizi tetapi juga dapat digunakan sebagai antasida alami, sehingga cocok untuk pengobatan asam lambung. Antasida alami ini menutupi dinding lambung dan saluran pencernaan serta melindungi lambung dari iritasi. Namun, tidak semua asam lambung cocok untuk memakan buah pisang.

10.   Teh Chamomile

Teh chamomile sudah sering digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari meredakan asam lambung hingga mengatasi insomnia. Selain itu, minum teh ini dikenal banyak orang sebagai cara paling efektif untuk meringankan gejala GERD.

11.     Mengonsumsi Kacang Hijau

Makanan yang satu ini sangat cocok untuk mengatasi penyakit asam lambung karena dapat mengentalkan dinding bagian dalam lambung. Kacang hijau juga efektif menetralkan asam lambung berlebih. Agar dapat hasil yang maksimal, buatlah bubur kacang hijau dan konsumsilah secara rutin.

12. Akar Marshmallow

Akar marshmallow efektif menyembuhkan luka di lambung dan kerongkongan, meredakan batuk, serta mengatasi infeksi bakteri. Tumbuhan ini juga dikatakan mampu melindungi dinding lambung dari luka akibat penyakit asam lambung. 

Selain dapat mengatasi gejala asam lambung, juga berkhasiat untuk lambung yang nyeri, diare dan pembengkakan saluran napas, bahkan sembelit.

Makanan yang menyebabkan asam lambung

khasiat kopi

Banyak aneka ragam makanan, tetapi bagi Anda yang memiliki asam lambung harus menghindari makanan yang meningkatkan keasaman lambung agar tidak semakin parah. Berikut beberapa makanan yang dapat menyebabkan asam lambung naik, antara lain:

  1.       Coklat
  2.     Kopi
  3.     Alkohol
  4.     Soda
  5.     Makanan Pedas
  6.     Buah Sitrus
  7.       Makanan Tinggi Lemak
  8.     Tomat

Suplemen Makanan Untuk Mengatasi Asam Lambung

Jika dirasa cara diatas kurang membantu, salah satu solusinya dengan mengonsumsi suplemen makanan untuk asam lambung. Contohnya seperti  sereal sehat Nutriflakes, menggunakan umbi garut sebagai bahan utama. 

Umbi garut sendiri juga cocok untuk membantu mengatasi permasalahan pada pencernaan lambung seperti asam lambung. Umbi garut juga memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, vitamin B6, kalium, asam folat, riboflavin, dan tiamin.

Demikian beberapa cara alami untuk mengatasi asam lambung dengan cepat di rumah. Selain itu, terdapat beberapa informasi yang harus diketahui untuk mencegahnya agar asam lambung tidak kambuh kembali. Semoga tulisan ini bermanfaat dan membantu!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.