Cara Menambah Kapasitas RAM HP dengan SD Card, Aman Gak?

Ada yang bertanya gimana cara menambah kapasitas RAM HP? Pertanyaan ini tentunya menggelitik, berbeda dengan komputer dekstop atau laptop yang mereka memang memiliki slot ekspansi RAM dalam bentuk slot DIMM sebagai cara menambah kapasitas RAM, tetapi smartphone dengan bentuknya yang ringkas dan serba compact memang dikutuk tidak memiliki slot ekspansi untuk menambah RAM. Jika pun ada slot ekspansi itu adalah slot untuk menambah SIM card dan SD card. Selebihnya, tidak ada.

Penambahan RAM pada device elektronik cerdas sebenarnya hanya bisa dilakukan dengan melakukan upgrade hardware RAM nya, bisa dengan menambah keping RAM di slot ekspansi, atau dengan mengupgrade kapasitas keping RAM yang dimiliki.

cara menambah kapasitas ram hp di smartphone

Dan memang hanya itu cara menambah kapasitas RAM yang benar dan betul. Tapi bisa ah katanya menambah kapasitas RAM HP pake SD Card, nah lho gimana pula itu? Oke jadi begini. Mungkin ini istilahnya adalah miskonsepsi, penambahan RAM pada HP itu tidak mungkin dilakukan, kecuali kita mau bela2in minta teknisi buat ngeblower ic RAM pada hp dan menggantinya dengan RAM baru, which is sangat tinggi resiko bermasalahnya.

Cara Menambah RAM HP tanpa Aplikasi

Tapi bisa kok nambah RAM pake aplikasi, temenku ada yang bisa, tapi harus di root, kamu tau gak cara menambah RAM smartphone tanpa software? Yang paling masuk akal dilakukan adalah mengefektifkan penggunaan memory baik RAM maupun ROMnya. Caranya bisa dilakukan sebagai berikut

  1. Smartphone adalah device multitasking dengan multi tab, hapus semua aplikasi berjalan yang tidak kamu pakai dengan melakukan swipe tab
  2. Kamu bisa gunakan aplikasi clear memory seperti CM security untuk membersihkan RAM dan ROM kamu secara berkala
  3. Jika kamu rutin menggunakan sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut biasanya memiliki cache yang lumayan besar agar lebih cepat berjalan. Hapus cache aplikasi tersebut di setting android bagian aplikasi – media penyimpanan.
  4. Simpan dan backup file di ponsel kamu menggunakan Google Photos maupun Google Drive, semakin lega kapasitas penyimpananmu juga membantu smartphone kamu berjalan lebih efektif.
BACA JUGA:   Short URL

Sementara itu, penambahan kapasitas memory pada HP hanya bisa dilakukan untuk RWM, read write memory, atau yang biasa kita kenal nambah memory eksternal via kartu micro SD. Penambahan kapasitas Random Access Memory yang selama ini dilakukan secara hardware sebenarnya bukan menambah ram HP, tetapi menambah alokasi random access menggunakan bantuan virtual memory.

Virtual memory, Paging file, atau istilah dalam linux, swap adalah sebuah partisi hardisk khusus yang digunakan sebagai cadangan memory primer. Di dalam sistem windows paging file berupa file di partisi system yang memiliki ukuran dinamis, biasanya cukup besar.

Memory paging/swap ini digunakan untuk mendukung kinerja RAM sebagai memori sementara saat pengaksesan data oleh CPU. Jika kapasitas RAM kita sedikit, paging file / swap ini bisa digunakan sebagai tempat CPU melakukan akses memori primer. Dengan demikian kecepatan komputer menjadi terasa lebih cepat.

Di sistem windows sendiri, aplikasi semacam e-boostr bisa digunakan untuk membuat swap partisi baik di hardisk maupun di flashdisk. Bagaimana dengan di HP?

Ada beberapa software yang bisa digunakan untuk “menambah ram HP” Apa aja?

Aplikasi Penambah RAM HP

1 Smart Booster

Aplikasi smart booster memungkinkan penambahan rasa RAM HP dengan beberapa level yakni gentle, medium, strong dan aggresive. Aku bilang penambahan rasa karena sebenarnya aplikasi ini hanya mengoptimalkan kinerja RAM yang sudah ada, tanpa membuat virtual memory tambahan. Caranya adalah dengan mematikan layanan yang tidak terlalu berguna pada smartphone. Kita juga bisa memilih opsi boosting saat layar mati dan melakukan boosting secara otomatis. Aplikasi ini tidak menciptakan virtual memory, paging file atau swap partition di memori eksternal maupun memori internal

2 Swapper

Jika kapasitas RAM kita memang sudah menyedihkan, gunakan swapper untuk menambah memory virtual dengan bantuan microSD Card. Menariknya aplikasi ini tidak memerlukan akses root android kamu, jadi hp masih bisa digaransi secara resmi. Swapper menggunakan media microSD untuk menciptakan swap partition di smartphonemu, jumlah RAM tambahan yang kita tambahkan sebaiknya tidak terlalu banyak, cukup mengalokasikan 50% dari kapasitas RAM tertanam.

3 Roehsoft RAM Expander

Sama seperti Swapper, menggunakan Roehsoft RAM expander juga menjadi salah satu cara mengubah microSD card menjadi RAM tambahan di smartphone kamu. Yang keren dari aplikasi ini, dia bisa membuat tidak hanya satu swap saja, tapi bisa membuat multiple swap partition, tentunya selama microSD card kamu juga punya kapasitas yang mendukung. Batas maksimal kapasitas satu swap partition adalah 4Gb, jadi klo kamu pengen punya HP dengan RAM 8Gb++, tau kan gimana caranya?

BACA JUGA:   Andai ada FoodPanda di Jogja

Resiko dari Cara Menambah Kapasitas RAM HP

3 cara menambah kapasitas ram hp dengan microSD card

Hidup itu soal keseimbangan, jika kamu menambah kapasitas RAM HP kamu dengan microSD card, tentu ada yang harus dikorbankan. Paling gampang jelas alokasi kapasitas yang digunakan sebagai media swap tersebut. Jika kamu memiliki SD card 8Gb dan 2Gb kamu pake untuk swap, maka kamu hanya bisa menggunakan 6Gb lainnya untuk menyimpan foto-foto mantan.

Masalah kedua, adalah borosnya baterai yang kamu gunakan. Lha kok bisa? Yup, sebenarnya penggunaan RAM tanam untuk memory utama adalah untuk mengurangi konsumsi listrik dan pemakaian jalur dari CPU ke RAM, semakin dekat RAM ke CPU semakin sedikit pasokan listrik yang digunakan. Analoginya, CPU adalah otak dan RAM adalah detak jantungnya. Coba aja semenit detak jantungmu gak ada? Begitu krusialnya kerja RAM sehingga meskipun kondisi ponsel layarnya mati, RAM masih bekerja. Dan saat kamu mengubah SD menjadi RAM, maka kamu harus mensupport daya ke dalam kartu SD mu setiap saat. Dengan jalur, metode akses dan konsumsi daya yang lebih besar.

Efek samping ketiga adalah smartphone kamu menjadi cepat panas, ya karena aliran daya yang mengalir terus menerus ke SD juga akan memanaskan sirkuit yang dilewatinya, semakin sering digesek aliran listrik semakin panas. Sedangkan panas adalah musuh utama semua jenis peralatan elektronik.

Kemungkinan terakhir adalah kerusakan permanen pada SD card maupun smartphone kamu. Biasanya ini terjadi dalam pemakaian yang lama, iyalah pada akhirnya semua smartphone akan menjadi bangkai, tapi dengan membooster hardware smartphone kamu dengan menambah RAM ini juga akan mempersingkat usia hidup smartphone kesayanganmu. Jadi mau nambah RAM atau tidak, kamu sudah tau konsekuensinya gimana

 

2 Comments

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.