Kembangkan Dana Pribadi dengan Bantu UMKM Indonesia di Akseleran

Apa yang kamu lakukan jika memiliki dana pribadi? Menabungnya, atau digunakan untuk membeli emas, tanah atau instrumen lain? Hari ini aku akan coba share mengenai salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembangkan dana pribadi yang kita miliki sekaligus mampu membantu pemerintah dalam memberdayakan UMKM di Indonesia.

Lho kok bisa seperti itu ya?

Ya, dana pribadi kamu nantinya bisa dikembangkan dengan sistem bagi hasil untuk membantu permodalan UMKM dalam mengembangkan usahanya, sebagai gantinya kamu akan memperoleh dana bagi hasil dari pinjaman modal yang dilakukan oleh UMKM.

Kembangkan Dana Pribadi dengan Mudah

Kita tahu bahwa nilai mata uang selalu tergerus dengan inflasi. Inflasi sendiri adalah istilah untuk penurunan nilai mata uang terhadap produk. Mengapa hal tersebut bisa terjadi, harga kebutuhan pokok setiap tahun selalu naik, sehingga uang yang kita miliki saat ini bisa digunakan untuk membeli 10 kilogram beras. Namun di tahun depan, dengan uang yang sama, kita mungkin hanya dapat membeli 9 kilogram beras.

Harga beras, dan kebutuhan pokok setiap tahun meningkat, inflasi rerata tahunan adalah 7%, dengan demikian, setiap tahunnya, nilai uang kita tergerus faktor inflasi tersebut. Itulah mengapa jika kita perhatikan harga barang 10 tahun yang lalu dengan saat ini berbeda jauh.

Lalu bagaimana cara mempertahankan nilai mata uang?

Mempertahankan nilai mata uang mungkin bukan sebuah solusi, solusi yang benar adalah bagaimana menjaga kekayaan finansial kita dari gerusan inflasi. Salah satu opsi yang bisa dilakukan adalah dengan mengembangkan dana pribadi pada instrumen yang memberikan bagi hasil di atas angka inflasi tahunan.

Akseleran Cara Mudah kembangkan Dana Pribadi

Akseleran adalah sebuah startup fintech pendanaan untuk UMKM yang bergerak di bidang produktif di Indonesia. Akseleran menyediakan akses permodalan pada UMKM yang inklusif dengan tetap memberikan suku bunga kompetitif, tenor dan metode pembayaran bervariasi serta penggunaan agunan dan asuransi.

mudah kembangkan dana pribadi akseleran

Hingga awal September, Akseleran mencatatkan peminjaman modal kepada para pelaku UMKM di Indonesia hingga 1.05 triliun rupiah. Performa ini meningkat 109% year on year. Peningkatan peminjaman modal akseleran ini merupakan bukti kepercayaan masyarakat untuk menyertakan dana pribadi mereka untuk membantu UMKM Indonesia lewat mekanisme permodalan Akseleran.

Dari sisi TKB90, Akseleran mencatatkan performa 99.42% dengan NPL 0.08%. TKB90 adalah istilah untuk Tingkat Keberhasilan Bayar 90 hari sejak masa berakhirnya pinjaman, sedangkan NPL adalah Non Performing Loan, atau istilahnya adalah kredit tidak tertagih yang melebihi batas TKB90 dan TKB total, dalam bahasa awam adalah kredit macet.

Pengalaman Mengembangkan Dana Pribadi di Akseleran

Namun, sebagai seorang lender di media pendanaan online Akseleran, aku sendiri tidak terlalu khawatir, karena sejak aku menggunakan Akseleran selama 8 bulan terakhir, semua pinjaman UMKM bisa diselesaikan dengan baik. Dari 60an portofolio pemberian pinjaman yang aku berikan selama 8 bulan ini, tidak ada satupun yang mengalami NPL.

proteksi asuransi pengembangan dana pribadi akseleran

Perkenalanku dengan Akseleran dimulai di awal tahun saat aku mencoba mencari alternatif instrumen untuk mengembangkan dana lewat pendanaan, salah satu yang menarik saat itu adalah kebijakan Akseleran untuk memberikan gratis saldo 100.000 untuk dikembangkan oleh member baru.

Bermula dari modal pendanaan gratis tersebut, aku mencoba mempelajari cara kerja Akseleran dalam mengembangkan dana pribadi sekaligus membantu UMKM di Indonesia.

Cara Kerja Akseleran

Akseleran bekerja sebagai media pertemuan antara lender dengan borrower, aku disini bertindak sebagai lender yang meminjamkan dana pribadi milikku untuk digunakan oleh borrower yaitu UMKM untuk menambah permodalan mereka dengan skema pinjam meminjam.

cara kerja portofolio pinjaman dana pribadi akseleran

Borrower dapat melakukan pinjaman sesuai dengan tingkat resikonya. Nah Akseleran ini membantu banget mengklasifikasi tingkat resiko usaha milik borrower sehingga lender bisa dengan mudah memilih mana campaign yang hendak ia biayai.

Model Pembiayaan Murah, Bisa diikuti Ibu Rumah Tangga dan Mahasiswa

Model pembiayaan di Akseleran ini terhitung murah, dengan nominal minimal Rp.100.000 seorang lender dapat memberikan pinjaman UMKM. Dengan modal uang Rp. 100.000 tentu bisa dilakukan oleh mahasiswa, ibu rumah tangga, atau siapapun. Daripada uang seratus ribu cuma abis buat beli segelas kopi di mall, akan lebih baik jika dikembangkan untuk memperoleh manfaat ekonomi di masa yang akan datang

Apalagi dengan adanya tambahan dana Rp. 100.000 untuk user yang berhasil meregistrasikan diri di platform Akseleran.

Model pembiayaan ini juga menggunakan sistem crowdfunding, dimana banyak lender yang dapat terlibat dalam penyertaan modal ke UMKM, dan sebagai imbal baliknya terdapat bagi hasil dalam bentuk bunga.

Bagi Hasil Akseleran di atas Angka Inflasi

Campaign di Akseleran memberikan bagi hasil dalam bentuk fixed interest antara 11-21% per tahun. Ini tentu jauh lebih tinggi dari angka rerata inflasi yang hanya berkisar 7% per tahun. Dengan demikian, dana yang kita miliki akan semakin bertambah dan bisa memberikan manfaat ekonomi yang lebih tinggi dibanding kita menyimpannya di bank.

Pengkategorian Pendanaan

Akseleran membagi risiko pendanaan mulai dari A+ hingga F, semakin beresiko pendanaan semakin besar pula bunga yang diberikan. Pendanaan di Akseleran sendiri dapat berlangsung dengan tenor 1 bulan hingga 12 bulan. Menariknya, lender dapat melihat kinerja keuangan UMKM yang akan ia danai.

pengembangan dana pribadi dengan crowd funding akseleran

Dengan begitu, kita tidak sekedar memberikan pendanaan kucing dalam karung, karena dengan melihat laporan keuangan tersebut kita bisa memperhitungkan resiko memberikan dana pribadi kita pada campaign tersebut.

Fitur Proteksi Asuransi dan Agunan

Tidak semua lender mau mengambil resiko memberikan pendanaan online begitu saja, Akseleran memahami hal ini sehingga, Akseleran juga menyematkan fitur proteksi Asuransi dan Agunan dalam campaign yang disertakan. Tidak semua campaign menggunakan proteksi Asuransi maupun memiliki agunan, dengan demikian bagi hasil bunga yang ada pada campaign tersebut pun tinggi, setara dengan resiko yang ada.

Namun jika kita bukan seorang yang cukup berani mengambil resiko ada banyak sekali campaign yang lebih aman untuk dipilih, yaitu yang sudah berlogo Proteksi Asuransi dan informasi penggunaan jaminan agunan.

Frekuensi Angsuran Bulanan

Rata-rata campaign di Akseleran menggunakan frekuensi angsuran pembayaran bunga bulanan, jadi meskipun dana pokok akan dikembalikan di akhir campaign, secara rutin kita memperoleh nilai manfaat dari campaign yang kita sukai.

Fitur Auto lending Yang Membantu Banget untuk Para Lender

Ini adalah fitur paling aku suka dari Akseleran, yaitu Auto Lending. Auto Lending adalah fitur yang dapat digunakan untuk melakukan pembiayaan campaign secara otomatis berdasarkan prasyarat yang sudah kita tetapkan sebelumnya, misal, berapa bunga minimal yang kita inginkan, kategori resiko maksimal campaign yang dijalankan, dan berapa dana maksimal yang akan kita gunakan untuk pendanaan UMKM tersebut.

kembangkan dana pribadi akseleran

Auto Lending ini akan selalu aktif, jadi kita tidak perlu memantau Akseleran setiap saat, atau buru-buru mengecek email jika ada campaign baru sesuai dengan preferensi kita. Cukup gunakan Auto Lending, dan kita bisa melanjutkan kesibukan kita di dunia nyata.

Nah untuk menggunakan auto lending ini, syarat utamanya adalah tersedia saldo di rekening dana lender kita minimal Rp. 100.000 sesuai nilai pendanaan minimal di Akseleran.

Gratis dan Mudah Top Up Saldo Menggunakan Rekening BCA

Akseleran bekerjasama dengan BCA dalam menyediakan Rekening Dana Lender, Rekening Dana Lender adalah rekening khusus atas nama kita yang digunakan untuk menyimpan uang dalam pembiayaan modal UMKM di Akseleran.

Dana di RDL dapat kita gunakan untuk melakukan pembiayaan secara langsung di Akseleran, ditarik ke rekening utama kita, maupun digunakan untuk mengaktifkan fitur auto lending.

Proses top up saldo di rekening dana lender ini pun sangat cepat, pengalamanku, kurang dari 2 menit, dana RDL sudah bisa diakses di platform Akseleran, jadi kalau aku nemu campaign pembiayaan yang bagus, aku bisa langsung bergerak cepat. Proses penarikan withdraw sendiri tidak dikenakan biaya untuk pengguna RDL BCA

Tertarik Ikutan Gabung Kembangin Dana Pribadi di Akseleran?

Buat kalian yang ingin kembangin dana pribadi kalian di Akseleran, boleh banget ikuti step by step ini

  1. Daftarkan diri kalian di website resmi Akseleran.co.id atau lewat apps Akseleran yang bisa diunduh di Playstore
  2. Gunakan kode referral AKSLPRIYO400621, tanpa kode ini, kalian tidak akan memperoleh free deposit Rp. 100.000 di akun Akseleran kalian, hmmm sayang banget kan?
  3. Dana Referral wajib dipinjamkan ke dalam campaign yang ada di Akseleran terhitung kurang dari 7 hari setelah mendaftar di Akseleran
  4. Kode referral hanya dapat digunakan satu kali.

Dana referral kalian harus segera kalian gunakan untuk melakukan pendanaan di Akseleran agar mendapat manfaat, selain itu, sangat disarankan kalian menambah saldo pendanaan di rekening dana lender kalian agar kalian bisa mengembangkan dana pribadi kalian lebih cepat dan mendapat manfaat ekonomi yang lebih besar di masa mendatang.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.