5 Cara Mengajarkan Anak Mulai Belajar Bahasa Inggris

Mau tahu bagaimana cara Mama Papa bisa mengajak anak untuk belajar? Bingung bagaimana cara belajar bahasa Inggris anak dengan mudah dan menyenangkan? Ketahuilah bahwa pada dasarnya, anak sudah bisa mengenal konsep belajar sejak dini.

Tapi perlu diketahui, bahwa masih banyak cara seru yang bisa digunakan untuk mengenalkan pelajaran sebagai hal yang seru. Khususnya untuk kategori pembelajaran di bidang bahasa Inggris.

Nah, pembahasan hari ini adalah berbagai cara efektif membuat sang buah hati agar menyukai dan tidak bosan saat belajar. Mama dan Papa bisa mulai mengajari anak pelajaran bahasa asing ini dan membuatnya jadi lebih menyenangkan. Dengan cara ini, bisa jadi anak akan lebih tertarik dan makin bersemangat.

Selain itu, Mama Papa tidak akan mengalami kesulitan yang berarti ketika mencari bahan pengajaran. Mengingat dengan cara ini, Mama Papa bisa menggunakan objek apa saja yang sekiranya ada dalam rumah dan cenderung disukai anak.

Cara Belajar Bahasa Inggris Anak

1. Belajar dari Lagu Bahasa Inggris Anak

Musik adalah salah satu media belajar bahasa Inggris anak yang sangat mudah diterapkan. Belajar melalui musik, tentu sangatlah tepat dengan usia anak yang masih cenderung suka bermain. Melalui cara ini, Mama Papa bisa mengajarkan cara bicara dalam bahasa Inggris tanpa terkesan belajar.

Si kecil tidak akan mudah merasa bosan dengan media pembelajaran tersebut. Di mana Mama Papa bisa mengajarkan si kecil untuk menghafalkan lagu-lagu dan mengingatnya. Begitu juga mengajak anak untuk melafalkan lirik dan mengulanginya. Lalu ajaklah mereka buat mencari tahu arti lirik yang dinyanyikan tersebut.

Mengenalkan bahasa inggris lewat lagu, cenderung lebih cepat untuk dihafal oleh si kecil. Namun tentu saja, kegiatan ini juga harus dibarengi dengan kreativitas Mama Papa. Carilah beberapa referensi lagu lain supaya anak tidak mudah merasa jenuh.

2. Bermain Game Bahasa Inggris

Di zaman teknologi saat ini, ada banyak sekali permainan yang berbasis bahasa Inggris. Bahkan banyak permainan yang sengaja didesain khusus untuk media belajar bahasa Inggris anak. Terdapat banyak permainan yang sekarang tersedia dalam bahasa Inggris secara online dan bisa Mama Papa terapkan.

Contohnya saja seperti game Duolingo, Zona Game hingga game Bumblebee Touchbook. Mama Papa bisa memilih game gratis maupun berbayar sesuai kebutuhan. Jika Mama Papa tidak ingin si kecil terlalu sering bermain dengan ponselnya, ada juga cara lain. Ada jenis permainan yang dapat dimainkan meski tanpa ponsel.

Seperti halnya bermain petak umpet, ular tangga, maupun game berhitung. Kenalkan hitungan dalam bahasa Inggris maupun kata-kata penting berhubungan dengan game tersebut. Game seperti ini memungkinkan anak melakukan hitungan, serta kegiatan-kegiatan yang bisa disisipi bahasa Inggris.

3. Dengarkan Cerita Bahasa Inggris Pada Si Kecil

Masa anak-anak, kebanyakan menyukai yang namanya cerita-cerita seru seperti dongeng. Ajak belajar bahasa Inggris anak melalui cara ini, di mana Mama Papa juga harus belajar mengenai kosakatanya. Cobalah menyelesaikan satu buku, lalu ulang beberapa kali hingga si kecil paham artinya.

Mama-Papa-perlu-mengajarkan-anak-bahasa-Inggris-melalui-cara-menyenangkan
Image credit : freepik

Sesekali, ajaklah mereka menirukan ucapan kosa kata sulit, serta ekspresi dalam bahasa Inggris saat mereka dari para karakternya. Selain itu, setelah beberapa kali mengulang cerita Mama Papa bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan ringan.

Misalkan bertanya pada anak mengenai siapa saja karakter yang ada, alur cerita, hingga kelanjutannya. Selain itu, akan lebih baik bila Mama Papa memilihkan cerita yang disukai anak agar mereka lebih tertarik belajar.

4. Menonton Kartun Anak

Dunia anak memang penuh dengan gambar-gambar dan kosakata baru atas apa yang dilihatnya. Untuk memperbanyak ilmu yang diserap anak, cobalah mengajak menonton film anak-anak bahasa Inggris. Misalnya seperti kartun Dora the Explorer, Spongebob, tayo The Little Bus, dan kartun lain.

Di awal-awal, mungkin anak akan sedikit mengalami kesulitan memahami cerita. Maka dari itu, Mama Papa bisa memberikan penjelasan dari film yang ditontonnya. Tapi tentu saja, aktivitas ini harus dilakukan dengan pengawasan dari Mama Papa. Si kecil pastinya akan sangat tertarik buat melakukan hal menyenangkan ini.

5. Latihan dengan Komunikasi Sehari-hari

Satu lagi cara pintar belajar bahasa Inggris anak yang perlu Mama Papa pahami. Ajaklah anak berkomunikasi untuk ucapan-ucapan kecil pakai bahasa Inggris. Contohnya saja saat mengatakan “saya lapar, saya ngantuk, ingin bermain, dan ucapan yang mudah dipahami si kecil.

Melatih komunikasi seperti ini secara intens, nyatanya cukup efektif membantu anak dalam belajar. Mama Papa bisa juga mengajari anak dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Contohnya saja seperti bahasa Inggris untuk peralatan sekolah, perabot rumah, serta barang-barang yang ada di kamar anak.

Lakukan pula pengenalan mengenai aktivitas yang umum dilihat dan dilakukan anak. Seperti halnya memasak, belajar, bermain, menonton TV, serta kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan anak. Jangan lupa, ajarkan pula mengenai sapaan dan ucapan selamat pada anak pakai bahasa Inggris.

Melakukan 5 cara belajar bahasa Inggris untuk anak usia dini di atas, cenderung sangat mudah untuk diikuti. Si kecil tidak akan gampang bosan dan malas belajar, hanya karena suasana yang tidak sesuai usia anak. Tapi tentu saja, Mama Papa harus senantiasa sabar mengajari anak agar mengerti.

Karena pada dasarnya, belajar bahasa Inggris anak itu sangat mudah buat dilakukan. Apalagi bila Mama Papa mempercayakan pembelajaran secara online melalui Kiddo.id. Dengan begini, maka anak akan lebih bersemangat untuk meningkatkan pengetahuannya.

Kiddo sendiri merupakan sebuah platform yang dapat memudahkan Mama Papa dalam mengembangkan dan memaksimalkan potensi anak. Berbagai aktivitas, kursus, kelas online, serta konten edukasi maupun parenting juga tersedia di sini.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.