Jujur, telat biyangget ngomongin tentang golden compas, atau diluncurkan dengan nama Northen Light novel pertama dari trilogi His Dark Material karangan Phillip Pullman, buku ini bahkan telah difilmkan di tahun 2007 yang dibintangi Nicole Kidman dan Daniel Craig.

Ceritanya berpusat pada seorang gadis cilik bernama Lyra, yang harus tinggal dalam sebuah asrama tanpa mengenal siapa orang tuanya. Ia hanya mengenal pamannya yang merupakan seorang yang gemar berekspedisi ke daratan es utara, tempat dimana aurora bersinar dengan terangnya.

The-Golden-Compass-2007 Golden Compas  wallpaperKeinginannya untuk menjelajah daratan utara akhirnya tercapai setelah sahabat karibnya hilang tanpa jejak dan ia sendiri diculik tanpa ia sadari oleh ibu kandungnya sendiri, kemudian diselamatkan keluarga gipsi dan menempuh banyak petualangan rumit bersama beruang berperisai dalam perjalanan mengantarkan sebuah kompas untuk pamannya.

Apa yang aku suka dari novel ini? secara alur novel ini sudah cukup oke cuma kurang greget pada bagian pertempuran2nya, sisanya permainan emosinya lumayan dapet, tapi berhubung ini baru novel pertama dari tiga trilogi endingnya masih nggantung banget, dimana Lyra dan daemonnya memutuskan untuk menyeberang ke dunia lain lewat jembatan aurora yang berada di kutub utara. Tapi cara Phillip menelurkan ide2nya tentang kompas unik yang dapat menjawab pertanyaan manusia, daemon, tentang Debu dan cahaya aurora, adalah fantasi yang cantik.

News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.