Martial Belt

Bagi para penghobbi bela diri khususnya beladiri dari Asia tentu sudah mahfum dengan penggunaan belt bagi para praktisinya. Sabuk beladiri bagi setiap praktisi menandakan tingkatan kemampuan dirinya dalam beladiri tersebut.

Untuk beladiri dari asia timur seperti jepang dan korea, rata2 memulai penggunaan sabuk dari warna putih, baru kemudian merangkak ke warna2 yang lebih gelap. Tidak semua jenis beladiri menggunakan jenis warna yang sama untuk masing2 tingkatan. Ada yang secara runtut menggunakan peralihan warna, ada yang menggunakan gabungan warna dengan strip untuk tiap tingkatan, ada yang mengkombinasikan dengan penggunaan hakama.

Warna yang sering digunakan adalah putih, kuning, merah, hijau, biru, coklat dan hitam. Warna dasar hitam seringkali dijadikan warna tertinggi, meski dalam beberapa aliran dunia pencak silat justru urutan warna putih lah yang tertinggi dan hitam yang terendah. Tapi hampir sebagian besar jenis beladiri menggunakan jenis warna2 tersebut.

Pink-belt

Jarang sekali nemu ada beladiri yang menggunakan warna sabuk pink, ya pink!!! gak bisa ngebayangin klo seorang Dan 1 menggunakan warna sabuk pink, bisa2 jadi tertawaan banyak orang. Tapi ternyata penggunaan warna sabuk pink dalam beladiri sudah banyak digunakan beberapa jenis beladiri di Amerika, mereka menggunakannya untuk level anak2 atau wanita2 pemula, meski di google pic nemu juga cowok2 yang make pink belt itu, gak tau deh klo ada cowok di Indonesia yang latihan beladiri kok make sabuk warna pink, Nggilani!

BACA JUGA:   Film Warnet

7 thoughts on “Martial Belt

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.