Untuk menghasilkan variasi output LED kita dapat menggunakan bantuan push button, dimana ketika tombol push button ditekan maka nyala led akan berubah sesuai program yang telah kita buat.

Sebagai dasar pengendalian LED menggunakan tombol, kita harus mensetting salah satu PORT sebagai INPUT dan PORT lain sebagai OUTPUT. Pada Tahap awal kita menggunakan PORTB sebagai input dan PORTA sebagai outputnya. Led akan menyala sesuai dengan tombol pada PORTB yang ditekan. Jika tidak ada tombol ditekan maka semua led akan padam. Pada intinya PORTA hanya melihat perubahan konfigurasi pada PORTB dan mengikutinya.

Listing program menggunakan Codevision AVR nya sebagai berikut

#include <mega16.h>
//program diambil dari http://anotherorion.com
//kendali LED dengan tombol
void main(void)
{
PORTA=0x00;
DDRA=0xFF;
PORTB=0x00;
DDRB=0x00;
while (1)
      {
       PORTA=PINB;
      };
}

Tampilan rangkaian skematik menggunakan ATMega di Proteus ISIS sebagai berikut

 

kendali LED dengan tombol
kendali LED dengan tombol
program push button codevision avr, cara menggunakan push button pada codevision avr, menyalakan led dengan push button cvavr, program cv avr push button dan led, program menyalakan led dengan avr, Push button cvavr, coding codevision avr push button, pengertian push button avr atmega 16, cara membuat progam atmega dipencet nyala 3 lampu, avr atmega8535 led dengan push button
BACA JUGA:   Pengertian Half Adder, Full Adder dan Ripple Carry Adder
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.