[Buku] Making Educational Animation using Flash

Meskipun mengambil judul dalam bahasa Inggris, buku ini adalah buku berbahasa Indonesia karangan orang Indonesia juga, Priyanto Hidayatullah, seorang pengajar di Politeknik Bandung mengajak 2 mahasiswanya untuk berkolaborasi membuat buku materi pembelajaran interaktif berbasis macromedia/adobe flash.

Dalam buku ini animasi Adobe Flash lebih ditekankan untuk pembuatan materi pembelajaran, bukan untuk animasi company profile, atau web base animation. Priyanto lebih menyasar pengembangan wahana belajar yang lebih menyenangkan di sekolah dengan menampilkan animasi ke dalam kelas.

Buku terbitan Informatika Bandung ini selalu menjadi referensi utama saya dalam mengampu praktikum Pembelajaran Berbasis Multimedia selama tiga tahun di Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta.

Materi yang ditampilkan secara default tetap pengenalan fitur Flash, baru kemudian materi inti dipecah menjadi 4 materi utama sesuai materi sains yang diajarkan di sekolah, Matematika, Kimia, Fisika dan Biologi. Pembuatan animasi matematika terdiri atas animasi penghitungan luas dan keliling bangun persegi, pembuatan grafik statistika dan aplikasi trigonometri.

making educational animation using flash priyanto hidayatullah

Materi kimia berupa test asam basa, praktikum larutan elektrolit untuk menyalakan lampu dan membuat animasi tabel periodik unsur. Untuk bidang fisika disediakan materi animasi efek doppler, hukum Pascal dan GLBB. Sedangkan untuk materi biologi terdiri dari anatomi otak, puzzle sistem pencernaan dan sistem reproduksi manusia. Priyanto juga memberikan materi quiz untuk melakukan ujian interaktif berbasis flash.

BACA JUGA:   XP8BF F8HPF PY6BX K24PJ TWT6M

Sedangkan secara teknis animasinya, teknik animasi buku ini sudah cukup lengkap, dari pembuatan animasi drag n drop, loadSound dan loadMovie, penggunaan movie clip properties dan masih banyak lagi.

Buku ini dilengkapi dengan CD tutorial berisi file source dari materi yang dibahas dan juga video dokumentasi penulisnya agar memudahkan pembaca dalam mengikuti dan mempraktekan pembuatan animasi pendidikan berbasis multimedia Flash.

Sebagai catatan, meski tidak terlalu penting, buku ini menggunakan bahasa pemrograman Action Script 2.0 yang tidak kompatible dengan Action Script 3.0, jadi jika ingin mempelajari Adobe Flash yang menggunakan Action Script 3, mungkin bisa mencari buku bertema sejenis,  sedangkan untuk mereka yang tertarik mengembangkan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis Flash, buku ini saya rekomendasikan

Beli Buku Making Education Animation using Flash

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.