DriverPack Online Cara Mudah Update Driver Windows

DriverPack Online bisa dibilang merupakan salah satu solusi untuk melakukan update driver perangkat yang menggunakan sistem operasi berbasis Windows. Oh ya mungkin banyak rekan yang belum paham apa yang dimaksud dengan driver.

Pengertian Driver

Driver sendiri merupakan firmware yang dibuat untuk menjalankan fungsi hardware yang tertanam pada sebuah perangkat komputer. Sebagaimana kita tahu, sistem operasi, aplikasi merupakan jenis software, sedangkan perangkat keras kita adalah hardware, katakanlah kita memiliki sebuah kamera webcam, maka untuk menjembatani komunikasi antara software kamera dengan hardware webcam tersebut butuh sebuah firmware yang sering disebut driver webcam.

Mengapa kita membutuhkan Driver?

Memang Microsoft sendiri memberikan dukungan firmware kepada beberapa jenis hardware, misalnya driver display adapter (VGA adapter) USB adapter dan lain sebagainya, pun demikian, driver bawaan windows ini biasanya adalah compatible driver, dimana driver dibuat menggunakan common feature setiap komponen, artinya, monitor kita yang FHD mungkin tidak disupport oleh driver bawaan Microsoft ini, dan hanya bisa menampilkan resolusi standar saja.

Oleh karenanya, kita sangat disarankan memiliki driver bawaan dari setiap perangkat. Umumnya dalam sebuah perangkat laptop atau PC, kita akan dibekali dengan CD driver yang isinya antara lain

  • VGA driver
  • LAN driver
  • Audio driver
  • Bluetooth driver
  • SD card driver
  • Webcam driver

Selain itu jika laptop kita sudah mendukung fitur semacam fingerprint driver pun sudah disediakan dalam CD official perangkat yang kita beli. Namun gimana jika perangkatnya bukan perangkat yang included disana? Misal printer/scanner?

Caranya gampang sebenernya, tinggal kunjungi website official dari produsen printer/scanner tersebut dan download drivernya. Cuma ya kita harus satu persatu mendownload masing-masing drivernya ke website setiap produsen perangkat masing-masing.

Lalu ada cara yang lebih simple enggak?

Ada caranya adalah menggunakan DriverPack

Solusi DriverPack Online

cara menginstall driverpack online

DriverPack sendiri merupakan kumpulan software driver yang banyak digunakan oleh teknisi dan toko komputer untuk membantu penyelesaian instalasi ulang sistem operasi klien mereka. Ya setelah mereka menginstall ulang Windows, mereka kan gak selalu dibawain CD driver oleh klien, daripada repot harus nyari driver masing-masing perangkat, mending serahkan saja sama DriverPack

Aku mulai mengenal DriverPack sendiri sekitar 2010an, di masa itu ukuran driverpack masih berkisar 1-2 Gb. Sebuah keping DVDR masih sangat cukup untuk mengangkut semua jenis driver perangkat disana, namun di tahun 2020 ini, secara official ukuran DriverPack Offline adalah 23GB. Itu tidak termasuk total database driver yang mereka kumpulkan sebesar 300Gb. Jelas gak ada media penyimpanan berbasis kepingan CD yang bisa menampung ukuran itu.

Solusinya adalah disimpan menggunakan HDD eksternal. Nah jika kalian adalah teknisi atau toko komputer yang selalu membutuhkan driverPack untuk keperluan instalasi komputer klien, 23GB ini emang sebaiknya ada dalam bentuk offline di HDD eksternal/ FDD, tapi jika kalian hanya membutuhkan driver bluetoothnya doang di laptop kalian gimana?

Masak iya harus download 23GB hanya untuk ambil driver Bluetooth?

Cara Menggunakan DriverPack Online

Oleh karenanya DriverPack membuat DriverPack Online. Software online ini bisa didownload dari https://driverpack.io/id/info/driverpack-online terus cara makenya gimana?

Caranya gini

  1. Download aplikasi DriverPack Online
  2. Pastikan bahwa sistem antivirus kalian non-aktif, karena ada beberapa antivirus yang menganggap driver
  3. Jalankan aplikasi DriverPack Online
  4. DriverPack akan segera melakukan scanning terhadap hardware yang digunakan dalam perangkatmu dan mencarikan drivernya dalam database mereka.
  5. Proses ini akan memakan waktu kurang lebih 20-50 menit
  6. Setelah semua driver terpasang/terupdate kamu disarankan melakukan restart komputer/laptop agar driver terbaru bisa segera dieksekusi sistem operasi dan kamu bisa mendapatkan dukungan fitur yang lebih optimal

Pun harus diingat.

Penggunaan DriverPack Online ini hanya bisa dilakukan jika kalian sudah terhubung dengan internet. Dengan kata lain, kalian sudah harus memiliki LAN driver/Wifi driver yang sudah aktif terlebih dahulu. Sialnya, Windows secara default tidak mendukung LAN driver jadi emang mau gak mau kalian harus memasang LAN/Wifi driver terlebih dahulu

Lha tapi kan aku gak punya CD nya?

Memasang DriverPack Online di Sistem Operasi Baru Habis Install Ulang?

Kondisi semacam ini sebenarnya sangat jamak dihadapi para teknisi komputer, termasuk juga aku. Masalah utama yang dihadapi setelah melakukan install ulang sistem baru adalah tidak ada dukungan driver sama sekali. Oleh karenanya. Yang paling utama setelah install ulang sistem buat aku adalah memastikan driver networkingnya terpasang dulu.

Untuk kondisi semacam ini ada baiknya kalian mendownload terlebih dahulu DriverPack Offline Network yang berisi kumpulan LAN/Wifi driver dan tersedia secara offline. Beras DriverPack Network ini cuma 600MB an, setara dengan kapasitas 1 keping CD-R.

Setelah menginstall LAN/Wifi Driver barulah kalian bisa melakukan instalasi driver secara online menggunakan DriverPack Online.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.