Berikut Ini List Tempat Liburan Keluarga Ke Yogyakarta

wisata keluarga di jogja merapi park

Kota Yogyakarta atau yang sering disingkat dengan Jogja, adalah daerah destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan lokal ataupun mancanegara. Selain karena biaya hidup disana yang murah, juga terdapat banyak keunikan yang membuat Jogja memiliki daya tarik tersendiri. Banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi di Jogja.

Tempat Liburan Untuk Keluarga di Yogyakarta

Walaupun ada banyak sekali pilihan tempat wisata di Kota Jogja ini, namun mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui mana saja tempat yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Akan sangat menyenangkan, jika Anda bisa mengajak berlibur ke tempat liburan keluarga ke Yogyakarta. Kira-kira dimana saja tempat yang pas untuk liburan bersama keluarga? Ini dia daftar nya :

1 Taman Pintar

Tempat liburan keluarga di Yogyakarta yang pertama adalah Taman Pintar. Berlokasi di pusat kota, tepatnya di sebelah timur Benteng Vredeburg, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata bagi anak dan keluarga yang tidak ingin jauh-jauh dari pusat kota. Karena konsep dari tempat ini adalah memadukan antara tempat rekreasi dan edukasi. Taman pintar mempunyai zona permainan yang bisa meningkatkan pengetahuan anak, anak-anak bisa mempelajari fenomena alam secara fun. Selain itu di sekitar taman juga terdapat pusat toko buku murah yang legendaris, shopping center. Sangat pas untuk para pecinta buku atau kutu buku.

2 Kids Fun

Tempat ini adalah sebuah wahana permainan yang sangat mengasyikkan. Di Kids Fun terdapat berbagai macam wahana permainan dan kolam renang yang dilengkapi dengan wahana permainan air. Untuk keluarga yang memiliki anak remaja tersedia arena GoKart. Lokasinya berada di Jalan Wonosari KM. 10 Tempat wisata ini sangat pas untuk semua kalangan, termasuk bagi anak. Untuk tiket masuknya pun tidak terlalu mahal.

wisata keluarga di jogja kids fun

3 Museum Monumen Yogya Kembali

Tempat rekreasi untuk keluarga selanjutnya adalah museum monumen Yogya Kembali atau yang lebih dikenal dengan akronim Monjali. Ini adalah sebuah tempat wisata yang memiliki tema sejarah. Museum ini dilengkapi dengan benda peninggalan sejarah pada jaman perjuangan Indonesia ketika melawan penjajah. Tempat wisata ini sangat pas bagi anak-anak agar dapat menambah wawasan anak tentang sejarah bangsa dan bisa membentuk nasionalisme sejak dini.

Untuk harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya 7.500 rupiah saja. Museum ini buka pada hari selasa hingga minggu, mulai jam 8 pagi hingga 4 sore. Beralamat di Dusun Jongkang, Sariharjo, Kec. Sleman, Yogyakarta. 

Jika ingin merasakan sensasi unik di Monjali, datanglah pada saat sore hari, setelah jam operasional museum tutup, maka tempat wisata ini akan dibuka untuk Taman Pelangi, dimana akan banyak lampion dan lampu berwarna-warni yang memanjakan mata.

4 Museum Dirgantara

Tempat wisata selanjutnya yaitu Museum Dirgantara, adalah museum yang berisikan kerangka pesawat terbang yang dulunya dipakai saat perang jaman dahulu dan ketika perang dunia kedua. Museum ini adalah hasil dari gagasan TNI AU yang mempunyai tujuan untuk mengabadikan momen sejarah dalam lingkup AU.

Disini Anda bisa melihat berbagai macam koleksi pesawat. Selain itu, juga terdapat foto-foto sejarah dan miniatur yang tentunya masih berhubungan dengan Angkatan Udara. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini tidak mahal, hanya dengan 3 ribu rupiah, Anda sudah bisa mengelilingi museum ini. Alamatnya ada di Komplek Pangkalan TNI AU Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Untuk waktu bukanya, setiap hari, mulai jam setengah sembilan pagi hingga tiga sore.

5 Kebun Binatang Gembira Loka

Saatnya mengajak keluarga ke tempat wisata yang berhubungan dengan binatang, yaitu kebun binatang gembira loka. Disini terdapat beragam satwa, seperti macan, buata, aneka ikan, burung, dan lain sebagainya. Kebun binatang ini juga memiliki taman yang hijau dan rindang sehingga sangat pas untuk dijadikan tempat liburan keluarga di Yogyakarta.

Untuk tiket masuknya yaitu sebesar 20 ribu rupiah di hari biasa, dan 25 ribu rupiah di hari libur. Alamat kebun binatang gembira loka yaitu di jalan kebun raya no.2 Yogyakarta. Tips buat keluarga yang anaknya masih kecil-kecil. Sebaiknya masuk ke Gembira Loka lewat pintu barat di Jalan Veteran, karena saat ini kebun binatang sudah mengalami perluasan melewati kali Gadjah Wong, sisi timur sungai digunakan sebagai pintu masuk dan pengembangan tanaman tropis, hewan-hewan berada di sisi barat sungai. Jadi jika masuk di pintu barat, anak-anak tidak akan terlalu capek untuk berjumpa hewan-hewan lucu disana.

6 Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark terletak di kawasan Sinduadi, Mlati, Sleman. Untuk mengaksesnya bisa melewati Jalan Magelang maupun lewat Jalan Jambon. Kawasan ini selain menyediakan permainan untuk anak-anak dan keluarga juga dapat digunakan sebagai wahana untuk outbond siswa sekolah juga. Beberapa permainan disini antara lain Bianglala, Bombom car dan flying bike.

bermain di sindu kusuma edupark

7 Merapi Park

Ingin mengenalkan anak pada icon-icon bangunan dunia? Merapi Park adalah tempatnya. Di lokasi yang berada di lereng Gunung Merapi ini banyak terdapat berbagai bangunan iconic dari negara-negara besar di dunia seperti Tower of London, Eiffel Tower, Holland Windmill, Patung Liberty dan masih banyak lagi. Taman yang dikonsep terbuka dengan bunga-bunga yang tersebar disana-sini ini cocok untuk kunjungan keluarga kecil maupun rombongan study tour. Apalagi di dekatnya juga ada obyek wisata Museum Gunung Merapi yang sarat dengan muatan edukasi mengenai sejarah gunung api.

wisata keluarga di jogja merapi park

Itu dia beberapa daftar tempat liburan keluarga yang bisa jadi alternatif jika pergi ke Yogyakarta yang bisa dikunjungi. Tentunya dengan berlibur ke tempat-tempat tersebut, keluarga Anda akan semakin senang dan pengetahuan anak juga akan bertambah.

2 Komentar

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.