Amazing Sleman, mengenal potensi wisata Sleman lewat ponsel

amazing sleman

Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman lewat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggandeng Gamatechno untuk membuat aplikasi berbasis Android; Amazing Sleman. Amazing Sleman merupakan sebuah apps yang memberikan informasi wisata di wilayah Kabupaten Sleman, baik yang berupa obyek wisata sejarah, wisata budaya maupun wisata alternatif seperti wisata kuliner.

Potensi wisata yang ada di Sleman tersebut dihadirkan dalam bentuk aplikasi smartphone karena penetrasi pengguna smartphone di Indonesia saat ini sangat besar, ada sekitar 80 juta pengguna smartphone yang mengakses internet lewat ponsel mereka. Dengan hadirnya apps tersebut diharapkan setidaknya dapat memberikan informasi kepada wisatawan yang ingin berkunjung ke Jogja, khususnya Sleman.

Sebagai informasi saja, di bulan Juli-Agustus saja, tingkat booking hotel di salah satu penyedia layanan travel nasional menunjukkan Jogja merupakan kota dengan tujuan wisata domestik terbanyak, lebih banyak dari Bali. Sedangkan Sleman merupakan salah satu penyangga wisata Jogja, karena destinasi wisata seperti Candi Prambanan, Kaliurang, Lava Tour, Jogja Bay Waterpark dan berbagai destinasi wisata lain secara administratif berada di wilayah Kabupaten Sleman.

Loh lalu apa bedanya dengan layanan informasi wisata yang disajikan oleh penyedia jasa travel maupun ticketing? Nah inilah perbedaannya. Jika pada apps atau website penyedia jasa wisata, umumnya mereka hanya memberikan informasi mengenai destinasi wisata utama, dan info akomodasi yang merupakan lini bisnis mereka seperti tiketing pesawat, hotel maupun resto, sementara untuk informasi wisata lain jarang sekali ditampilkan.

Kabar baiknya, Amazing Sleman memiliki 600 destinasi wisata yang terbagi dalam 9 menu utama yakni;

  1. Kuliner
  2. Wisata
  3. Hotel
  4. Seni Budaya
  5. Kerajinan
  6. Belanja
  7. Fasilitas Umum
  8. Agenda, dan
  9. Layanan Pengaduan

Menu wisata yang menjadi menu andalan Amazing Sleman, diklasifikai menjadi beberapa kategori yakni, Rekreasi dan Hiburan Umum, Wisata Alam, Desa Wisata, Museum dan Candi. Yang menarik, disini kita tidak hanya akan mendapatkan informasi mengenai destinasi-destinasi wisata utama yang ada di Sleman, akan tetapi juga wisata alternatif seperti lokasi Outbond, Desa wisata, maupun minat khusus. Pengguna juga dapat memperoleh informasi tempat mencari kerajinan khas seperti Anyaman Bambu, kerajinan batu, kriya kayu dan lain sebagainya. Untuk wisata Belanja, terdapat beberapa kategori yakni Sleman Mall, Pasar, Toko Souvenir dan Oleh-oleh, Mall/Plaza. Sleman Mall merupakan Mall online yang mewadahi produk UMKM para perajin di wilayah Kabupaten Sleman. Untuk wisatawan yang memiliki minat khusus budaya, seperti ingin mengunjungi sanggar karawitan, sanggar jathilan, ketoprak juga bisa memperoleh informasinya disini.

tujuan wisata budaya amazing sleman

Wisatawan luar daerah yang ingin mencari fasilitas umum terdekat selama berwisata juga bisa mengakses info lokasi layanan kesehatan dan ATM center yang dipersiapkan oleh Amazing Sleman. Pengguna tidak hanya bisa memperoleh informasi secara pasif tetapi juga bisa memberikan rekomendasi secara langsung di aplikasi ini setelah menghubungkan aplikasi ini dengan akun facebook. Bahkan pengguna bisa melakukan pengaduan via sms, web, email, twitter/ facebook kepada tim Disbudpar Sleman yang memantau aplikasi ini.

Meskipun cukup membantu, aplikasi ini tetap memiliki kekurangan semisal untuk event agenda wisata Amazing Sleman belum terupdate dengan baik, baru sebatas event di Bulan Juli saja, untuk event Bulan Agustus dan seterusnya masih belum diupdate. Memang untuk hal seperti ini, inovasi yang dilakukan tidak hanya sekedar mendigitalkan informasi wisata akan tetapi juga bagaimana memastikan informasi yang ada selalu update dan sesuai dengan kondisi terkini.

Akan tetapi, setidaknya, inovasi daerah ini semoga bisa ditikuti oleh pemerintah daerah lain agar bisa memberikan informasi potensi wisata masing-masing daerah secara obyektif untuk Indonesia yang lebih baik.

 

Artikel ini diikutsertakan pada Kompetisi Menulis Blog Inovasi Daerahkuhttps://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku

2 Komentar

  1. CAH YOGYA Balas

    Lombanya menang nggak mas? Barusan lagi ngintip backlinknya gnfi malah nemu anotherorion di urutan awal-awal.. wkwkwk 😀

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.