Aktualisasi Peranan Edukasi

Perkembangan jaman sudah tidak bisa dihentikan lagi. Buktinya setiap saat ada saja teknologi baru yang kita gunakan. Teknologi yang sudah didukung dengan sistem yang canggih. Terlebih yang menjadi latar belakang dari kondisi ini adalah adanya kemajuan kualitas pendidikan di dunia. Untuk itulah peranan edukasi menjadi tongkat penting yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Karena edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa.

Sejak dini, anak sudah harus merasakan suasana pendidikan. Hal ini penting untuk memberikan pembiasaan sejak dini. Pembiasaan yang baik selain pendidikan dan pengajaran yang diberikan orangtua di rumah. Dimana pun pendidikan sama saja, namun jika sudah dibiasakan maka kualitas pendidikan dapat dipantau dengan baik.

Jenjang pendidikan formal adalah salah satu jenjang pendidikan yang wajib dilalui oleh masyarakat sejak dini. Dimana ada gedungnya yang bernama sekolahan dan ada gurunya. Berbeda dengan pendidikan di rumah yang dilakukan oleh orangtua tanpa basic sebagai pengajar. Namun, jangan salah, justru peranan penting edukasi dimulai sejak pendidikan dan pengajaran yang ada di rumah.

bakti-anak-cium-tangan-ibu-di-sawah Aktualisasi Peranan Edukasi  wallpaper

Pendidikan formal yang ditempuh di sekolahan adalah pendidikan penajam ilmu pengetahuan yang sudah didapatkan anak di rumah. Ada teori yang diajarkan, sehingga anak menjadi lebih pandai dan terasah ilmunya. Guru akan mengajarkan bagaimana penerapan teori ilmunya dalam kehidupan sehari-hari. Anak pun akan dibiasakan sehingga hasilnya anak akan lebih kreatif.

Aktualisasi peranan edukasi

Kaitan akan pentingnya edukasi untuk bangsa bisa kita lihat dari dampak positifnya, yakni :

  • Meningkatkan mobilitas yang berkualitas. Mobilitas yang mampu memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas. Ini dikarenakan adanya dukungan teknologi yang canggih. Dengan pendidikan, kita menjadi lebih melek teknologi. Bisa mengimbangi mobilitas yang syarat akan kecanggihan teknologi.¬†Tanpa ragu, kita bisa mengaplikasikannya dengan baik. Inilah dampak peranan penting edukasi. Bisa dibayangkan jika tanpa mengenyam pendidikan, maka tidak akan memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan teknologi dengan baik.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Ini juga menjadi dampak positif yang akan kita rasakan. Dimana kita diajarkan teknik berkomunikasi yang baik dan benar. Kita pun juga dibiasakan untuk menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Berhadapan dengan siapa, dalam keadaan apa, dimana, dan kapan.
  • Mampu meningkatkan kehidupan ekonomi. Sudah jelas bahwa ini adalah salah satu dari dampak peranan penting edukasi. Dimana semakin tinggi kualitas pendidikan, maka segala kebutuhan akan lebih mudah untuk dipenuhi.
  • Timbul lapangan kerja baru, karena kita mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Pekerjaan yang awalnya tidak dikenal orang menjadi dikenal. Bahkan jenis pekerjaan bukan hanya pekerjaan fisik saja, melainkan pekerjaan yang mengandalkan otak.
  • Kemudahan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Dimana untuk mendapatkan ilmu bukan hanya di bangku sekolah saja, melainkan juga di banyak tempat. Salah satunya adalah lewat media internet. Mudah mendapatkannya dan mudah untuk menularkannya. Bahkan akses ilmu ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.
  • Memiliki semangat tinggi untuk memperbaiki diri demi peningkatan kualitas diri. Tidak perlu menunggu untuk mengalami kegagalan, agar kita terpacu untuk memperbaiki diri. Melainkan bisa dilakukan kapan saja. Semakin menunggu justru akan membuat kita lupa untuk segera memperbaiki diri. Justru malah memperparah keadaan.

  • Bermoral, bangsa yang besar adalah bangsa yang bermoral. Bangsa yang tahu tata krama. Penerapan sikap yang baik akan menentukan kualitas moralnya. Dengan menempuh edukasi yang cukup, maka kita akan pintar menguasai diri, pintar menempatkan diri, dan tahu bagaimana bersikap.

tabungan-pendidikan-anak Aktualisasi Peranan Edukasi  wallpaper

Edukasi  mengubah kehidupan kita. Mengubah ke arah yang lebih baik. Kualitas kita secara pribadi pun juga semakin berkualitas. Kemudian memberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan di jaman modern ini.

wallpaper tentang pendidikan

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda