FAQ: Apa yang dipelajari di SMK jurusan TKJ

Untuk adik-adik lulusan SMP yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah menengah atas, tentunya saat ini sudah memiliki pilihan yang lebih banyak dibanding dengan kakak-kakak mereka beberapa tahun sebelumnya, saat ini selain SMA dan MA, SMK telah menjadi pilihan favorit pelajar Indonesia sejak dicanangkan perbandingan jumlah SMK : SMA 70:30.

Sampai saat ini telah ada lebih 154 peminatan yang ditawarkan direktorat PSMK untuk anak-anak lulusan SMP / sederajat. Mulai dari ilmu ekonomi, teknologi informasi, rekayasa, pertanian dan lain sebagainya.

Salah satu program keahlian yang cukup meledak di pasaran adalah Teknik Komputer dan Jaringan, program keahlian serumpun dengan Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak ini telah tersebar di berbagai SMK di seluruh Indonesia. Jumlah pastinya saya lupa, tapi dalam jangka waktu satu dasawarsa ini saja, program ini telah berjumlah ribuan dari nol pada awal milenium baru. Sungguh suatu pencapaian yang fantastis.

Q: Mengapa TKJ sangat diminati?

Dunia global saat ini membutuhkan manusia manusia dengan keahlian teknologi informasi, memang betul ada pelajaran TIK dan KKPI di jenjang pendidikan menengah tetapi itupun sudah direduksi ketika kurikulum 2013 diluncurkan, sedangkan perkembangan teknologi informasi ini sangatlah cepat.

Interkoneksi antar perangkat jaringan dan pentransferan informasi lintas platform tentunya memerlukan banyak SDM untuk mendukung semakin menguatnya transfer informasi ini.

Q: Keahlian apa saja yang akan saya dapatkan dari TKJ

Dalam struktur kurikulum TKJ, ada 2 keahlian utama yang ditawarkan, yaitu menjadi teknisi komputer dan yang kedua sebagai network engineer. Di tahun pertama, siswa akan banyak belajar untuk melakukan troubleshooting komputer, mulai dari nol, hingga mampu menyelesaikan permasalahan seputar stand alone computer / laptop. Instalasi sistem operasi, pembersihan virus, perawatan dan perbaikan komputer, backup dan recovery data adalah menu utama untuk siswa TKJ tahun pertama.

BACA JUGA:   Tabungan Proteksi Pendidikan Anak Untuk Masa Depan Buah Hati yang Cerah

Di tahun kedua, siswa TKJ mulai bersentuhan dengan dunia jaringan, teknik instalasi jaringan, pembuatan jaringan secara lokal, penggunaan perangkat jaringan, mempelajari manajemen sistem operasi jaringan seperti Linux, Mikrotik maupun Cisco.

Tahun terakhir, siswa TKJ memperoleh ilmu membuat jaringan luas (WAN) dan jaringan wireless (WLAN) Selain itu masih ada beberapa tambahan seperti pemrograman, database maupun desain web.

Q: Apakah program keahlian ini mampu membawa saya memperoleh penghasilan , bahkan sebelum saya lulus SMK?

Jika melihat kompetensi yang ditawarkan di tahun pertama sebagai siswa TKJ saja, tentu kita bisa melihat bahwa siswa kelas X TKJ pun pada dasarnya sudah bisa mendapatkan penghasilan sendiri, dengan menjadi freelancer menawarkan jasa instalasi dan perbaikan komputer / laptop. Siswa kelas XI sudah mampu untuk menangani proyek pembuatan jaringan lokal untuk klien setingkat rental komputer, warnet dan perkantoran.

Sementara siswa kelas XII dengan kompetensinya mampu menangani permintaan client untuk membuat hotspot area, pembuatan software ringan dan lain sebagainya. Belum jika di sekolah tersebut tersedia pelajaran tambahan / extra seperti fotografi, desain grafis, desain web atau robotika. Tentu peluang untuk menghasilkan uang sendiri dari ilmu yang didapat selama sekolah sangatlah besar.

Q: Dapatkah saya melanjutkan ke Universitas selepas mengambil jurusan TKJ di SMK

Ya, tentu saja, alumni TKJ dapat melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi di Universitas / Perguruan tinggi lainnya. Siswa dapat memilih untuk memperdalam ilmu jaringannnya dan menambah ilmu Informatika lainnya jika mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Teknik Informasi, Komputer yang serumpun dengan bidangnya.

BACA JUGA:   Masa Depan Pendidikan dalam Angan

Selain itu, lulusan juga dapat memilih program studi dari rumpun lain di tingkat universitas, selama kebijakan universitas tersebut tidak membatasi input background siswa-TKJ-praktek-crimping-kabel-UTP-SMK-Bina-Harapan FAQ: Apa yang dipelajari di SMK jurusan TKJ  wallpapermahasiswa barunya.

jurusan tkj, apa yang dipelajari di teknik komputer dan jaringan, apa itu tkj, jurusan TKJ SMK, apa saja yang dipelajari di smk jurusan tkj, yang dipelajari di TKJ, smk jurusan tkj, Yang dipelajari di jurusan TKJ, apa yang dipelajari di tkj, apa yang dipelajari di jurusan tkj

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

13 tanggapan untuk “FAQ: Apa yang dipelajari di SMK jurusan TKJ

  • Juli 12, 2018 pada 1:27 pm
    Permalink

    Saya mau nanya kalo masuk tkj harus wajib punya laptop/pc?

    Balas
    • Juli 18, 2018 pada 3:08 pm
      Permalink

      sama sekali tidak, yang penting punya kemauan untuk belajar mas

      Balas
  • Maret 25, 2018 pada 7:53 pm
    Permalink

    Tanya. Untuk jurusan ini laptop yg minimal spek gimana ya yg bgs. Yg hrga terjangkau. Adik minat jurusan ini.kalau netbook percuma infonya.

    Balas
    • Maret 26, 2018 pada 5:07 pm
      Permalink

      Hallo mas Zhiyan, untuk laptop jurusan TKJ sebenernya spek gak terlalu butuh bagus, tapi minimal intel i3, syukur bisa i5, dengan RAM setidaknya 4 GB, dengan pertimbangan nanti banyak digunakan untuk menjalankan server virtual lewat VMware maupun virtual box. Untuk fitur lain opsional saja. Semoga membantu nggih

      Balas
  • April 17, 2017 pada 2:51 pm
    Permalink

    Gan Maaf bertanya apakah untuk.masuk TKJ wajib Memiliki PC / laptop

    Balas
  • Agustus 6, 2016 pada 5:46 pm
    Permalink

    Semoga saya bisa sukses dam bidang komputer jaringa karena saya masuk jurusan tkj aminnn

    Balas
  • Agustus 4, 2016 pada 5:45 am
    Permalink

    Tedy gua emang bocah emang kayak situ ? poto profil poto anymous tapi mainin cmd aja gak bisa :v

    Balas
  • Juli 19, 2016 pada 3:45 pm
    Permalink

    Oh ternyata TKJ bisa merperbaiki bnyk barang

    Balas
  • Juni 16, 2016 pada 7:07 am
    Permalink

    keren ya kalo ada pelajaran deface web nge hack bank ama nge crack suatu program :v

    Balas
  • Maret 31, 2016 pada 9:00 am
    Permalink

    semoga yg d dikatakan bisa berdampak ke gua lah
    gua niat di tkj plus takut di tkj

    Balas

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: