Decade Counter dengan Codevision AVR

Decade counter adalah sebuah counter yang menghitung sebanyak 10 bilangan, untuk bilangan digital dimana basisnya menggunakan bilangan biner/ hexadesimal, membuat decade counter berarti mengambil 10 bilangan pertama dari 4 digit binary counter yang ada sehingga terlihat seperti sebuah bilangan desimal.

Pengertian Decade Counter

Dalam konteks elektronika, decade counter adalah jenis rangkaian counter atau penghitung yang menghasilkan keluaran biner atau desimal yang mewakili puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya. Counter ini dapat digunakan untuk menghitung jumlah pulsa atau siklus yang masuk ke dalamnya.

Prinsip dasar dari decade counter adalah untuk menghitung atau mengubah status keluaran setiap kali jumlah pulsa masuk mencapai jumlah tertentu, biasanya 10. Setiap kali jumlah pulsa masuk mencapai 10, counter akan menambah satu unit pada keluaran. Dengan demikian, counter ini akan melacak jumlah siklus masuk yang telah terjadi dengan cara yang terorganisir dan dapat diprediksi.

Decade counter umumnya digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan penghitungan siklus, seperti pengendalian frekuensi, pembangkitan waktu, dan pengukuran waktu. Mereka juga dapat digunakan dalam pembangkitan sinyal clock dalam sistem digital. Decade counter dapat dibangun menggunakan berbagai macam komponen elektronika, termasuk flip-flop, gerbang logika, dan transistor.

Prinsip decade counter adalah melakukan counting up setiap ada perubahan input falling edge/rissing edge pada clocknya. Sehingga decade counter hanya dapat digunakan untuk pencacahan naik. Salah satu IC decade counting adalah 7490. 7490 akan memberikan output berupa 4 digit bilangan biner 0-15, dan dapat di short untuk menghitung 0-9 dengan fasilitas overflow setelah counting 9.

Membuat Decade Counter dengan Atmel ATMega dan Codevision AVR

Pada postingan kali ini IC 7490 digunakan bersama IC 7447 (BCD to Seven segment) untuk menampilkan nilai counting up pada 2 seven segment. Dengan demikian, keuntungan menggunakan kedua jenis IC ini adalah pin output mikrokontroller yang dibutuhkan untuk menampilkan rangkaian seven segment display hanya 1 pinout saja terlepas berapa banyak seven segment yang akan digunakan.

Sehingga dengan 1 pinout ini, kita bisa mencacah naik hingga 3 digit seven segment / lebih untuk menampilkan nilai ribuan, ratusan ribu bahkan juta. Tetapi dengan syarat, bahwa tampilan tersebut haruslah counting up. Keuntungan lain dengan menggunakan rangkaian decade counter ini adalah display seven segment benar2 tercatu penuh tanpa menggunakan mekanisme scanning yang juga menghabiskan kaki port mikrokontroler.

Program Decade Counter dengan Codevision

Programnya cukup simple meski untuk melakukan counting up dengan tidak terbatas 🙂 Cocok untuk membuat papan skor pertandingan tanpa perlu membuat program yang sulit.

#include <mega32.h>
#include <delay.h>
void main(void)
{
DDRA=0x02 ;
while (1)
      {
      
      if(PINA.0==0)
      {
      PORTA.1=0;
      }
      else{
      PORTA.1=1;   }
    delay_ms(5);
      }
}

Program decade counter ini secara umum membaca input dari pin A.0 dan kemudian mengatur output pada pin A.1 berdasarkan nilai input tersebut. Jika input pada pin A.0 adalah 0, maka pin A.1 akan diatur menjadi 0, dan jika input pada pin A.0 adalah 1, maka pin A.1 akan diatur menjadi 1. Program ini akan terus berjalan dalam loop tanpa henti, dengan memberikan jeda 5 milidetik setelah setiap iterasi loop.

Hasil ujicoba menggunakan proteus simulator sebagai berikut

decade counter atmega codevision

Tinggalkan komentar

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini