International School di Jogja? Ke YIS aja

International School adalah sebutan untuk sekolah yang menggunakan kurikulum internasional. Dengan adanya kurikulum ini, siswa international school memiliki basic ilmu yang sama di seluruh penjuru dunia. Di Jogja sendiri, sekolah yang memiliki kurikulum international school resmi setahu aku hanya Yogyakarta Independent School. Sekolah yang berdiri sejak tahun 1989 di Jogja ini mengacu pada kurikulum international baccalaureate atau disingkat dengan nama IB. International baccalaureate sendiri merupakan kurikulum standar internasional yang diajarkan di 146 negara di dunia. So, anak-anak yang sekolah di Yogyakarta Independent School mendapat materi pembelajaran yang setara dengan anak-anak lain di 146 negara di dunia.

Apa Yang Unik dari Sekolah Internasional di Jogja ?

Di YIS, siswa tidak hanya mengembangkan kemampuan kognisi, tetapi juga kreatifitas dan inovasi
Di YIS, siswa tidak hanya mengembangkan kemampuan kognisi, tetapi juga kreatifitas dan inovasi

Karena memiliki standar pendidikan internasional, maka jika kita datang ke kampus YIS yang terletak di jalan Tegal Mlati, Jombor ini, kalian bisa melihat nuansa yang sedikit berbeda dibanding dengan sekolah lain pada umumnya. Bangunan sekolah ini terintegrasi dengan ruang kelas yang melingkar di sudut gedung, di bagian tengah gedung terdapat meja dan kursi untuk anak-anak dan guru berdiskusi. Ruang guru nampak jelas berada di sudut lain gedung tersebut, anak-anak bisa dengan mudah menemukan guru mereka dan mendiskusikan materi pembelajaran.

International School di Jogja? Ke YIS aja 1
para siswa mendiskusikan materi dari sumber belajar digital bersama guru

Program pendidikan di Yogyakarta Independent School mirip seperti sekolah di Indonesia pada umumnya, mulai dari kindergarten sampai kelas 12 yang setara dengan jenjang SMA. Semua jenjang menempati lokasi yang sama mulai dari TK, SD, SMP, SMA. Konsep terintegrasi ini memungkinkan siswa juga bisa belajar dari kakak-kakak kelas mereka yang lebih tinggi. Bahasa pengantar yang digunakan di YIS adalah bahasa Inggris, namun siswa juga bisa mengambil mata pelajaran bahasa lain seperti Spanyol dan Prancis. Bahasa Indonesia gimana? Oh tetep diajarkan dong, bahkan menurut Principal YIS. Mrs Kimberly, tahun ini anak-anak diwajibkan mengambil mata pelajaran bahasa Indonesia. So they can communicate with Indonesian people tentu saja. 

belajar menggunakan sumber digital, misalnya menggunakan internet untuk mencari model dalam kelas seni rupa
belajar menggunakan sumber digital, misalnya menggunakan internet untuk mencari model dalam kelas seni rupa

Anak-anak YIS sendiri berasal dari berbagai kalangan, ada yang memang native speaker, ada juga yang berasal dari masyarakat Indonesia pada umumnya. Semuanya bergabung di YIS dan bisa berteman satu sama lain, keanekaragaman latar belakang siswa ini membuat anak-anak di YIS menjadi lebih toleran dan menghormati perbedaan satu sama lain.

nasionalisme sekolah internasional
meski sekolah internasional, simbol burung garuda, foto presiden dan wapres adalah bentuk penanaman karakter cinta tanah air
beberapa buku koleksi perpustakaan YIS
beberapa buku koleksi perpustakaan YIS

Di bagian bawah gedung, terdapat ruang guru, ruang admisi dan administrasi, kelas siswa, perpustakaan, tempat ibadah serta UKS. Di bagian atas terdapat berbagai jenis lab yang mendukung pembelajaran siswa. Ada lab musik, lab ipa, lab ips, lab matematika, lab bahasa serta studio seni. Jarang lho ya ada sekolah yang punya lab khusus untuk studio seni.

beberapa alat praktikum medan magnet di laboratorium IPA
beberapa alat praktikum medan magnet di laboratorium IPA

Di lab ipa, terdapat berbagai macam peralatan untuk membantu siswa melakukan eksperimen tentang hukum-hukum alam, baik tentang batuan, cairan kimia, maupun listrik dan mekanis. Di lab musik terdapat berbagai koleksi alat musik, yang menurut aku cukup variatif, mulai dari drum, gitar, piano, biola dan masih banyak lagi.

siswa bermain piano di kelas musik di sekolah internasional Yogyakarta, YIS
siswa bermain piano di kelas musik di sekolah internasional Yogyakarta, YIS

Aku cukup tertarik dengan adanya studio seni, di studio ini, siswa bisa belajar membuat berbagai macam jenis karya. Tidak hanya karya 2 dimensi berupa lukisan, siswa sekolah internasional di Jogja juga belajar membuat aneka produk seni mulai dari pahatan, mozaik, patung kayu, topeng kertas, dan lukisan 3D. Semua hasil karya siswa juga bisa kita temukan di studio maupun di beberapa tempat seperti di dinding kelas mereka.

Di Yogyakarta Independent School, setiap anak unik, dan bebas berkreasi sesuai keunikannya masing-masing
Di Yogyakarta Independent School, setiap anak unik, dan bebas berkreasi sesuai keunikannya masing-masing

Untuk mendukung perkembangan kreatifitas dan potensi siswa, sekolah internasional di Jogja ini memiliki program ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa, antara lain seni musik, basket, taekwondo, panahan, seni rupa, international cooking, hoki, lari lintas alam, craft, robotic, balet dan yoga. 

Siswa YIS, sedang melakukan pertandingan persahabatan dengan tim SSB Real Madrid Yogyakarta
Siswa YIS, sedang melakukan pertandingan persahabatan dengan tim SSB Real Madrid Yogyakarta

Selain itu, terdapat juga lapangan basket di sisi barat lantai 2. Anak-anak YIS dapat berolahraga di lapangan basket ini. Tapi jika kita datang ke YIS tentu kita akan langsung maklum, bukan hanya lapangan basket saja yang bisa digunakan untuk olahraga siswa. Sebuah stadion sepakbola berstandar olimpiade nampak ada di sisi utara gedung Yogyakarta Independent School, selain itu juga terdapat lapangan hoki, lintasan lari dan juga tempat bermain golf di sisi utara. Terpisah oleh lapangan sepakbola, terdapat garden yang berfungsi sebagai lab alam bagi anak-anak YIS untuk belajar mengenal keanekaragaman hayati.

Sekolah di YIS juga bisa lulus UN lho

Bicara soal international program di sekolah tentu akan membuat orang tua bertanya, lha klo anak saya sekolah di YIS, apa bisa lulus Ujian Nasional? 

Kumpulan foto berisi kegiatan pembelajaran siswa di YIS
Kumpulan foto berisi kegiatan pembelajaran siswa di YIS

Berdasarkan lisensi yang dikeluarkan oleh Kemendikbud, Kurikulum YIS juga mengintegrasikan mata pembelajaran yang di UN kan. Bahkan siswa Indonesia khususnya, diwajibkan untuk menempuh ujian nasional seperti siswa di sekolah umum. Hal ini agar mereka juga memiliki prasyarat yang sama dengan siswa lain yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di dalam negeri.

stadion olimpiade milik Yogyakarta Independent School
stadion berstandar olimpiade di lingkungan Yogyakarta Independent School

Berapa sih biaya sekolah internasional di Jogja ini? Dibanding international school lain yang benar-benar menerapkan kurikulum internasional IB, biaya pendidikan di Yogyakarta Independent School terbilang lebih terjangkau. Untuk informasi lebih lengkap, sangat disarankan datang langsung ke kampus Yogyakarta Independent School. Uniknya lagi, berbeda dengan sekolah lain yang menerima pendaftaran siswa di setiap awal tahun ajaran, di YIS siswa bisa mendaftarkan diri sepanjang tahun. Kapan saja mau mendaftar bisa, selama memang mampu mengikuti pembelajaran di YIS. Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengisi formulir yang tersedia di YIS-edu.org atau datang langsung ke bagian administrasi sekolah di Jalan Tegal Mlati No.1 Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman.

Maps Yogyakarta Independent School

BACA JUGA:   Perbedaan Low Order Thinking Skill dan High Order Thinking Skill

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.