Menggunakan DotMatriks ATMega dengan codevision (I)

gambar susunan kaki dot matriks 5x7

Menggunakan DotMatriks ATMega dengan codevision. Dot matriks pada dasarnya hanyalah kumpulan led yang disusun membentuk susunan matriks, penggunaan susunan matriks ini dikarenakan keperluan para engineer untuk mendapatkan kombinasi nyala led yang berbeda2 untuk setiap baris/kolomnya.

Pada prinsipnya penyalaan dot matriks dimulai dari kolom pertama kemudian dilanjutkan ke kolom sebelahnya, atau jika anda lebih suka menggunakan baris maka dimulai dari baris pertama kemudian beralih ke baris selanjutnya.

Proses penyala-matian yang sangat cepat menimbulkan efek semua led menyala bersamaan. Contoh penggunaan dotmatriks dapat kita jumpai pada traffic light yang menyajikan countdown timer dan bisa ditambahi dengan fitur mampu menampilkan tulisan berjalan untuk keperluan sosialisasi kebijakan baru bagi para pengguna jalan.

Nah sekarang kita akan belajar memprogram dot matrik yang paling dasar yaitu menyalakan matriks led dari kolom perkolom, adapun dot matriks yang kita gunakan adalah 8 x 8

#include <mega16.h>
#include <delay.h>

void main (void)
{
unsigned int i, col;
unsigned char nol[8]=
{0x00,0x00,0x3c,0x3c,0x3c,0x3c,0x00,0x00};//karakter yang ingin ditampilkan
DDRA=0xff;
DDRB=0xff;
PORTA=0;
PORTB=0;
while(1)
{
i=1;
for (col=1;col<256;col=col*2)//untuk menggeser kolom
{
PORTB=col;
PORTA=~nol[i]; //nilai baris diambilkan dari bilangan aray ~nol
i=i+1 ;
delay_ms(1);
}
}
}

cara memprogram dot matrik di atmega16

materi selanjutnya kita bisa menggeser dot matrix menggunakan atmega

program avr dot matrix, Next menggunakan-dot-matrix-atmega-dengan-codevision-4, angka dot matrix cvavr, menampilkan led matrik avr, menampilkan text dot matrix atmega, program avr keypad dotmatrix, program cvavr matrix 24*8, program dot matrix atmega16, program matriks cvavr atmega 16, running text dot matrix menggunakan keypad di atmega

2 thoughts on “Menggunakan DotMatriks ATMega dengan codevision (I)

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.