Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver

Mengenal Pentingnya Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver. Apa itu ERP? ERP adalah fitur utama dari sistem perencanaan sumber daya perusahaan. ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning atau perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan. Sistem teknologi cloud memungkinkan perusahaan untuk mengakses data dari jarak jauh tanpa konfigurasi teknis yang rumit. Adopsi SistemCloud ERP sangat lazim digunakan untuk perusahaan dengan sistem penjualan dan pemasaran karena mengandalkan data waktu nyata untuk memahami dan meningkatkan perjalanan pelanggan.

Definisi ERP

Enterprise Resource Planning adalah sistem perangkat lunak terintegrasi yang menstandarkan, merampingkan, dan mengintegrasikan proses bisnis. Biasanya, sistem ERP beroperasi pada platform yang menggunakan definisi data umum dan beroperasi pada satu database.

84285171 182587006526800 904468143433318400 o

Sistem ERP pada awalnya dirancang untuk perusahaan manufaktur tetapi kemudian berkembang menjadi industri jasa, pendidikan tinggi, perhotelan, perawatan kesehatan, layanan keuangan, dan pemerintahan. Misalnya, software sistem ERP pemerintah menggunakan contract lifecycle managemen (CLM) daripada mengandalkan sistem pembelian tradisional dan mengikuti aturan akuntansi pemerintah. Adapun bank juga mempunyai sistem ERPnya sendiri karena adanya proses penyelesaian back-office untuk merekonsiliasi cek, kartu kredit, kartu debit, dan instrumen lainnya.

Software ERP  untuk perusahaan distribusi memiliki kekhasan ERP-nya sendiri. Dimata para pelanggan, sebuah jasa pengiriman logistik harus memiliki teknologi yang kuat guna memastikan akurasi dalam pengiriman paket lewat kemampuan tracking system. Di sisi perusahaan, perusahaan harus bisa menentukan efektifitas pengiriman paket-paket tersebut secara cepat dan tepat. Sebuah ERP untuk jasa pengiriman akan membantu perusahaan mengalokasikan sumberdaya yang tepat guna memastikan paket para pelanggan sampai ketujuan tidak hanya harus dengan cepat, akurat tapi juga sampai dengan selamat.

Perbedaan Sistem ERP dengan Software Aplikasi

ERP pada dasarnya merupakan sebuah software sama seperti sebuah aplikasi yang biasa kita gunakan pada umumnya. Namun perbedaan sistem ERP dan software aplikasi adalah skalabilitas, peruntukan serta kemampuan integrasinya. Katakanlah kita membutuhkan beberapa software dalam pekerjaan kita sehari-hari. Word processing untuk membuat laporan dan surat menyurat, spreadsheet untuk keperluan penghitungan dan laporan keuangan, presentation apps untuk melakukan presentasi kerja saat meeting. Setiap software tersebut memiliki tujuan khusus, dan tidak terintegrasi satu sama lain.

88174056 182590963193071 4900122011843428352 o

Sebuah Software sistem ERP memiliki kemampuan integrasi dari hulu hingga ke hilir. Dalam sebuah perusahaan berskala menengah hingga besar, penggunaan sistem manajemen inventory merupakan sebuah keniscayaan, sistem ini memungkinkan manajer maupun direksi melihat stok gudang, memutuskan melakukan purchasing, atau mengirimkan stok ke bagian produksi. Sistem ERP memungkinkan manajemen asset perusahaan yang lebih baik serta dapat menjadi pertimbangan dalam Decision Support System dalam sebuah perusahaan.

Jenis ERP Menurut Industri

Ada banyak jenis software ERP  untuk jasa dan layanan yang dirancang agar bisa memenuhi kebutuhan spesifik bisnis tersebut, berikut adalah beberapa contoh penerapan ERP di dalam industri di antaranya adalah :

  1. ERP Pakaian : Industri pakaian harus menangani banyak pergantian saat tren mode dan musim berubah.
  2. ERP Otomotif: Produsen mobil dapat mengandalkan alat ERP untuk menangani manajemen inventaris, kontrol kualitas, dan penjadwalan.
  3. Cannabis ERP: ERP ini adalah solusi all-in-one untuk budidaya, manufaktur, pemrosesan, dan distribusi ganja legal.
  4. ERP Konstruksi: Kontraktor konstruksi harus tetap mengontrol tenaga kerja, material, peralatan, dan subkontraktor, apa pun yang mereka pekerjakan untuk suatu pekerjaan. Software ERP membantu manajemen tugas konstruksi.
  5. ERP Pendidikan Tinggi: Sistem ERP untuk perguruan tinggi dan universitas mendukung proses bisnis akademik mulai dari penagihan uang sekolah hingga penilaian ujian.
  6. Manufaktur ERP atau MRP: Kembali ke asal-usul ERP, MRP menyediakan perencanaan produksi, penjadwalan beban kerja personel dan mesin, serta sistem manajemen inventory di sepanjang rantai pasokan. ERP juga bagus digunakan untuk industri yang menggunakan sistem penjualan konsinyasi.

Jenis Sistem ERP yang Dikenal di Dunia Industri

Ada beberapa jenis ERP yang sering digunakan oleh perusahaan, di antaranya adalah :

  1. ERP On-premise

ERP On-premise adalah perangkat lunak ERP apa pun yang diterapkan secara langsung di perangkat dalam lokasi Anda. Sistem ini dirancang untuk bisnis dari semua ukuran meskipun mungkin lebih sesuai untuk perusahaan kecil dan menengah.

  1. Open Source ERP

Seperti perangkat lunak open source lainnya, solusi ERP ini memungkinkan Anda memeriksa, memodifikasi, dan meningkatkan kode sumber ERP Anda. ERP open source memungkinkan Anda menyesuaikan aplikasi agar lebih sesuai dengan tempat kerja Anda.

  1. Hybrid ERP
BACA JUGA:   Begini Cara Cek Resi Online Paket Kamu Via Penyedia Jasa Logistik

Adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan yang memadukan penerapan on-premise dan berbasis Cloud. Hybrid ERP mengkombinasikan dukungan on-premise dengan bantuan sistem cloud

  1. ERP Berbasis Cloud

Sistem Cloud ERP merupakan Software ERP sebagai Layanan (SaaS) yang tersedia melalui layanan hosting Cloud daripada penerapan di lokasi. Opsi ini memungkinkan Anda mengakses data waktu nyata selama Anda memiliki akses Internet dan sesuai untuk perusahaan besar. Salah satu sistem ERP berbasis cloud adalah Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver. Software ERP berbasis cloud ini sangat ideal untuk perusahaan dengan banyak lokasi yang perlu tetap berkoordinasi satu sama lain.

Kapan Sebuah Perusahaan Perlu Menerapkan Penggunaan ERP

Seperti namanya Enterprise Resource Planning, sebuah sistem cloud ERP diperlukan oleh pengguna dalam skala bisnis menengah ke atas. ERP sangat disarankan untuk perusahaan yang sudah memiliki banyak cabang, memiliki departemen terpisah untuk mengurusi beberapa bidang kerja khusus yang saling mendukung dan berkaitan terhadap keberlangsungan proses bisnis.

103459450 250814556370711 3903304037648964404 o

Contoh bisnis yang memerlukan penggunaan ERP antara lain adalah waralaba minimarket. Jenis bisnis ini sangat memerlukan dukungan sistem penjualan dan distribusi terintegrasi seperti Cloud ERP Manajemen Inventory besutan SystemEver. Dengan jumlah departement store yang tersebar di area yang luas, sistem pembelian dan sistem penjualan harus terhubung dengan sistem inventory yang integral agar perusahaan dapat dengan mudah melakukan pemantauan kondisi dan ketersediaan produk di setiap cabang, untuk selanjutnya menentukan produk apa yang harus segera dikirim ke cabang tersebut guna memastikan availabilitynya di rak display.

Penggunaan sistem ERP memungkinkan perusahaan mengembangkan skalabilitas bisnisnya lebih cepat, memudahkan serta mengefektifkan bisnis process, menghemat biaya serta meminimalisir adanya resiko ketidakefektifan pengelolaan perusahaan sebagai dampak dari peningkatan skalabilitas perusahaan

Mengenal Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver

Perjalanan SystemEver sebagai sebuah sistem Cloud ERP dimulai tahun 1997 untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Korea akan sistem ERP yang terintegrasi. Di tahun 2003, SystemEver mulai merambah ke ranah global dengan menambahkan dukungan bahasa internasional. Untuk menjamin keamanan dan fleksibilitas pengguna, SystemEver kemudian mendedikasikan diri sebagai ERP berbasis cloud dengan layanan software as service.

cloud inventory management systemever untuk kebutuhan ERP perusahaan

Di Indonesia saat ini SystemEver memiliki 3 solusi cloud ERP yang dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan industri. Ketiga solusi ini memiliki scope yang berbeda sesuai jenis perusahaan yang didukung. 

  • Module i1 Systemever ditujukan untuk perusahaan yang membutuhkan sistem accounting yang lebih simpel namun memiliki efektifitas yang mumpuni. Module i1 sendiri memiliki dua modul utama yakni corporate  serta accounting untuk mengukur aset baik yang dinamis atau fixed yang dimiliki perusahaan
  • Module i5 integrated ERP for Distribution/Trading SystemEver ini ditujukan untuk perusahaan yang fokus dalam bidang distribusi ataupun penjualan. Untuk mendukung perusahaan yang bergerak di kedua bidang tersebut, SystemEver membekali 6 modul utama, selain Corporate dan Accounting, masih ditambah sistem Inventory, Sales/Export, Purchasing dan Cost Accounting
  • Module terakhir adalah i7 integrated ERP for Manufacture. Selain keenam module pada i5 masih ditambah dengan modul produksi yang merupakan bagian tidak terpisahkan dalam industri manufaktur. Gambaran detail Cloud ERP Manajemen Inventorynya bisa dilihat di bagan berikut

perbedaan Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver

Tentunya, kebutuhan sebuah industri akan sistem ERP akan selalu berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain, bahkan jika kedua perusahaan tersebut bergerak di bidang yang sama sekalipun, perbedaan kebijakan top level management, fokus lini bisnis, serta keunggulan setiap perusahaan membuat kebutuhan setiap perusahaan itu unik dengan sendirinya.

Oleh karena itu, sebagai cloud ERP yang menawarkan manajemen inventory terintegrasi bagi perusahaan. SystemEver juga memiliki kemampuan yang cukup flexible, yaitu kemampuan untuk mengatur module guna mendukung kebutuhan perusahaan dan bahkan untuk setiap individu yang terlibat di perusahaan.

Kemudahan akses dalam sebuah sistem ERP umumnya sangat dibutuhkan, mengingat ERP ini adalah sebuah sistem yang mampu mendukung operasi perusahaan dari hulu ke hilir secara komprehensif, bayangan orang adalah sistem ini akan rumit. Tapi jangan kuatir. SystemEver memiliki fitur unggulan yang disebut dengan Visual-K

Fitur Visual-K SystemEver

Manusia adalah makhluk yang memahami visual dengan lebih mudah dibanding text based, oleh karenanya guna memastikan para pengguna SystemEver ini lebih mudah menggunakan sebuah software ERP, diciptakanlah Visual-K. Fitur Visual-K mampu menjembatani kebutuhan otak akan tampilan data yang lebih ramah di mata namun tetap berdasar sumber data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan dalam sebuah proses bisnis.

86256131 162954865156681 3684381744334635008 n

Dengan adanya Visual-K, setiap karyawan bisa memahami workflow pekerjaan secara lebih baik. Lebih mudah melakukan input, memperbaiki, mengamati, membandingkan dan memutuskan sebuah solusi berdasarkan data yang diperolehnya. Dengan demikian, karyawan yang menggunakan Cloud Inventory Management SystemEver ini akan memiliki produktifitas yang lebih tinggi jika dibandingkan menggunakan software ERP lain yang berbasis laporan teks saja.

BACA JUGA:   8 Trik Usaha Membuka Café Dari Nol Hingga Sukses

101831268 250821076370059 8917860545447513551 o

Untuk memudahkan pengguna dalam mengakses Cloud ERP SystemEver ini, SystemEver menyediakan layanan yang memungkinkan pengguna mengakses dari device apa saja, kapan saja dan dimana saja. Poin ini menjadi nilai plus untuk perusahaan yang telah menggunakan sistem cloud ERP selama pandemi covid19 dimana karyawan masih tetap bisa tetap produktif dan berkontribusi bagi perkembangan perusahaan dengan work from home

Special+Features+of+System+Ever  

Keuntungan Menggunakan Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver

Apa saja sih keuntungan dari menggunakan SistemCloud ERP itu sendiri jika dibandingkan dengan sistem lainnya?

  1. Implementasi Lebih Cepat

SistemCloud ERP lebih cepat diimplementasikan daripada on-premise ERP. Lingkungan teknis untuk teknologi cloud dapat dikonfigurasi hanya dalam 24 jam. Sistem ERP satu ini memberi perusahaan lebih banyak waktu untuk fokus pada sisi bisnis transformasi.

  1. Kemampuan untuk Fokus pada Kompetensi Inti Anda

Banyak perusahaan kekurangan staf TI atau tidak mampu membeli sumber daya dan infrastruktur yang sama dengan penyedia cloud. Meskipun sebuah perusahaan mungkin cukup terampil di bidang TI, namun tetap saja itu belum tentu kompetensi intinya. Teknologi cloud memungkinkan perusahaan untuk melakukan outsourcing fungsi TI mereka dan fokus pada bisnis inti. Reseller, misalnya, biasanya lebih suka mendedikasikan lebih banyak fokus pada pengalaman pelanggan daripada pemeliharaan TI.

  1. Lebih Hemat Biaya

Biaya awal mengadopsi teknologi cloud lebih murah daripada teknologi on-promise. Sementara biaya langganan bertambah dari waktu ke waktu, banyak perusahaan lebih peduli tentang meminimalkan pengeluaran modal daripada mengurangi biaya operasi. Perusahaan dapat memilih cloud multi-tenant untuk meminimalkan biaya jangka panjang. Untuk perusahaan yang lebih kecil, biaya jangka panjang ERP cloud lebih murah daripada on-premise ERP.

  1. Lebih Modern

Solusi cloud ERP cenderung lebih modern dan lebih mudah digunakan daripada software on-promise sehingga karyawan mungkin lebih cepat beradaptasi.. Beberapa perusahaan lebih menerima cloud ERP daripada jenis yang lain. Dalam inisiatif teknologi apa pun, Anda harus berkomunikasi dengan karyawan tentang manfaat teknologi baru dan menekankan bagaimana pekerjaan mereka akan menjadi lebih mudah. Nah, hadirnya SistemCloud ERP jauh lebih modern dan mudah sekali untuk diaplikasikan.

  1. Analytics Real-Time

Salah satu manfaat terbesar dari perangkat lunak Cloud ERP adalah akses ke analitik real time. Hal ini memungkinkan perusahaan melihat informasi penting yang tersedia, sehingga Anda dapat tenang mengetahui bahwa data yang Anda lihat selalu relevan dan mutakhir. Analitik realtime dapat membantu Anda saat membuat keputusan bisnis penting dan memastikan pengoptimalan proses.

  1. Keamanan Data yang Kuat

Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver memiliki dukungan keamanan yang kuat. Untuk menghindari pelanggaran keamanan, banyak perusahaan beralih ke cloud ERP karena perusahaan Cloud ERP Indonesia cenderung memiliki lingkungan hosting yang sangat aman. SistemCloud ERP SystemEver memberikan keamanan yang kuat untuk bisnis dari semua ukuran. Anda tidak perlu dengan sistem keamanan cloud yang didukung oleh Microsoft Azuer, karena sistem melacak semua aktivitas dan sepenuhnya mengenkripsi data yang disimpan dalam ERP.

  1. Fleksibilitas

Nah, hal hebat lainnya tentang SistemCloud ERP adalah, selama Anda memiliki akses Internet, semua data dan informasi yang Anda butuhkan tersedia untuk Anda dari lokasi mana pun dan kapan pun. Sistem cloud menyimpan dan mengoperasikan semuanya dari jarak jauh, jadi meskipun karyawan tersebar di seluruh negara, mereka masih dapat memasukkan data secara real-time dari perangkat yang dapat dihubungkan (laptop, smartphone, tablet, dll.).

  1. Skalabilitas

SistemCloud ERP juga dapat diskalakan dengan mudah karena menyesuaikan seluruh infrastruktur dengan ukuran yang diperlukan untuk setiap tahap dalam pengembangan perusahaan. Jika dibandingkan dengan SistemCloud ERP penskalaan dapat menjadi aspek bisnis yang mahal dan rumit, jadi cloud hanya menyederhanakan seluruh proses ini untuk Anda.

  1. Dukungan Layanan

SistemCloud ERP adalah model teknologi yang berbasis langganan, dukungan layanan tersedia 24/7 untuk setiap masalah yang mungkin muncul. Hosting lokal biasanya memerlukan pembelian tambahan untuk paket dukungan, tetapi sebagai pelanggan layanan ERP berbasis cloud, Anda dapat mengakses dukungan yang Anda butuhkan sepanjang waktu.

  1. Level of Access

Sebuah sistem cloud ERP harus dapat memastikan bahwa data hanya dapat diakses oleh mereka yang berkepentingan dan memiliki kewenangan terhadap data tersebut. Karyawan bagian purchasing tidak bisa mengakses data di bagian finance, begitu juga bagian HRD tidak dapat mengakses data marketing. Penerapan level ini memastikan data hanya diakses oleh mereka yang memiliki kewenangan pada area tersebut, kecuali nantinya untuk top level management seperti Manager atau Director.

Penggunaan sistem ERP cloud ini adalah sebuah keniscayaan untuk bisnis yang ingin terus berkembang pesat. Anda bisa mempercayakan kebutuhan bisnis anda dan berkembang bersama https://systemever.co.id/.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.