Decade Counter dengan Codevision AVR

Decade counter adalah sebuah counter yang menghitung sebanyak 10 bilangan, untuk bilangan digital dimana basisnya menggunakan bilangan biner/ hexadesimal, membuat decade counter berarti mengambil 10 bilangan pertama dari 4 digit binary counter yang ada sehingga terlihat seperti sebuah bilangan desimal.

Prinsip decade counter adalah melakukan counting up setiap ada perubahan input falling edge/rissing edge pada clocknya. Sehingga decade counter hanya dapat digunakan untuk pencacahan naik. Salah satu IC decade counting adalah 7490. 7490 akan memberikan output berupa 4 digit bilangan biner 0-15, dan dapat di short untuk menghitung 0-9 dengan fasilitas overflow setelah counting 9.

Pada postingan kali ini IC 7490 digunakan bersama IC 7447 (BCD to Seven segment) untuk menampilkan nilai counting up pada 2 seven segment. Dengan demikian, keuntungan menggunakan kedua jenis IC ini adalah pin output mikrokontroller yang dibutuhkan untuk menampilkan rangkaian seven segment display hanya 1 pinout saja terlepas berapa banyak seven segment yang akan digunakan.

Sehingga dengan 1 pinout ini, kita bisa mencacah naik hingga 3 digit seven segment / lebih untuk menampilkan nilai ribuan, ratusan ribu bahkan juta. Tetapi dengan syarat, bahwa tampilan tersebut haruslah counting up. Keuntungan lain dengan menggunakan rangkaian decade counter ini adalah display seven segment benar2 tercatu penuh tanpa menggunakan mekanisme scanning yang juga menghabiskan kaki port mikrokontroler.

Program Decade Counter dengan Codevision

Programnya cukup simple meski untuk melakukan counting up dengan tidak terbatas 🙂 Cocok untuk membuat papan skor pertandingan tanpa perlu membuat program yang sulit.

#include <mega32.h>
#include <delay.h>
void main(void)
{
DDRA=0x02 ;
while (1)
      {
      
      if(PINA.0==0)
      {
      PORTA.1=0;
      }
      else{
      PORTA.1=1;   }
    delay_ms(5);
      }
}

Hasil ujicoba menggunakan proteus simulator sebagai berikut

decade counter atmega

rangkaian counter sederhana, Ic counter dengan avr, tampilan 7 segment counter 0-15, rangkaian 7seg 7447, program counter up avr atmega menggunakan ic 7490, pengertian gambar decade counter, Pembahasan bcd decade up down counter, mengapa decade counter dengan ic 7490 ada loopingnya tidak langsung urut angkanya, membuat counter down dengan tombol desimal, rangkaian counter atmega

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.