Memilih Ikan Hias untuk Satu Aquarium

Di antara penggemar ikan hias, pasti ada yang seneng hanya memelihara satu jenis ikan hias dalam satu aquarium, sedangkan sisanya seperti saya demen klo liat isi aquariumnya campur2, malah kalau bisa semua jenis ikan hias ada di dalam satu akuarium gak peduli itu galak apa enggak. Daftar jenis ikan hias air tawar berikut gambarnya silahkan lihat di Jenis ikan hias air tawar

jenis-ikan-hias-air-tawar-discus Memilih Ikan Hias untuk Satu Aquarium  wallpaperUntuk penggemar ikan hias pemula seperti saya, agak susah rasanya untuk tahu mana sih ikan hias yang galak dan mana ikan hias yang damai dan dapat hidup berdampingan dengan jenis lainnya. Mau gak mau cara untuk tahunya ya belajar, tanya penjualnya, searching dan menemukan artikel ini di google, atau sekedar main cemplungin ikan2nya ke akuarium kalau udah mati banyak baru deh ketahuan mana yang galak mana yang enggak 😀

Hehe, kalau buat saya sendiri setelah setahun miara macem2 ikan hias dalam satu akuarium dan sering sowan ke beberapa penjual ikan hias di daerah Yogyakarta, Sleman dan sekitarnya, setidaknya ada beberapa jenis ikan hias aquarium dilihat dari kegalakannya.

Macam-macam ikan hias air tawar yang bisa dicampur dalam 1 akuarium

1. Ikan hias yang damai inferior, ini tipe ikan hias air tawar yang bisa dicampur ini bisa hidup tenang dan bertetangga dengan ikan hias yang lain tapi begitu berada dalam akuarium yang berisi ikan hias galak dia bakal jadi bulan bulanan pertama kali disana.

Ikan mas koki, semua jenis baik rancu, mutiara, mata balon dan kroni2nya, selain faktor bodynya yang semok susah buat dia menghindar dari sergapan ikan2 berbodi langsing dan cepat menyambar.

Ikan komet memang memiliki daya tahan yang lebih dibanding ikan mas koki, tapi ikan ini sering juga di bully ikan yang gak terlalu galak semacam ikan gurameh padang dan cavlar *iwak kometku mati kabeh diajar grameh padang* entah kenapa itu gurameh padang mirip kayak banteng klo liat ikan berwarna kemerahan langsung di sambar, ikan komet tiga warna cenderung lebih aman daripada yang dua warna.

BACA JUGA:   Ini Dia 3 Muscle Car Termahal di Dunia!

Ikan molly, barbir, mickey mouse, swordtail dan sederet ikan kecil lainnya yang hanya mampu tumbuh kurang dari 5 cm biasanya sering dijadikan korban oleh tetangganya yang bertubuh lebih besar.

2. Ikan hias damai tipe rata2, jenis ikan ini adalah ikan damai yang jarang dijadikan sasaran tembak ikan lain meskipun ya intinya tergantung ukuran besar kecilnya ikan sih.

Macam-macam ikan hias air tawar yang bisa dicampur dalam kategori ini adalah Blackghost, balashark, koi, blackshark, belida, hiu tawar, corydoras, manfish dan ikan sapu bagian dari jenis ikan hias ini, gak galak sama yang tipe pertama masih bisa akur satu sama lain, kalau kadang usil tapi gak banget, cenderung tenang

3. Tipe agak galak

Ikan yang galak sebenernya bisa dilihat dari kelancipan sirip punggungnya, semakin terlihat runcing maka hampir pasti ikan itu termasuk ikan yang galak, tipe ketiga ini didalamnya adalah musuh2 dari tipe pertama tapi jarang mau mengganggu golongan kedua, mereka cenderung kecil, dan mampu bergerak cepat, antara lain ikan gurame padang, niasa, lemon, asal mereka lebih kecil dari tipe pertama atau dikasih ikan koi yang gede, biasanya mereka takut2 untuk menyerang tipe pertama, tapi begitu ikan ini gede jangan tanya, usil deh.

4. Tipe pasti galak

Ini ikan yang pasti galaknya, mending gak disatukan sama ikan yang lain daripada malah ngabisin isi aquarium, mereka menganggap akuarium adalah wilayah mereka dan ikan lain adalah makanan mereka, jadi mending klo punya ikan jenis ini emang di sendiriin dalam jenis masing2, sesama galak kadang emang akur tapi jika yang satu kadar galaknya kurang hampir pasti bakal jadi korban yang lebih galak.

Jenis ikan hias air tawar Parrot, Oscar, Louhan, Arwana, Piranha, yang terakhir jangankan ikan lain, kita masukin jari aja bisa dikerokotin kok.

Nah kira2 begitu gambaran kalau mau beli ikan hias yang bisa dicampur dan tidak bisa dicampur, hanya berdasar pengalamanku sih memelihara beberapa belas jenis ikan dalam satu akuarium ya biarpun sekarang banyak yang mati karena kebanyakan pakan hahaha.

Oh ya, gimana kalau ikan cupang? aih itu cupang selama gak dicampur sama cupang jantan lain dalam satu akuarium gak papa kok malah pernah dua kali beli cupang begitu masuk aquarium buntutnya langsung abis dimakanin sama koi 😀 intinya dia kalahan karena bodynya kalah gede sama yang lain, cuma sih emang dia petarung klo lawannya juga sama2 cupang 😀

BACA JUGA:   Aksesori Kolam Ikan Hias

Bagaimana dengan mencampur lobster dan kura-kura dengan ikan hias air tawar?

Selain memelihara ikan aku juga memelihara udang lobster dan kura-kura di akuarium, soal tangkringan mah gampang, taruh aja filter airnya agak tinggi jadi bisa dipakai kura-kura kita buat berjemur sebentar di atas air. Sementara udang di akuarium bisa bersembunyi dibalik karang. Tapi ingat ya, lobster sewaktu kecil masih mau makan pelet, tapi begitu agak gede dia bakalan mulai mengusik ikan yang jadi tetangganya.

Prinsipnya, baik lobster maupun kura-kura adalah predator bagi ikan. Saat ukuran ikan hias aquarium lebih besar, lobster dan kura-kura tidak berani menangkapnya, tetapi jika ukuran mereka sudah sama atau lebih superior, sebaiknya pisahkan kura-kura dan lobster dari akuarium ikan anda.

ikan hias air tawar yang bisa dicampur, ikan hias, jenis ikan hias air tawar yang bisa dicampur, ikan hias yang bisa dicampur dalam satu akuarium, ikan hias damai, ikan hias yang tidak galak, ikan manfish galak, ikan hias yang bisa dicampur, ikan hias air tawar yang tahan lama, ikan hias yg tidak gampang mati

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

46 tanggapan untuk “Memilih Ikan Hias untuk Satu Aquarium

  • Januari 9, 2018 pada 3:53 pm
    Permalink

    Masa kalo ikan hias semua dimasukan ke dalam tanpa liat apa mereka buas atau tidak itu resiko tidak? soalnya kita tidak tau bedanya ikan itu buas atau tidak

    Balas
  • September 15, 2017 pada 5:40 am
    Permalink

    Kalau koki ama guppy bisa ga bang soalnya kalau saya baca di web lain kalau ga salah itu ikan koki perlu air dgn suhu 20-an derajat sedangkan guppy perlu 70-an gimana nih mas saya kurang tahu soalnya saya pemula

    Balas
    • September 22, 2017 pada 3:11 pm
      Permalink

      Klo suhu 70an ntar mateng mas ikannya. Hehe. Yg jelas ketika beli ikan. Jangan keluarin ikan dari plastiknya. Tapi cemplungin plastiknya di aquarium kira-kira 10 menit. Ini biar ikan bisa beradaptasi sama perubahan suhu dari plastik ke akuarium. Selama ini saya g make heater sih mas, tinggal cemplungin aja

      Balas
  • Oktober 28, 2016 pada 12:07 pm
    Permalink

    Ya mslh ikan cupang benar sih, saya punya ikan cupang 1 giant plakat di campur ke aquarium isinya black ghost, sapu sapu, komet, bala shark, lobster, lemon, guppy, red zebra,molly semua akur tuh, malah rasanya cupangnya yg kewalahan, siripnya hancur dikit

    Balas
  • Juni 11, 2016 pada 6:16 pm
    Permalink

    pak priyo, aku punya 4 manfish dan 1 sepat biru berukuran 4cm
    pernah naro sepat kecil tapi mati dengan sepat yg gede diplatukin.
    saran ikan apa aja ya yg bersahabat buat tank aku biar nambah ikannya.

    Balas
  • Maret 15, 2016 pada 4:55 am
    Permalink

    Ikan koki jambulku di bantai sama block ghost kok bisa ya.black ghost suka makan jambul &sisik nya.padahal dlm aquarium diameter 120+30cm hanya tk taruh 2 black ghost saja.koki 5 habis dibantai

    Balas
  • Januari 9, 2016 pada 10:20 am
    Permalink

    Ikan yg bisa dicampur sama ikan lemon kira2 apa ya gan?

    Balas
  • Desember 25, 2015 pada 11:42 am
    Permalink

    Akuariumku tak kasih arwana silver 2, komet 2, dan koi 4,ikan sepat 1,ikan lemon 1..hahaha aman dan berbulan bulan hidup.. Damai dan sehat2 semua…

    Balas
  • November 16, 2015 pada 7:35 pm
    Permalink

    Zean Harvey udang klo kecil gak masalah mas, klo udah gede ya dia bakalan nyapit ikan yang lewat, pengalaman saya punya lobster air tawar gitu, klo harganya sih murah sepuluh ribu bisa dapet

    Balas
  • November 16, 2015 pada 7:34 pm
    Permalink

    klo untuk ikan lemonnya, selama dia lebih kecil dibanding ikan lain, biasanya dia tidak akan menyerang, tetapi nanti klo dia besarnya sudah setara atau melebihi ikan lain akan sering usil, pengalaman saya beberapa ikan komet saya kerap dikejar-kejar dan digigiti ikan lemon tersebut. Sedangkan untuk ikan yang mirip komet tersebut, saya kurang yakin jenisnya, tapi yang memiliki bentuk sedikit mirip ikan komet itu ikan koi slayer, warnanya cenderung putih, hobi makannya kuat, waktu kecil agak mirip ikan komet tapi nanti setelah agak besar mulai terlihat menyerupai ikan koi yang badannya lebih berisi dibanding komet. Klo saya komet bisa dicampur ikan koi biasa, tapi memang harga koi sedikit lebih mahal

    Balas
  • November 16, 2015 pada 5:41 pm
    Permalink

    Itu ada sendiri penyakitnya, kalo gak salah ada penanganan khusus kalo buat itu, coba searching aja penyakit-penyakit ikan hias. Tapi untuk sementara, bener tuh kata mas Priyo Harjiyono, kasih garam ikan aja dulu untuk sementara. Cara penggunaan tanya aja sama mas di tokonya xD.

    Balas
  • November 16, 2015 pada 5:38 pm
    Permalink

    Saya punya akuarium kecil (yang besar masih rusak kacanya). Ukurannya kurang lebih 40 x 25 (p x l). Saya masih termasuk baru terjun ke dunia ikan, dan kemarin saya membeli 6 ikan lemon, dan 4 ikan komet, dan saya masukan kedalam akuarium yang sudah ada 3 ikan mas di dalamnya (entah jenis apa, tubuh panjang, sirip atas lumayan tinggi, memanjang dari tengah tubuh sampai dekat ekor, sirip bawah ada 3 (2 pasang tengah dan 1 dekat ekor), ekor mirip punya komet tapi lebih pendek sedikit, warna ada yang oranye dengan sisik emas mengkilat, ada yang putih dengan sedikit oranye, ada juga yang full oranye. Kemungkinan ikan mas lokal yang dah blasteran berbagai macam ikan mas?? xD). Setelah semuanya masuk, 1 hari kemudian 1 ikan lemon jantan mati (matanya satu gelap satu biasa, mungkin abis brantem sama 2 ikan lemon jantan yang lain?).

    Nah kira-kira ikan lemonnya saya pindahin ke baskom kecil saja mungkin?? (tentunya dengan menggunakan gelembung untuk oksigennya, klo filternya masih belum tahu) Semoga sih akuarium besarnya cepet dibenerinnya, biar yg lemon bisa di taro di akuarium kecilnya, tinggal beli karangnya deh biar gk ribut lagi lemonnya xD.

    Dan kira-kira itu ikan mas yang saya gambarkan itu, mirip ikan mas jenis apa yah? Kalo ada yang bisa jawab tolong di jawab. Oia, itu ikan mas lebih demen makan, taro pelet 2 detik kemudian langsung disamber, yang komet jadi gak makan deh xD. Jadi yang komet harus dikasih pelet yang dah direndem trus dipencet biar tenggelem, kalo pelet dah tenggelem ikan mas yang entah jenis apa ini biasanya gak bisa deteksi makananya dimana, cuman makan pelet yang ngambang dia. Sama yang putih suka loncat-loncat keluar akuarium pas malem, tapi dah mati itu ikannya, entah kenapa sisiknya hilang semua satu sisi….

    Balas
  • September 6, 2015 pada 3:00 pm
    Permalink

    Kalau aku suka yang langsung nyemplung ke Lautan aja, lihat live 🙂

    Balas
  • September 3, 2015 pada 7:31 am
    Permalink

    Selamat Siang,
    Kami dari perusahaan properti ingin mengajak teman2 blogger yang punya blog pribadi, untuk melakukan paid review

    untuk teman2 yang berminat melakukan paid review dan memiliki niche sbb:

    rumah
    desain rumah
    berita
    properti
    arsitek
    dekorasi
    atau yang berhubungan dengan niche diatas.

    kita akan menawarkan mulai dari rp. 100rbu-500rbu / blog post tergantung kualitas blognya dengan jumlah kata min. 400 kata.
    dan mencantumkan minimal 1 link ke situs yang kita minta.

    blog harus memiliki min. pr 1 dan berumur min. 1 tahun bkn free blog.

    yang berminat silahkan PM ke inbox atau kirim email : developerrumahku@gmail.com

    Balas
  • Agustus 20, 2015 pada 5:09 am
    Permalink

    Ikan hias ada yang galak juga ya. Hehe. Kalo ikan koki biasanya gampang stress kalo denger suara terlalu berisik.

    Balas
  • April 29, 2015 pada 9:35 am
    Permalink

    tanya kalau louhan campur koki komet gmna
    tq

    Balas
    • April 29, 2015 pada 8:36 pm
      Permalink

      habis koki kometnya mas, louhan paling bisa dicampur sama ikan sapu

      Balas
  • Februari 4, 2015 pada 4:46 am
    Permalink

    sama blackghost, balashark atau corydoras mas, tapi paling bagus menurut saya malah sama koi

    Balas
  • Februari 3, 2015 pada 7:54 am
    Permalink

    ikan komet bagusnya di gabung sama ikan ap yah dlm 1 aquarium ???
    biar enak bisa di lihat rame dalam 1 aquarium

    Balas
  • Januari 21, 2015 pada 6:43 am
    Permalink

    kenapa sih ikan molly saat lahir seringkali mati terus anaknya ikutan mati juga

    Balas
    • Januari 22, 2015 pada 7:17 am
      Permalink

      waduh klo itu saya juga kurang tahu mbak there, mungkin bisa tanya2 langsung ke penjual ikan atau tempat pemijahannya

      Balas
  • Desember 30, 2014 pada 3:26 am
    Permalink

    Saya satukan ikan koki dgn ikan molly, tapi Yang saya perhatikan malah ikan molly suka matok matok gitu ke ikan koki.. itu aman gak master??

    Balas
  • November 20, 2014 pada 9:36 am
    Permalink

    Sharing ilmu aja.
    Sy berhasil mencampur ikan predator dan ikan non predator. Akuarium sy 1 meteran kira2, sy sdh pelihara ikan red tail catfish 1 ukuran 1/2 hasta, ikan palmas 1/2 hasta 1 ekor, 1 ekor cichlid severum, 2 ekor koi, 6 ikan zebra danio yg kecil2, 2 ekor plecho, 1 ekor kura2 brazil, 1 black ghost, mereka hidup rukun.
    Caranya belilah ikan sewaktu masih kecil2, dan berikan cahaya yg terang pd akuarium. Makanan berikan 2kali sehari, berikan tempat sembunyi batu atau kayu besar.
    Info lebih lanjut email sy ya…

    Balas
    • November 21, 2014 pada 4:29 am
      Permalink

      terimakasih tambahan ilmunya mas mahesa, insyaallah bermanfaat buat saya dan para pembaca dalam memilih jenis ikan di akuarium

      Balas
  • September 10, 2014 pada 12:01 pm
    Permalink

    Blackghost, balashark, koi, blackshark, belida, hiu tawar, corydoras, manfish, dan koki bisa disatuin gak

    Balas
    • September 10, 2014 pada 3:16 pm
      Permalink

      bisa mas, saya pernah campur semuanya, gak bareng sih tp bergantian (ada yang mati trus beli jenis lain) g ada masalah

      Balas
  • Juni 28, 2014 pada 1:34 am
    Permalink

    kok ikan molly ku usil ya ?. gigit2 ikan kokyku. apa kudu aye jadiin makanan ayam aja :3

    Balas
    • Juni 29, 2014 pada 11:37 am
      Permalink

      klo ikan mollynya lebih gede dari ikan kokinya mungkin aja, soalnya ikan koki paling menggoda buat digodain ma ikan lainnya

      Balas
  • Juni 9, 2014 pada 5:52 pm
    Permalink

    Sama …. aquarium ku jg di isi ikan kecil macem2 ama kura2 kecil ….
    Aman2 saja
    Aku penasaran sama cupang ….. aku coba deh

    Heheheeeeee

    Balas
  • Juni 9, 2014 pada 2:40 am
    Permalink

    Hehehe, kok sama ya, saya baru beberapa bulan ini memutuskan membeli ikan dan aquarium, selain mudah pemeliharaannya, untuk anak-anak juga lebih aman dan bermanfaat…

    Balas
  • April 17, 2014 pada 5:28 pm
    Permalink

    coba dibelikan garam khusus akuarium mas, tiap ganti air dikasih garam dulu. Dulu sempet dikasih tau penjual ikan ada obat khusus untuk ikan2 yg sakit, semacam cairan yg dituangkan beberapa tetes ke akuarium, tp harus dipisahkan dulu ikan2 sehatnya

    Balas
  • April 17, 2014 pada 5:26 pm
    Permalink

    saya pernah coba di akuarium, enggak saling makan kok, tp kura2nya kecil aja, kasih tangkringan buat berjemur, klo kura2 gede kan makannya emang ikan, cepet laper mungkin klo dikasih makan pakan ikan biasa

    Balas
  • Februari 5, 2014 pada 11:37 pm
    Permalink

    bisa gak hidup ama kura-kura?ikan koi, gak dimakan tuh ama kura-kura yah?

    Balas
  • Oktober 18, 2013 pada 2:41 am
    Permalink

    ikan aq sering mati juga bnyk bintik2 putih yg nempel

    bgmn cara mngatasinya..?

    Balas
  • Februari 1, 2013 pada 5:37 pm
    Permalink

    ikan sumatera alias tiger fish jg galak.

    Balas
  • September 5, 2012 pada 4:00 am
    Permalink

    om mau tannya nih
    zona ikan hias ada dimana aja yah kalo di jogja?
    termasuk yang sentra2 ikan hiasnya dimana aja yah?
    thanks…

    Balas
    • September 30, 2012 pada 3:32 pm
      Permalink

      klo di daerah selatan coba ke PASTY, tempatnya di jalan bantul sebelah utara ringroad selatan, bekas pasar ngasem masih ada beberapa toko, klo daerah utara, utara tugu jogja sebelum per4an SMK jetis ada, gejayan sebelah utara bangjo pasar demangan sama utara selokan mataram.

      sentra ikan hiasnya kurang tahu mas, dulu sempet mampir di sekitar blok O janti tapi dah lupa jalannya, sama klo dari penjualnya bilang daerah salam, magelang

      Balas

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: