API pihak ketiga tidak lagi bisa kirim otomatis ke FB Personal

Sejak munculnya API facebook yang dapat digunakan untuk melakukan kirim otomatis ke FB, banyak blogger yang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk dipush ke FB. Tidak hanya di FB sebenarnya, jejaring sosial lain seperti twitter juga menggunakan API yang mengijinkan blogger melakukan cuitan otomatis saat dia baru saja mempublikasikan tulisan baru di blognya.

Dengan konsep seperti ini, memudahkan blogger yang ingin tulisannya di baca lebih banyak orang tanpa harus susah payah drop link secara manual disana sini. Di mesin wordpress yang aku gunakan sendiri, selain bisa digunakan untuk mengirim ke FB dan twitter, juga bisa auto post ke Google+, LinkedIn, Path, LiveJournal, dll. Untuk plugin, ada plugin seperti SNAP dan NFGB yang bisa dipakai untuk nyepam otomatis ke berbagai channel social media yang kita miliki. Masih jika kita menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Dlvr.it, Hootsuite, Buffer, dan lain sebagainya.

Tetapi terhitung sejak 1 Agustus 2018, API pihak ketiga tidak lagi bisa kirim otomatis ke FB Personal. Catet Ya, FB Personal. Dalam artian profil FB kita tidak lagi bisa disusupi autopost yang dikirimkan oleh platform blog maupun aplikasi pihak ketiga lainnya. Namun demikian, Facebook masih mengijinkan auto post ke FB Pages. Kita juga masih bisa melakukan share ke profil Facebook dengan melakukan klik pada tombol share di artikel yang kita sukai. Proses manual yang melibatkan manusia semacam ini mungkin yang diinginkan Mark dkk, interact adalah intinya.

BACA JUGA:   XP8BF F8HPF PY6BX K24PJ TWT6M

tidak-bisa-kirim-otomatis-ke-FB API pihak ketiga tidak lagi bisa kirim otomatis ke FB Personal  wallpaper

Kirim otomatis ke FB pages sebenernya masih bisa dilakukan oleh semua tools yang aku sebutkan di atas, tetapi tidak berlaku lagi untuk FB personal. Keliatannya, hal ini sebagai strategi facebook untuk membuat social media tetaplah sebagai media interaksi antara pengguna, bukan sebagai lahan spam produk. Hal ini membuat proses promosi kita di FB menjadi sedikit terhambat, mengingat FB memang menyarankan penggunaan pages untuk branding dan periklanan, bahkan bangke nya FB ads sendiri pun lebih cenderung berguna untuk mempromosikan Pages dibanding link web kita. Dan sejujurnya, aku sendiri sudah dari lama kepikiran buat mengubah status profile FB ku dari personal menjadi pages. Lha personal cuma nampung 5000 temen doang e, cuma dipikir2, strata interaksi di FB personal lebih masuk akal, semasuk akal lebih nyenengin punya banyak temen dibanding punya banyak follower.

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Satu tanggapan untuk “API pihak ketiga tidak lagi bisa kirim otomatis ke FB Personal

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: