Memilih Ikan Hias untuk Satu Aquarium

Di antara penggemar ikan hias, pasti ada yang seneng hanya memelihara satu jenis ikan hias dalam satu aquarium, sedangkan sisanya seperti saya demen klo liat isi aquariumnya campur2, malah kalau bisa semua jenis ikan hias ada di dalam satu akuarium gak peduli itu galak apa enggak. Daftar jenis ikan hias air tawar berikut gambarnya silahkan lihat di Jenis ikan hias air tawar

Untuk penggemar ikan hias pemula seperti saya, agak susah rasanya untuk tahu mana sih ikan hias yang galak dan mana ikan hias yang damai dan dapat hidup berdampingan dengan jenis lainnya. Mau gak mau cara untuk tahunya ya belajar, tanya penjualnya, searching dan menemukan artikel ini di google, atau sekedar main cemplungin ikan2nya ke akuarium kalau udah mati banyak baru deh ketahuan mana yang galak mana yang enggak 😀

Hehe, kalau buat saya sendiri setelah setahun miara macem2 ikan hias dalam satu akuarium dan sering sowan ke beberapa penjual ikan hias di daerah Yogyakarta, Sleman dan sekitarnya, setidaknya ada beberapa jenis ikan hias aquarium dilihat dari kegalakannya.

Macam-macam ikan hias air tawar yang bisa dicampur dalam 1 akuarium

1. Ikan hias yang damai inferior, ini tipe ikan hias air tawar yang bisa dicampur ini bisa hidup tenang dan bertetangga dengan ikan hias yang lain tapi begitu berada dalam akuarium yang berisi ikan hias galak dia bakal jadi bulan bulanan pertama kali disana.

Ikan mas koki, semua jenis baik rancu, mutiara, mata balon dan kroni2nya, selain faktor bodynya yang semok susah buat dia menghindar dari sergapan ikan2 berbodi langsing dan cepat menyambar.

Ikan komet memang memiliki daya tahan yang lebih dibanding ikan mas koki, tapi ikan ini sering juga di bully ikan yang gak terlalu galak semacam ikan gurameh padang dan cavlar *iwak kometku mati kabeh diajar grameh padang* entah kenapa itu gurameh padang mirip kayak banteng klo liat ikan berwarna kemerahan langsung di sambar, ikan komet tiga warna cenderung lebih aman daripada yang dua warna.

BACA JUGA:   Read more, know more

Ikan molly, barbir, mickey mouse, swordtail dan sederet ikan kecil lainnya yang hanya mampu tumbuh kurang dari 5 cm biasanya sering dijadikan korban oleh tetangganya yang bertubuh lebih besar.

2. Ikan hias damai tipe rata2, jenis ikan ini adalah ikan damai yang jarang dijadikan sasaran tembak ikan lain meskipun ya intinya tergantung ukuran besar kecilnya ikan sih.

Macam-macam ikan hias air tawar yang bisa dicampur dalam kategori ini adalah Blackghost, balashark, koi, blackshark, belida, hiu tawar, corydoras, manfish dan ikan sapu bagian dari jenis ikan hias ini, gak galak sama yang tipe pertama masih bisa akur satu sama lain, kalau kadang usil tapi gak banget, cenderung tenang

3. Tipe agak galak

Ikan yang galak sebenernya bisa dilihat dari kelancipan sirip punggungnya, semakin terlihat runcing maka hampir pasti ikan itu termasuk ikan yang galak, tipe ketiga ini didalamnya adalah musuh2 dari tipe pertama tapi jarang mau mengganggu golongan kedua, mereka cenderung kecil, dan mampu bergerak cepat, antara lain ikan gurame padang, niasa, lemon, asal mereka lebih kecil dari tipe pertama atau dikasih ikan koi yang gede, biasanya mereka takut2 untuk menyerang tipe pertama, tapi begitu ikan ini gede jangan tanya, usil deh.

4. Tipe pasti galak

Ini ikan yang pasti galaknya, mending gak disatukan sama ikan yang lain daripada malah ngabisin isi aquarium, mereka menganggap akuarium adalah wilayah mereka dan ikan lain adalah makanan mereka, jadi mending klo punya ikan jenis ini emang di sendiriin dalam jenis masing2, sesama galak kadang emang akur tapi jika yang satu kadar galaknya kurang hampir pasti bakal jadi korban yang lebih galak.

BACA JUGA:   Titanic Team Marvel's

Jenis ikan hias air tawar Parrot, Oscar, Louhan, Arwana, Piranha, yang terakhir jangankan ikan lain, kita masukin jari aja bisa dikerokotin kok.

Nah kira2 begitu gambaran kalau mau beli ikan hias yang bisa dicampur dan tidak bisa dicampur, hanya berdasar pengalamanku sih memelihara beberapa belas jenis ikan dalam satu akuarium ya biarpun sekarang banyak yang mati karena kebanyakan pakan hahaha.

Oh ya, gimana kalau ikan cupang? aih itu cupang selama gak dicampur sama cupang jantan lain dalam satu akuarium gak papa kok malah pernah dua kali beli cupang begitu masuk aquarium buntutnya langsung abis dimakanin sama koi 😀 intinya dia kalahan karena bodynya kalah gede sama yang lain, cuma sih emang dia petarung klo lawannya juga sama2 cupang 😀

Bagaimana dengan mencampur lobster dan kura-kura dengan ikan hias air tawar?

Selain memelihara ikan aku juga memelihara udang lobster dan kura-kura di akuarium, soal tangkringan mah gampang, taruh aja filter airnya agak tinggi jadi bisa dipakai kura-kura kita buat berjemur sebentar di atas air. Sementara udang di akuarium bisa bersembunyi dibalik karang. Tapi ingat ya, lobster sewaktu kecil masih mau makan pelet, tapi begitu agak gede dia bakalan mulai mengusik ikan yang jadi tetangganya.

Prinsipnya, baik lobster maupun kura-kura adalah predator bagi ikan. Saat ukuran ikan hias aquarium lebih besar, lobster dan kura-kura tidak berani menangkapnya, tetapi jika ukuran mereka sudah sama atau lebih superior, sebaiknya pisahkan kura-kura dan lobster dari akuarium ikan anda.

ikan hias air tawar yang bisa dicampur, ikan hias, jenis ikan hias air tawar yang bisa dicampur, ikan hias yang bisa dicampur dalam satu akuarium, ikan hias damai, ikan hias yang tidak galak, ikan hias yang bisa dicampur, ikan manfish galak, ikan hias air tawar yang tahan lama, ikan hias yg tidak gampang mati
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.