Mengenal Perbedaan IP Private dan IP Public

IP address adalah alamat sebuah perangkat komputer dalam jaringan yang dibagi menjadi IP Private dan IP Public, apa perbedaan IP Private dan Public tersebut? Nanti akan kita bahas dalam artikel ini ya.

Sejarah IP Address

IP Address atau internet protocol address pertama kali ditemukan oleh Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) yang mengembangkan ARPANET sejak tahun 1969. Pada tahun 1982, ARPANET berhasil menghubungkan 40 perangkat komputer dengan menggunakan pengalamatan Network Communication Protocol. Namun dengan semakin banyaknya komputer terhubung ke ARPANET, maka sistem NCP digantikan oleh TCP/IP temuan Bolt Beranek Newman.

Struktur IP Address

IP address terdiri dari 32 byte pengalamatan, terdiri dari 8bit dikali 4. Hingga secara teoritis mampu menampung 4,294 milyar alamat IP. IP address ini kemudian dikenal dengan IPv4, merujuk pada 4 byte yang dipisahkan oleh sistem dot. Nilai maksimal IP address secara teoritis bermula dari IP 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255

penulisan IP address

Meskipun demikian tidak semua IP tersebut digunakan sebagai alamat komputer, melainkan juga digunakan sebagai alamat jaringan, alamat broadcast, alamat local host, multicast atau untuk pengembangan. IP address ini kemudian dikembangkan menjadi sistem kelas dengan pembagian sebagai berikut

Olaf Fig 1

Praktis hanya IP antara 1.0.0.1 hingga 223.255.254 yang bisa digunakan sebagai alamat perangkat jaringan, karena IP class D dan E tidak digunakan untuk pengalamatan komputer.

BACA JUGA:   Progress Ujian UKK TKJ 2016

Sejarah Perbedaan IP Private dan IP Public

Dalam perkembangannya, kebutuhan IP di seluruh dunia tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan komputer yang terhubung jaringan oleh karenanya lembaga pengatur penggunaan IP address IANA menerbitkan dokumen RFC 1918 untuk mengatur pembagian IPv4 untuk jaringan privat. Sejak saat itulah kita mengenal IP Private dan IP public.

Perbedaan IP private dan IP public

Perbedaan IP private dan IP public dijelaskan dalam dokumen RFC 1918, bahwa IP private merupakan IP yang hanya berlaku dalam jaringan lokal dengan rentang IP yang terbatas. Sementara IP public merupakan IP yang dapat terhubung langsung dengan jaringan internet secara global. Setiap kantor, instansi, lembaga dapat menggunakan IP privat namun tidak saling terhubung satu sama lain. Sedangkan IP public, hanya dimiliki satu lembaga, dan dapat langsung diakses dari berbagai negara.

Pada setiap kelas IP, IANA mendedikasikan IP private yang dapat digunakan untuk penggunaan jaringan lokal. IP kelas A menggunakan subnet 10.0.0.0/8, IP kelas B menggunakan subnet 172.16.0.0/12 sedangkan IP kelas C menggunakan subnet 192.168.0.0/24

private range2

Dengan demikian total IP Private yang dapat digunakan mencapai 17 juta IP address, dan karena digunakan dalam jaringan lokal, setiap lembaga bisa menggunakan IP yang sama dengan lembaga lain, dan tidak saling terhubung serta tidak menimbulkan kebingungan dalam routing.

Menghubungkan IP Private dan IP Public

Lalu bagaimana cara menghubungkan komputer lokal yang menggunakan IP private dengan jaringan internet yang menggunakan IP public? Untuk melakukan hubungan koneksi IP private dan IP public, digunakan teknologi yang disebut dengan Network Address Translation (NAT). NAT bertindak sebagai jembatan antara IP private dan IP public saat saling berkomunikasi.

BACA JUGA:   Kisi Kisi UN Teori Kejuruan SMK 2016

perbedaan ip private dan Ip public

NAT sendiri menggunakan metode masquerading dalam proses penerjemahan IP Private ke IP public, dengan masquerading, IP pada IP private seolah diubah menggunakan IP public milik lembaga, kantor maupun ISP dari jaringan internet miliknya, sedangkan IP public, diterjemahkan sebagai IP private oleh NAT agar dapat terkoneksi ke jaringan lokal.

Mengecek Nomor IP Private dan IP public

Kita dapat melihat nomor IP private dan IP public dengan sangat mudah. Untuk pengguna laptop dan komputer caranya adalah sebagai berikut

Cek Nomor IP Private Pada Laptop/Komputer

  1. Masuk control panel – network and internet – network and sharing center
  2. Pilih menu change adapter setting
  3. Pilih salah satu adapter jaringan yang memiliki koneksi internet aktif
  4. Klik kanan – pilih status
  5. Pilih detail
  6. Disana akan terlihat informasi IPv4 address yang merupakan IP private komputer kita

Cara Mengecek Nomor IP Private Pada Smartphone Android

Lalu bagaimana jika kita menggunakan koneksi smartphone android?

  1. Pilih Setting
  2. Scroll ke bagian Sistem
  3. Pilih Tentang Ponsel
  4. Scroll hingga mendapat informasi alamat IP

Cara Mengecek IP Public Pada Laptop/Smartphone

Lalu sekarang bagaimana cara mengetahui berapa nomor IP Public pada koneksi internet yang kita miliki? Caranya sangat mudah

  1. Buka website whatsmyip.com
  2. Perhatikan alamat IP yang muncul pada layar browser kalian

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.